Aplikasi

12 Aplikasi Download Manager Untuk Android, Lebih Cepat 2020

Banyak aplikasi dan file yang perlu didownload dari internet, meskipun semua internet browser memiliki dukungan untuk melakukan download file, kebanyakan browser tidak memiliki fitur lebih untuk mengatur proses download secara lebih spesifik.

Kesulitan yang cukup sering terjadi misalnya ketika mendownload file dengan ukuran besar, baik kecepatan yang menjadi lambat atau proses yang terputus karena koneksi internet kurang baik, sehingga harus mengulang proses download dari awal.

Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi, baik untuk komputer atau handphone, untuk bisa membantu proses download. Baik aplikasi gratis atau berbayar, semua menawarkan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan fitur download bawaan. 

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa dipertimbangkan untuk membantu proses download anda menjadi lebih efisien dan optimal.

1.Advance Download Manager (ADM) – Android

Advance Download Manager memberikan penggunanya kemampuan untuk melakukan proses download menjadi lebih cepat dengan menggunakan fitur ‘multithreading’.

Pengguna aplikasi ini tetap bisa mengakses aplikasi lainnya seperti biasa karena proses download yang terjadi pada halaman background. Jangan khawatir ketika proses download terputus, aplikasi ini akan secara otomatis melanjutkan proses download dari bagian yang terputus.

Semua file yang didownload melalui aplikasi ini bisa langsung disimpan dalam memory card, sehingga tidak merepotkan pengguna untuk memindahkan file secara manual.

Advance Download Manager memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Selain memberikan pilihan untuk menyimpan file sesuai dengan lokasi yang diinginkan, pengguna juga dapat melakukan penggolongan file download sesuai nama, ukuran, atau durasi.

Setelah proses download selesai, aplikasi ini akan memberikan pilihan untuk tindakan yang bisa diambil. Pengguna dapat mengatur jadwal untuk memulai proses download sesuai keinginan. Aplikasi ini juga akan otomatis menghentikan proses download ketika baterai anda sudah mau habis.

2.Download Accelerator Plus – Android

Download Accelerator Plus ini adalah sebuah aplikasi yang bisa mengoptimalkan kecepatan download file dari internet. Format objek yang dapat didownload juga lengkap, mulai dari lagu, video, dokumen, aplikasi, dan berbagai file lainnya.

Tanpa dipungut biaya pengguna dapat mendownload file favoritnya dari internet dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan browser yang biasa anda gunakan. 

Download Accelerator Plus memiliki fitur ‘pause’ dan ‘resume’ untuk mengakomodir penggunanya yang tidak memiliki koneksi jaringan yang stabil, termasuk memulai kembali proses download yang terputus akibat kehilangan koneksi internet.

Ditambah lagi fitur ‘Smart Error Handling’ yang mengurangi kemungkinan terjadinya masalah saat berjalannya proses download. Memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki optimasi bagi pengguna tablet yang mengakses aplikasi ini dalam mode landscape. 

Teknologi pada download manager ini mendukung penggunanya untuk mendownload file musik dan video dengan cepat dan bersamaan. Seluruh file yang didownload melalui aplikasi ini juga bisa langsung diatur tempat penyimpanannya, agar mempermudah pengguna saat mencari file tersebut. Selain menggunakan link, pengguna juga dapat melakukan scan pada QR Code untuk mendownload data yang diinginkan. 

Download Accelerator Plus memiliki opsi premium, dengan opsi ini pengguna dapat menggunakan aplikasi ini tanpa iklan, memiliki mode privat, dan penjadwalan download. 

3.Fast Download Manager – Android

Pengguna Fast Download Manager dapat melakukan proses download yang lebih cepat dan nyaman dibandingkan aplikasi lain. Meskipun aplikasi ini menyediakan browser bawaan, pengguna dapat tetap menggunakan browser pilihannya untuk mengakses situs favorit dan mencari file yang ingin didownload. Proses download file juga akan berjalan lebih cepat dengan fitur ‘Multithreading’ hingga 10 threads, sehingga kecepatan download tidak akan terganggu meski melakukan banyak download secara bersamaan. 

Fast download manager memberikan kontrol penuh bagi penggunanya, dengan memberikan dukungan ‘background download’ dan fitur ‘Pause’ dan ‘Resume’ untuk mengatur proses download yang berlangsung. Aplikasi ini juga menampilkan folder downloads pada sidebar browser untuk menampilkan file apa saja yang sudah didownload agar dapat diatur dengan mudah. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melihat sisa memori yang tersedia pada perangkat tanpa perlu melihat pada setting manual. 

4.IDM+ Download Manager – Android

IDM+ merupakan sebuah aplikasi download yang dapat menjaga daya baterai lebih lama, karena mereka tidak menjalankan aplikasi ini di background ketika sedang tidak digunakan.

Proses download dengan download manager ini juga terasa lebih cepat dibandingkan yang lain karena dukungan 32 bagian dari multithreading yang mempercepat proses download, pengguna IDM+ dapat mendownload hingga 5 file secara bersamaan dan juga mengatur proses download dengan menggunakan fitur ‘pause’ dan ‘resume’ ketika proses download berlangsung. 

IDM+ dapat melakukan proses download secara otomatis terhadap file musik, video, dan gambar dari berbagai media sosial seperti instagram, facebook, Tiktok, dan lain sebagainya, atau dengan mengcopy link dari file yang ingin didownload ke clipboard handphone.

Aplikasi ini juga mendukung live streaming dari berbagai websites HTTP yang tersedia. Dengan menggunakan fitur ‘Error Handler’ aplikasi ini bisa mendeteksi gangguan yang terjadi sehingga file yang sedang anda download tidak akan rusak jika koneksi internet terputus.

5.Checketry – Android, iOS, Windows

Checketry merupakan sebuah aplikasi download manager yang membantu pengguna untuk mengatur berbagai file dalam proses download dalam satu tempat secara bersamaan.

Aplikasi ini mendukung proses download pada Steam Games, film dari torrent, musik, dan berbagai file lainnya. Semua proses download ini bisa dipantau melalui handphone, sehingga pengguna tidak perlu terpaku di depan komputer untuk mengetahui perkembangan download.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk membantu proses download anda menjadi lebih mudah. Mulai dari melihat durasi yang tersisa, informasi file yang di download, hingga kemampuan untuk menjadwalkan proses download sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Checketry juga memiliki fitur ‘shutdown timer’ yang bisa diatur untuk mematikan perangkat setelah proses download selesai. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi mobile dari Checketry untuk mengakses komputer dengan ‘remote desktop capabilities’, sehingga anda dapat melakukan pengaturan dan pengecekan proses download yang sedang berjalan. 

Terdapat beberapa fitur yang hanya dapat diakses jika anda memiliki akun Checketry Premium. Untuk mendapatkan akses ini pengguna dapat berlangganan aplikasi premium atau dengan mengajak beberapa teman untuk menggunakan Checketry dengan menggunakan URL unik yang tersedia pada ID anda. 

6.LoaderDroid – Android

Sebagai sebuah aplikasi yang didesain untuk Android, LoaderDroid memberikan perangkat android pengguna kemampuan untuk mendownload berbagai macam file dari internet dengan mudah dan efisien.

Aplikasi ini dapat menampilkan notifikasi yang memberikan informasi dari proses download yang sedang berjalan. Dalam LoaderDroid terdapat dukungan ‘Resumable Downloads’ yang bisa melanjutkan proses download ketika koneksi terputus tanpa mengulang proses dari awal.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, ketika pengguna menemukan link dari file yang ingin didownload, cukup tekan link tersebut dan pilih aplikasi LoaderDroid.

Selain mendukung banyak sekali format file untuk didownload, mulai dari ebooks, video streams, musik, aplikasi, dan sebagainya, pengguna juga dapat menggunakan fitur ‘scheduling’ untuk menjadwalkan proses download sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari – hari. 

7.JDownloader/MyJDownloader – Android, iOS, Windows

JDownloader merupakan sebuah aplikasi download manager pada Windows yang memiliki dukungan berupa aplikasi MyJDownloader pada handphone. Jdownloader dapat digunakan secara gratis tanpa iklan, karena aplikasi ini bersifat open source.

Meskipun tidak dipungut biaya, fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini cukup lengkap. Pengguna dapat melakukan proses download secara bersamaan dan mengatur jumlah penggunaan bandwidth sesuai kebutuhan.

JDownloader memiliki lebih dari 300 plugin yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan para pengguna ketika melakukan proses download, salah satu plugin yang paling berguna adalah ‘scheduler plugin’ yang bisa menjadwalkan kapan proses download mulai dan berhenti. 

Dengan menggunakan MyJDownloader pada handphone anda, pengguna dapat melihat bagaimana proses download yang sedang berjalan, menambahkan link pada linkgrabber, serta memantau susunan link yang tersimpan.

Meskipun masih dalam tahap beta, aplikasi ini memberikan para pengguna kemampuan untuk bisa mengatur kegiatan download pada beberapa aplikasi JDownloader secara bersamaan pada jarak jauh.

8.Internet Download Manager – Windows

Internet Download Manager atau IDM bisa disebut sebagai sebuah aplikasi download manager yang paling populer. Fitur yang paling menjual dan menjadi alasan kenapa aplikasi ini sangat populer adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini pada seluruh browser pilihan pengguna dan akurasi dalam mencari link untuk mendownload file yang tersedia, bahkan lebih canggih dibandingkan fitur download bawaan pada browser internet. 

Pengguna IDM juga dapat melakukan pengaturan seperti ‘pause’ dan ‘resume’ pada proses download, fitur ini membantu ketika pengguna melakukan proses download beberapa file dengan tingkat prioritas berbeda, sehingga dapat mendahulukan file yang lebih penting.

Dengan teknologi yang mendownload file dengan segmentasi, aplikasi ini mencegah hilangnya file ketika proses download terhenti di tengah proses, entah karena komputer yang mati atau koneksi internet terputus.

Dengan teknologi ini, file yang sedang didownload dapat kembali dilanjutkan prosesnya setelah komputer kembali menyala atau koneksi internet tersambung kembali. 

9.Ninja Download Manager – Windows, Mac

Ninja Download Manager merupakan sebuah aplikasi download manager dengan desain tampilan terbaik, hal ini dikarenakan Ninja Download Manager merupakan aplikasi baru sehingga para developer menyesuaikan dengan desain yang modern dan lebih menarik.

Bukan hanya memiliki tampilan menarik, performa dari download manager ini tidak kalah dibandingkan dengan download manager yang lebih dulu muncul. 

Dengan menggunakan aplikasi ini proses download akan dibagi menjadi beberapa bagian dan menggunakan bagian server yang berbeda, hal ini membuat proses download menjadi lebih cepat.

Seperti download manager lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menjadwalkan download, mendownload file secara bersamaan, pause dan resume proses download, dan banyak fitur lainnya.

Salah satu yang paling berguna adalah ‘sequential download’ yang mengatur agar file yang anda download terdownload berurutan sesuai dengan keinginan anda. 

Ninja Download Manager juga memiliki fitur untuk melihat preview dari file yang sedang di download sebelum proses download selesai. Dengan fitur ini pengguna dapat melihat apakah file yang didownload ini sudah sesuai dengan keinginan anda, baik dari kualitas maupun isi filenya. 

10.Free Download Manager – Windows, Mac

Free Download Manager(FDM) merupakan sebuah aplikasi open source yang dapat digunakan secara gratis oleh para pengguna dan membuat proses download anda lebih cepat, aman, dan efisien.

FDM dapat mendownload berbagai jenis file dari berbagai website populer dan mendukung penggunaan proxy, HTTP/HTTPS/FTP/BitTorrent untuk mendownload file yang diinginkan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth, prioritas download dan file, juga proses download file dengan kapasitas besar. 

Pengguna FDM dapat melihat preview dari file yang sedang didownload ketika proses masih berjalan. FDM juga membantu pengguna apabila proses download terputus untuk dapat mendownload ulang file tersebut dari titik yang terputus tanpa mengulang dari awal.

Penggunaan aplikasi ini juga menambah kecepatan download hingga 10 kali lebih cepat, pengguna juga bisa mengatur penggunaan bandwidth agar kecepatan download dan kecepatan browsing anda sama – sama berjalan dengan optimal. 

FDM memiliki fitur bernama ‘Portable Mode’ yang memungkinkan anda untuk mengakses aplikasi ini dari berbagai komputer, baik windows atau mac, tanpa perlu melewati proses instalasi aplikasi. Selain itu aplikasi ini juga dapat melakukan Partial Download terhadap file ZIP, sehingga pengguna dapat memilih bagian mana saja yang ingin untuk didownload.

11.EagleGet – Windows

EagleGet merupakan sebuah download manager yang dapat diintegrasikan dengan berbagai web browser seperti Google Chrome, Firefox, Opera, bahkan IE. integrasi ini membuat aplikasi ini dapat langsung mendeteksi file yang dapat di download dari website tersebut.

Seperti download manager lainnya, EagleGet menggunakan teknologi multi-threading untuk memastikan kecepatan download yang optimal. Aplikasi ini juga memiliki fitur ‘multiple downloads’, ‘priority downloads’, ‘bandwidth allocations’, dan masih banyak lagi. 

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari EagleGet adalah ‘malware checker’ dan ‘file integrity verifier’. Kedua fitur ini membantu pengguna untuk memastikan bahwa file yang didownload adalah file yang aktual dan tidak memiliki virus atau malware yang berbahaya bagi komputer pengguna.

Meskipun download manager ini gratis untuk digunakan, pengguna harus memilih antara melihat iklan atau berbagi bandwidth dengan pengguna lain seperti menggunakan torrent. 

12.Xtreme Download Manager – Windows, Mac

Xtreme Download Manager(XDM) merupakan salah satu pelopor untuk download manager, meskipun demikian aplikasi ini tetap menjadi salah satu yang dapat diandalkan untuk mendownload file yang diinginkan.

Salah satu fitur yang menarik setelah menginstall aplikasi ini adalah kemunculan tombol ‘Download This Video’ pada halaman web yang sedang memutar video, seperti vimeo, youtube, dan sebagainya. Aplikasi ini juga mengoptimalkan kecepatan download hingga 5 kali lebih cepat dibandingkan fitur download bawaan dari browser anda. 

Pengguna XDM bisa menggunakan aplikasi ini dengan browser internet manapun yang menjadi favorit pengguna, mulai dari google chrome, firefox, opera, hingga safari, yang berjalan pada windows, mac, hingga linux.

Aplikasi ini juga memiliki teknologi ‘error recovery’ yang canggih, sehingga apabila proses download anda terputus ditengah, aplikasi ini akan langsung melanjutkan proses download tanpa mengulang kembali. 

Itulah daftar dari aplikasi download manager yang bisa dijadikan pilihan jika anda merasa fitur downloader yang tersedia pada browser anda kurang optimal sehingga anda membutuhkan aplikasi yang lebih efisien.

Karena jumlah aplikasi yang semakin banyak, daftar ini diharap bisa membantu pengguna untuk menemukan download manager dengan fitur yang sesuai kebutuhan dan dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Categories