Aplikasi

7 Aplikasi Berita Terbaik Di 2020

Berita adalah ‘komik’ untuk orang dewasa, selain menambah wawasan, berita akan mengupdate situasi yang sedang terjadi di dalam dan luar negeri.

Di zaman modern sekarang ini, penjualan koran tradisional sudah menurun karena adanya aplikasi dan situs berita digital.

Smartphone ditambah dengan internet adalah alat segala-galanya, dari entertainment, pekerjaan hingga membaca berita. Berita yang dipublikasikan di aplikasi-aplikasi tersebut jauh lebih update daripada di Televisi (TV) atau di surat kabar.

Berita di aplikasi tersebut bisa dibilang siaran “live” yang biasanya ada di TV.

Dengan banyaknya aplikasi berita, aplikasi apakah yang harus anda download?

Pada hari ini HeyTekno akan mengumpulkan aplikasi berita ter-update dan terkini untuk diikuti setiap harinya.

7 Aplikasi Berita Terbaik 2020

1.Detikcom

 Detik.com adalah situs web berita terbesar di Indonesia. Sejak tahun 2011, situs web tersebut dibeli oleh Trans Media. Situs berita tersebut adalah situs berita online pertama kalinya di Indonesia.

Didirikan oleh empat jurnalis pada tahun 1997-1998, situs ini menjadi sangat populer ketika kerusuhan 1998 karena berita yang disajikan mereka sangat up-to-date.

Walaupun situs ini fokus pada berita, pada beberapa tahun terakhir mereka juga memasuki semua hal seperti otomotif, olahraga, finansial, kesehatan, dll.

Aplikasi berita Detikcom tidak jauh beda dengan situs mereka. Dengan aplikasi tersebut, berita lebih mudah disajikan dan pembaca bisa memilih semua topik dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan fitur ‘cari’ untuk menyajikan berita yang kamu inginkan.

Beberapa tahun terakhir, aplikasi tersebut juga memberikan video berita pendek, sekitar 30 detik sampai 1 menit. Jika anda menyukai menonton video, anda juga bisa mengunduh 20Detik.

Aplikasi tersebut sangat ringan, jadi pengguna tidak perlu khawatir akan habisnya kuota ketika membaca berita.

Baca Juga:7 Game Balap Seru Versi Android untuk Mengisi Waktu Luang

2. Google News

Aplikasi berita Google News tidak diketahui banyak orang karena sebelumnya mereka menggunakan nama Play Newsstand.

Perbedaan Google News dengan aplikasi berita lainnya adalah aplikasi tersebut mengumpulkan semua berita dari semua sumber. Artinya, anda bisa melihat berita dari Detik, Kompas, CNBC Indonesia, dll.

Interface dari Google News lebih bagus daripada yang lain karena apps ini sangat simple.

Pembaca bisa memilih berita di Indonesia, dunia, hiburan, olahraga, sains hingga kesehatan.

Anda bisa menggunakan fitur favorit untuk mem-bookmark topik atau sumber yang anda sukai. Selain itu, anda juga bisa menyimpan artikel untuk dibaca nanti.

Keunggulan dari aplikasi tersebut adalah personalisasi, anda bisa memilih topik yang spesifik untuk dikeluarkan ketika anda refresh.

3.Kompas

Saya kurang suka dengan aplikasi Kompas tersebut karena penuh dengan Google Adsense di homepage. Namun, ketika anda memilih berita yang dibaca, sangat sedikit sponsor yang dikeluarkan.

Adanya night mode, membuat aplikasi Kompas enak dibaca ketika mati lampu. Pembaca juga bisa mengganti ukuran text, dari yang normal hingga sangat besar. Cocok, untuk orang yang sudah berumur.

Interface yang mereka sajikan cukup simpel (tidak sesimpel Google News). Ketika anda geser ke kanan, atau pencet tiga garis di pojok kiri atas, anda akan menemukan menu berita seperti terpopuler, terbaru, topik pilihan anda.

Disini, anda bisa memilih semua topik besar, Otomotif, kesehatan, regional, megapolitan, internasional, ekonomi, bola, edukasi.

Semua kategori yang anda bisa pikirkan, dapat ditemukan disini.

Baca Juga:Aplikasi Penghasil Pulsa Tercepat Dan Terpercaya 2020

4.CNBC Indonesia

Yang saya suka dari aplikasi CNBC Indonesia adalah CNBC TV. Mereka menyajikan berita TV hampir 24 jam, sangat cocok untuk mendengar berita.

Aplikasi berita ini juga mencakup semua topik seperti apps berita lainnya. Namun, mereka lebih fokus ke finansial, saham, forex, emas.

Ketika anda di homepage CNBC, anda akan disajikan Market Data dimana anda bisa melihat saham-saham. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan grafik saham yang sangat detil.

Sangat enak menggunakan aplikasi ini karena tidak ada advertisement (sponsor) seperti yang lainnya, sangat ‘bersih’.

Anda juga bisa menyalakan push notification, jadi anda akan diberi notif setiap berita baru di publikasi. Saya sarankan untuk tidak menyalakan karena sangat menggangu aktivitas sehari-hari.

5.Liputan6

Siapa yang tidak tahu dengan Liputan 6?

Liputan 6 sudah ada di Indonesia sejak tahun 1994 dan sudah menjadi icon untuk berita di Indonesia.

Sudah bisa dipastikan bahwa Liputan 6 adalah sumber berita yang paling pertama di Indonesia (dalam daftar ini). Akurat dan aktual adalah sifat yang tidak bisa dipisahkan dari Liputan 6.

Sekarang, mereka mempunyai situs web dan juga aplikasi. Situs web mereka hampir sama dengan aplikasi di Smartphone.

Sama seperti aplikasi berita lainnya, aplikasi ini juga mempunyai semua jenis kategori dari berita hingga lifestyle. Berbeda dengan aplikasi berita lainnya, aplikasi Liputan 6 mempunyai riwayat dimana anda bisa membaca kembali apa yang anda sudah baca.

Disamping itu, aplikasi mereka juga cukup bersih dari adsvertisement, sangat enak untuk membaca.

Baca Juga:24 Aplikasi Streaming Online Terbaik Android Dan PC 2020

6.CNN Indonesia

Saya sangat suka dengan aplikasi ini karena tidak ada iklan sama sekali. Fiturnya cukup komplit seperti pembesar huruf, dark mode, ada riwayat, bookmark.

Disamping itu, CNN adalah sumber berita internasional ternama di dunia. Jadi, saya bisa yakin bahwa situs atau aplikasi ini tidak ada miring kesuatu kubu ketika pilpres atau hal penting lainnya (tidak bias).

Namun, topik yang diberikan tidak sebanyak aplikasi berita yang lainnya. Sisi jelek ini saya suka karena saya hanya mau membaca berita tentang apa yang terjadi, terbaru dan terpopuler di Indonesia.

Ada 3 fitur yang saya suka di apps ini, yaitu:

  • Foto: Melihat foto dan berita
  • Video: Menonton berita pendek (yang penting-penting aja)
  • Infografis (BEST): Kesimpulan satu berita di dalam gambar. Saya bisa tahu semua kejadian (ringkasan) dalam satu gambar.

7.Microsoft News

Sama seperti Google News, Aplikasi berita tersebut adalah aggregator dari semua sumber. Anda bisa melihat dari sumber-sumber berita terkenal seperti Detik, Tempo, Kompas, dll.

Topik yang disajikan cukup luas dan anda bisa menyesuaikan topik yang anda sukai.

Namun, saya tetap memilih Google News karena lebih simpel dan enak untuk digunakan.

Jika anda lebih menyukai yang rumit, Microsoft News lebih cocok untuk anda.

Disini, fitur juga komplit seperti CNN Indonesia, ada pembesar huruf, dark mode, dll.

Baca Juga:10 Aplikasi Wallpaper Terbaik Android Dengan Berbagai Tema 2020

Kesimpulan

Anda cukup mempunyai satu atau dua aplikasi berita. Saya sendiri memilih Google News dan Detik karena sudah terbiasa dengan mereka.

Lagipula, berita di Indonesia sangat kecil, berita sama namun dipublikasikan dengan kalimat berbeda.

Komen dibawah Aplikasi berita apa yang anda gunakan.

 

 

Categories