Aplikasi

8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Membuat Belajarmu Jadi Mengasyikkan!

Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai, mengingat Bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan di berbagai negara.

Di Asia saja, terdapat beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibu, seperti negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan India.

Selain itu, Bahasa Inggris juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi di bidang akademik sendiri. Sebut saja di tingkatan S1, banyak universitas di Indonesia yang menetapkan kemampuan Bahasa Inggris sebagai syarat untuk dapat mengikuti sidang skripsi, hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan skor tes TOEFL.

Selain itu, Bahasa Inggris juga sangat diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan lebih tinggi, yaitu magister (Strata-2 atau biasa disebut S2) dan doktor (Strata-3 atau biasa disebut S3).

Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni juga memberikan keuntungan sendiri untuk kamu, lho. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan modal kemampuan berbahasa Inggris:

  • Kamu dapat mengikuti program pertukaran pelajar atau pemuda ke luar negeri yang diadakan oleh universitas ataupun organisasi lainnya. Salah satunya adalah PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) yang merupakan kegiatan tahunan dan diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Melalui program ini, kamu dapat berkunjung ke berbagai negara sebagai perwakilan dari Indonesia, lho! Tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan, kan.
  • Kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri, tentunya kamu dituntut untuk mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik dengan menunjukkan nilai skor TOEFL atau IELTS. Selain itu, keseluruhan rangkaian pendaftaran beasiswa juga biasanya menggunakan Bahasa Inggris.
  • Kamu mempunyai kesempatan untuk dapat bekerja di luar negeri. Nyatanya, kemampuan bahasa Inggris yang baik tidak hanya mendukung kamu untuk melanjutkan sekolah di negara impian kamu, tetapi juga dapat memberi kamu kesempatan untuk dapat bekerja di sana. Kamu bisa mendaftar untuk program WHV (Work Holiday Visa), sesuai dengan namanya, siapa saja yang mempunyai visa jenis ini diperkenankan untuk dapat bekerja dan juga liburan dalam rentang waktu paling lama 2 tahun, bergantung dari setiap negara penyedia visa ini. Salah satu negara yang cukup diminati karena visa ini adalah Australia.

Wah, ternyata dapat berbahasa Inggris dengan baik itu memberikan banyak keuntungan dan manfaat, ya. Lalu, bagaimana ya caranya supaya kamu dapat belajar Bahasa inggris dengan nyaman dan tidak bikin kantong bolong?

Soalnya pasti kamu sudah sangat familiar kan dengan beberapa lembaga penyedia kursus Bahasa Inggris terutama yang ada di kotamu, seperti English First, Lembaga Bahasa Kursus LIA, British Council, dan masih banyak lagi. Sayangnya, biaya untuk kursus di tempat tersebut tidak murah. 

Terus apa solusinya? Tenang saja, dengan dukungan perkembangan teknologi saat ini, kamu sekarang dapat belajar Bahasa Inggris cukup melalui smartphone saja.

Dengan waktu belajar yang fleksibel dan biaya yang lebih terjangkau, bahkan ada yang gratis, kamu nggak perlu mengkhawatirkan kondisi dompetmu.

Untuk mulai belajar, kamu hanya perlu mendownload aplikasi-aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang terdapat di Google Play. Setelah itu, viola! Dalam waktu kurang dari 2 menit kamu sudah siap untuk mulai belajar.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini biasanya didesain untuk pembelajaran yang interaktif, sehingga kamu tidak cepat merasa bosan dalam belajar. Nah, penasaran kan dengan-aplikasi apa saja yang bisa membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris. Berikut beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya:

1.Hello English. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar bahasa inggris yang dikhususkan untuk para pengguna non-English. Aplikasi ini sangat pas untuk kamu yang baru pertama belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan pengantar Bahasa Indonesia.

Aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis karena memiliki versi premium berbayar. Akan tetapi versi gratis dari aplikasi ini sudah sangat membantu kok dalam belajar Bahasa Inggris.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar sebagai user menggunakan akun gmailmu yang aktif. Selanjutnya kamu dapat memilih level pelajaran yang ingin kamu tempuh.

Terdapat 3 level pada aplikasi Hello English ini, yaitu level pemula, level sedang, dan level expert. Pendaftaran ini memakan waktu tidak lebih dari 2 menit, dan setelah itu kamu sudah siap untuk mulai belajar.

Pada halaman utama aplikasi, kamu bakal langsung diarahkan ke laman pekerjaan rumah, yang berisi pengingat tentang materi apa saja yang harus kamu pelajari hari ini. Kamu cukup menekan tombol start untuk memulai pelajaran yang tersedia.

Dalam setiap pelajaran, kamu mempunyai kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa koin. Koin ini nantinya dapat kamu gunakan untuk membuka pelajaran selanjutnya yang mempunyai tingkatan lebih tinggi.

Kamu cukup menekan tombol start untuk memulai pelajaran yang tersedia. Dalam setiap pelajaran, kamu mempunyai kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa koin.

Koin ini nantinya dapat kamu gunakan untuk membuka pelajaran selanjutnya yang mempunyai tingkatan lebih tinggi.

Pelajaran pada aplikasi ini didesain dengan pemberian materi dan latihan berulang, sehingga kamu dapat benar-benar menguasai materi yang telah diberikan.

Materi yang diberikan menggunakan Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti, kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir bakal kesulitan memahami materi yang disampaikan.

Selain itu, materi tersebut juga menyesuaikan dengan level kemampuan Bahasa Inggris kamu, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dalam belajar.

Selain penyampaian materi, aplikasi ini juga menyediakan kamus dan permainan-permainan yang menarik.

Permainan-permainan ini melibatkan dua pengguna, jadi kamu akan bertanding dengan satu orang pengguna lain dalam menjawab pertanyaan untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi. Sebelum bermain, pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang cukup bagus saat bermain, ya.

2.Duolingo. 

Duolingo merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan pembelajaran untuk berbagai bahasa, salah satunya adalah Bahasa Inggris. Aplikasi ini mendukung kamu untuk dapat belajar lebih dari satu bahasa dalam satu waktu.

Sungguh menarik, bukan? Misalnya, kamu dapat memilih untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Aplikasi ini menyediakan bahasa pengantar dalam Bahasa Indonesia yang dapat mempermudah kamu dalam belajar nantinya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur waktu belajar yang bisa kamu atur sendiri, mulai dari 5 hingga 20 menit, dan akan merekam lama waktu pembelajaran yang kamu habiskan dalam sehari, apakah mencapai target atau tidak.

Sebelum masuk ke materi pembelajaran, kamu diharuskan untuk menjawab 10 pertanyaan yang berfungsi sebagai placement test untuk mengukur kemampuanmu dalam Bahasa Inggris.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan diberikan dalam bentuk pilihan ganda, jadi kamu cukup memilih jawaban yang menurut kamu benar.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah User Interface-nya yang dibuat sederhana tetapi tetap menarik dan menyerupai user interface sebuah game.

Selain itu, pembelajarannya pun didesain seperti sebuah permainan. Hal ini akan membuat kamu terus merasa tertantang untuk tetap bermain karena di akhir pelajaran kamu akan diberikan bonus yang bisa digunakan untuk membuka level pelajaran selanjutnya.

Selama belajar, kamu akan ditugaskan untuk menjawab beberapa pertanyaan dan mengartikan kalimat dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. 

3.Cakap

Cakap merupakan salah satu aplikasi buatan anak negeri yang dikhususkan untuk mempelajari bahasa asing menggunakan live video. Saat ini terdapat 3 bahasa asing yang dapat kamu pelajari, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang.

Untuk dapat memulai pembelajaran, kamu harus mendaftar terlebih dahulu di kelas yang sudah disediakan sesuai dengan jadwal dan tanggal yang sudah ditentukan.

Waktu pembelajaran dimulai dari jam 08:00 pagi hingga jam 09:00 malam. Durasi pembelajaran untuk satu kelas berkisar 30-50 menit. Kamu dapat memilih jadwal kelasmu sendiri untuk menyesuaikan dengan jadwal kegiatanmu sehari-hari atau kamu memilih sesuai dengan tutor yang kamu inginkan.

Aplikasi ini memberikan kesan yang familiar dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, sehingga kamu dapat lebih berkonsentrasi ketika belajar.

Setelah kamu menonton video penjelasan materi, barulah selanjutnya kamu bisa mendapatkan dan mengerjakan tugas yang akan diberikan.Tidak lupa kamu akan mendapatkan feedback secara langsung oleh tutor yang mengajarimu. Menarik, bukan?

4.Cake.

Untuk kamu yang suka belajar Bahasa Inggris dengan menonton video, aplikasi ini adalah alternatif dari Cakap yang sangat direkomendasikan untuk kamu coba.

Sedikit berbeda dengan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris lainnya, Cake menawarkan pembelajaran Bahasa Inggris melalui video disertai dengan subtitle yang cukup mudah untuk dimengerti dan diterapkan.

Pada laman utama kamu akan disajikan berbagai macam topik untuk belajar Bahasa Inggris seperti “bagaimana mengatakan aku ingin…” atau “cara menyampaikan terimakasih”.

Kamu cukup memilih salah satu dari video yang menurutmu menarik untuk ditonton dan kemudian aplikasi ini akan mengarahkanmu ke laman pembelajaran. Video yang kamu tonton akan dilengkapi dengan transkrip Bahasa Inggris beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

Durasi satu video yang ditonton berkisar antara 30 detik hingga 4 menit. Selain itu, bentuk kalimat yang sedang kamu pelajari akan diulang sebanyak 3 kali. Hal ini tentu memudahkan kamu untuk dapat mengucapkan kalimat tersebut dengan benar.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris, karena melalui aplikasi ini kamu akan lebih banyak belajar tentang spoken expression yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau empat aplikasi di atas menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, ada juga lho aplikasi belajar Bahasa Inggris yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Aplikasi-aplikasi ini memang ditujukan untuk level pemula, tetapi jika kamu ingin mencoba aplikasi-aplikasi ini, sebaiknya kamu sudah mempunyai perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris yang lumayan banyak. Yuk intip apa saja aplikasinya,

5.BBC Learning English. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi pembelajaran Bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh British Broadcasting Corporation (BBC). Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu sudah terhubung dengan koneksi internet, ya. Karena kamu akan belajar melalui video edukatif yang tersedia di aplikasi secara online.

Video-video tersebut berdurasi antara 2-6 menit dengan berbagai macam tema. Ada pembahasan khusus tentang grammar, idiom, dan juga berita-berita terbaru.

Kamu akan diajak mengenal banyak kosakata baru beserta artinya. Selain itu, kamu juga akan diberikan contoh bagaimana cara menggunakan kosakata tersebut secara tepat.

Selain dari aplikasi, kamu juga bisa mengakses berbagai macam bahan untuk belajar Bahasa Inggris secara gratis melalui website resmi BBC Learning English di www.bbclearningenglish.com

6.Knudge.me

Knudge.me merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk kamu yang berkeinginan menambah kosakata, idiom, dan phrasal verb dalam Bahasa Inggris.

Sayangnya aplikasi ini tidak ditujukan untuk pemula, karena kosakata yang disediakan merupakan kosakata tingkat menengah.

Aplikasi ini menyediakan beberapa kategori, yaitu penambahan kosakata yang terbagi dalam 3 tingkatan (pemula, intermediate dan advance), pembelajaran tentang phrasal verb, dan pembelajaran tentang idiom.

Sayangnya kamu hanya dapat memilih satu program saja dalam satu waktu. Tapi jangan khawatir, kamu dapat merubah kategori pembelajaran melalui laman pengguna.

Setiap harinya, kamu akan mendapatkan 5 buah kosakata baru yang harus kamu hafalkan. Lalu aplikasi ini akan memberikan pertanyaan terkait kosakata tersebut. Tujuannya agar kamu bisa memahami arti dan bagaimana penggunaan kosakata tersebut.

Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

7.ABA English

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang didukung oleh Universitas Cambridge. Dalam aplikasi ini, pembelajaran didesain dengan cukup komprehensif, dimana kamu dapat mempelajari berbagai macam kemampuan berbahasa Inggris dalam satu topik pembelajaran.

Satu mata pelajaran mempunyai konten belajar berupa kemampuan listening, speaking, writing, interpretation, video class, exercises, vocabulary, dan assesment.

Fitur-fitur ini cukup mencakup hampir semua kebutuhan untuk belajar Bahasa Inggris dan dapat kamu akses secara gratis.

Meski demikian, fitur download materi hanya dapat diakses oleh akun premium berbayar saja. Oleh karena itu, pengguna gratisan harus tetap terkoneksi internet selama menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak artikel terkait tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang bisa menjadi salah satu media untuk menambah wawasanmu selama belajar.

8.BUSU

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Duolingo yang mendukung pembelajaran berbagai macam bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Hanya saja aplikasi ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Untuk pembelajaran Bahasa Inggris terdiri dari beberapa kategori, yaitu: Complete English, English Pronunciation, The World in English, English for Travel, dan English for Business.

Setiap kategori memiliki level pembelajaran dari A-1 hingga C-2. Jadi kamu bisa menyesuaikan kategori yang ingin kamu pelajari dengan kemampuan Bahasa Inggris yang kamu punya.

Di akhir setiap level, kamu akan diberikan ujian untuk dapat melanjutkan ke level yang lebih tinggi. Aplikasi ini juga mempunyai versi berbayar yang tentu saja memberikan kamu materi yang lebih komprehensif yang sangat membantu kamu dalam belajar Bahasa Inggris.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mulai belajar Bahasa Inggris hanya dari smartphonemu? Tunggu apalagi, yuk langsung dicoba aplikasi-aplikasi tersebut.

Jangan lupa untuk jadikan pembelajaran Bahasa Inggris ini sebagai kegiatan sehari-hari kamu ya, agar kemampuan Bahasa Inggrismu cepat meningkat.

Kamu nggak perlu khawatir bakal kelupaan untuk belajar, karena aplikasi-aplikasi di atas mempunyai fitur pengingat yang bisa kamu manfaatkan supaya kamu tidak lupa akan jadwal belajarmu.

Ah, ya! Dalam belajar jangan terlalu memaksakan diri ya, kamu tidak perlu memaksa untuk mempelajari dua atau tiga materi sekaligus. Sebaiknya kamu hanya perlu belajar satu materi saja setiap harinya. Hal ini tentu akan terasa lebih mudah untuk dijalani dan tidak membuat kamu stres sehingga kamu bisa menyerap ilmu dengan lebih baik. Selamat mencoba!

Categories