Aplikasi

20 Aplikasi Edit Video Terbaik Di Android, IOS Dan PC Di 2020

Penggunaan media sosial sekarang bukan hanya menjadi tempat berbagi kegiatan sehari – hari saja, namun sudah melebar menjadi alat marketing dan juga sebagai portofolio online. Maka dari itu dibutuhkan usaha lebih untuk membuat video yang kita posting menjadi lebih menarik. 

Dengan kemajuan teknologi kita cukup menggunakan handphone untuk dapat menghasilkan video dengan kualitas yang cukup baik. 

Kita akan pusing jika melihat jumlah aplikasi yang bisa didownload, berikut ini merupakan beberapa contoh aplikasi edit video yang dapat dijadikan sebagai referensi:

Aplikasi Edit Video Terbaik Di Android, IOS (HP) dan Desktop

1.FilmoraGO – iOS dan Android – Free to Download

Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video tersebut menjadi favorit bagi pengguna ponsel. FilmoraGo memiliki fungsi dasar yang mudah digunakan seperti trimming, cutting, menambahkan themes, musik, dan sebagainya. Aplikasi ini mendukung penggunaan rasio 1:1 untuk video instagram, rasio 16:9 untuk video youtube. Video yang diolah juga dapat diubah menjadi reverse video, ditambahkan transisi, menggunakan video gerak lambat, dan penambahan teks video.

Meskipun banyak dari fitur pada FilmoraGo dapat digunakan secara gratis setelah didownload, aplikasi ini juga memiliki pilihan untuk melakukan in-app purchase agar mendapatkan beberapa fitur ekstra. Salah satu fitur yang didapat dari upgrade ini adalah opsi untuk menghilangkan watermark pada hasil video. 

Dalam aplikasi ini ketika melakukan edit video pengguna dapat melihat previewnya secara real-time. Hasil foto dan video yang selesai diproses juga dapat disimpan di memori handphone atau langsung di posting ke media sosial. Aplikasi ini memiliki peralatan editing profesional, dengan banyak efek dan template yang bisa digunakan. 

Baca Juga:15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Android Dan IOS Di 2020

2.Adobe Premiere Clip – iOS dan Android – Free to Download

Adobe Premiere Clip

Adobe memang sudah menjadi pemain lama dalam dunia kreatif, sehingga tidak mengherankan jika mereka mengembangkan sebuah aplikasi edit foto dan video berbasis mobile. Adobe Premiere Clip merupakan aplikasi yang dapat melakukan edit video melalui handphone anda. 

Aplikasi edit video tersebut yang mudah digunakan ini memiliki fungsi dasar seperti cutting, trimming, penambahan transisi, musik, filter, efek, dan lain sebagainya. Namun yang membuat aplikasi ini menyenangkan adalah fitur Automatic Video Creation, fitur ini dapat secara langsung membuat video berdasarkan foto atau potongan video yang sudah dipilih. Fitur auto mix juga sangat membantu, karena dapat menyesuaikan musik latar belakang dengan video yang kita buat. Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe, hasil video dari aplikasi ini bisa langsung diekspor ke aplikasi Adobe Premiere Pro CC apabila membutuhkan pengerjaan lebih detail. Hasil akhir editing juga bisa langsung di posting ke media sosial seperti Facebook, Twitter, atau YouTube.

3.VideoShow – iOS dan Android – Free to Download

Video Show

Aplikasi VideoShow sudah mendapatkan beberapa penghargaan sehingga tidak diragukan lagi, jika aplikasi ini disebut sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit video di handphone. Dengan tampilan yang jelas dan menyenangkan, aplikasi ini bukan hanya mudah digunakan tapi juga sangat dapat diandalkan. 

Diluar fitur standar aplikasi video lainnya, pengguna aplikasi ini dapat mempercantik videonya dengan menambahkan tulisan, efek, musik, dan efek suara, bahkan VideoShow juga mendukung fitur ‘Live-Dubbing” untuk dapat mengisi suara secara langsung pada video yang sedang diedit. Aplikasi ini dapat menggunakan beberapa musik latar pada sebuah video, selain itu juga dapat merubah musik dari video menjadi format mp3. Juga terdapat pilihan untuk menyesuaikan kecepatan audio dan fitur Voice Enhancement pada aplikasi ini.

VideoShow memiliki lebih dari 50 tema yang dapat dipilih untuk digunakan pada video, vlog, atau slideshows yang sedang dikerjakan. Aplikasi ini dapat menyesuaikan ukuran file video agar tidak menggunakan terlalu banyak memori tanpa mengurangi kualitas video. Fitur blurred background juga membantu untuk memberikan efek blur di latar belakang yang dikenal dengan istilah bokeh. Selain itu video yang dihasilkan bisa memiliki durasi yang tidak dibatasi.

Baca Juga:13 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android 2020

4.PowerDirector Video Editor – Android – Free to Download

PowerDirector

Sebagai sebuah aplikasi edit video di handphone PowerDirector memiliki tampilan timeline yang mudah digunakan, namun akan memakan sedikit waktu untuk dapat terbiasa menggunakannya dengan lancar. Akan tetapi, apabila sudah terbiasa dengan fungsi dan tools dari aplikasi ini membuat sebuah video yang terkesan profesional dengan berbagai efek akan sangat mudah. 

Pengguna dapat menggunakan lebih dari 30 jenis efek dan transisi untuk proyeknya. Termasuk mengedit sebuah video yang menggunakan teknologi green screen. Aplikasi ini juga menyediakan video panduan untuk semua fungsi dan fitur yang ada didalamnya. Seperti fitur Chroma Key Selector untuk menghasilkan transparansi video dan lapisan efek yang digunakan, juga Slow-Mo Video Editor untuk menciptakan efek gerakan lambat pada proyek video yang dikerjakan.

Banyak sekali fitur yang tersedia dalam aplikasi gratisnya, namun apabila anda ingin membuat video yang lebih istimewa lagi disarankan untuk membuka versi penuhnya. Dengan PowerDirector versi penuh, bukan hanya menghilangkan watermark dan iklan saja. Pengguna dapat menghasilkan video dengan resolusi 1080 bahkan video 4K. 

Baca Juga:12 Aplikasi Keyboard Terbaik Untuk Android 2020

5.KineMaster – iOS dan Android – Free to Download

KineMaster

KineMaster memiliki tampilan yang dirancang dengan baik dipadukan dengan fitur beragam, sehingga menjadi aplikasi edit video yang mudah digunakan. Fitur drag-and-drop yang dimiliki aplikasi ini sangat memudahkan dalam proses pemilihan foto, video, atau media lainnya ke dalam proyek yang sedang dikerjakan. Untuk pengaturan audio, aplikasi ini didukung untuk pengaturan suara yang presisi pada setiap momen dalam sebuah klip video. 

KineMaster memiliki kemampuan untuk membuat video yang diedit menjadi tampak profesional dengan menyediakan berbagai tingkatan pengaturan pada proses editing. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan bermacam – macam jenis transisi pada tiap bagian video, juga menambah teks dalam video, baik berupa informasi tambahan dari sepotong video atau juga menambahkan subtitle pada proyek video yang dikerjakan. Aplikasi ini juga dapat mengkombinasikan beberapa lapisan video, gambar, tulisan, efek, stiker, hingga tulisan tangan. Proyek video yang sedang diedit juga dapat dilihat secara instan dengan dukungan fitur instant review.

Seperti pada aplikasi lainnya, KineMaster memunculkan watermark pada hasil edit videonya. Untuk dapat menghilangkannya,pengguna harus membeli aplikasi KineMaster Professional. Dalam aplikasi berbayar terdapat juga fitur eksklusif yang tidak dapat digunakan pada KineMaster versi gratis. 

Baca Juga:12 Aplikasi Download Manager Untuk Android, Lebih Cepat 2020

6.Quik – iOS dan Android – Free to Download

Ini merupakan jawaban bagi anda yang mencari aplikasi untuk edit video yang cepat dan gratis. Ketika menggunakan Quik maksimalkan fitur Automatic Video Creation untuk membuat video dengan mudah, pengguna dapat melakukan kegiatan crop video, menambahkan efek dan tulisan, juga menyesuaikan video dengan musik yang dipilih dengan mudah. 

Aplikasi Quik mendukung format media yang dihasilkan oleh kamera GoPro dan juga format Motion Photos. Apabila dalam proses pengerjaan terjadi sesuatu yang mengharuskan anda meninggalkan proyek ini sementara waktu, pengguna dapat menyimpan proyek video ini sebagai drafts untuk dilanjutkan di lain waktu. Hasil video yang telah selesai dapat disimpan dalam resolusi 1080p atau 720p dengan 60fps untuk memastikan hasil pemutaran video yang tajam dan lancar.

7.VivaVideo – iOS dan Android – Free to Download

VivaVideo

Dengan memiliki lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia, VivaVideo merupakan salah satu alternatif dari aplikasi untuk mengedit video. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat dimaksimalkan, mulai dari cutting dan pasting video hingga memotong dan menggabungkan video dan audio dengan mudah.

VivaVideo memiliki fitur pembuat video Slow-Mo dan slideshow dengan ratusan efek yang mudah digunakan. Mulai dari stiker dan filter hingga penambahan animasi dan subtitle, semua dapat dilakukan dengan mudah. Hasil video yang dikerjakan dengan aplikasi ini juga mudah dibagikan ke akun media sosial yang dimiliki pengguna.

Baca Juga:10 Aplikasi Nonton Film Terbaik Di Android

8.Funimate – iOS dan Android – Free to Download

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mendukung untuk membuat video lucu dengan mudah. Funimate dapat mengubah momen sehari – hari menjadi sebuah video kreatif dan menghibur. Dengan lebih dari 100 efek video yang dapat digunakan, aplikasi ini menjadi pilihan tepat untuk mengedit video pendek dan memutarnya berulang kali dalam satu video, yang bila dilakukan dengan cerdas dapat menghasilkan sebuah video yang lucu. Efek yang digunakan juga tidak terbatas dari aplikasi saja, pengguna dapat membuat sendiri efek dari foto yang disimpan dalam handphone. 

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan mendaftarkan akunnya terlebih dahulu. Dengan akun ini pengguna Funimate dapat mengikuti akun lainnya dan saling berkolaborasi dalam komunitas pengguna Funimate. Meskipun aplikasi ini gratis untuk digunakan, terkadang beberapa iklan dalam aplikasi ini dapat sedikit mengganggu. 

9.Magisto Video Editor & Maker – iOS dan Android – Free to Download

Magisto menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam mengedit video. Dengan menggunakan teknologi A.I yang canggih, pengguna cukup memilih media apa saja yang ingin dimasukkan dalam video akhir. Aplikasi ini secara otomatis akan menyesuaikan foto, potongan video, dan teks dengan musik yang dipilih. Dengan teknologi A.I. ini magisto memilih bagian mana yang paling menarik untuk ditampilkan dalam hasil akhir, termasuk penggunaan efek dan layer dalam video. 

Video yang dihasilkan menggunakan aplikasi ini sebagian besar sangat menarik, mengingat aplikasi ini tersedia secara gratis untuk didownload dengan beberapa in-app purchases. Magisto merupakan sebuah aplikasi yang dapat dimaksimalkan oleh vlogger dan juga praktisi marketing untuk membantu usahanya, terutama dengan kemampuan untuk langsung memposting pada berbagai media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, bahkan WhatsApp. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Berita Terbaik Di 2020

10.InShot – iOS dan Android – Free to Download

InShot merupakan sebuah aplikasi edit video secara visual serba ada dengan kemampuan membuat video, mengedit foto, dan menyusun kolase gambar. Aplikasi ini memiliki fitur dasar seperti memotong klip video, mengubah kecepatan video, dan penambahan filter, musik dan teks. Dengan menggunakan InShot, media yang diedit juga dapat diputar dan dibalik sesuai dengan keinginan, dimana fitur ini jarang dimiliki aplikasi lainnya. 

Sama seperti aplikasi edit video gratis lainnya, pengguna InShot akan melihat iklan saat melakukan proses editing proyeknya dan muncul watermark pada hasil akhir dari proyek yang dikerjakan. Untuk menghilangkan watermark ini, pengguna dapat membayar untuk melakukan upgrade, upgrade ini juga akan menghilangkan iklan yang muncul ketika sedang melakukan proses editing.

Ketika pengguna merasa bahwa aplikasi handphone sudah tidak mencukupi untuk kebutuhan video, sudah saatnya untuk mulai mencoba berbagai aplikasi yang tersedia di komputer, baik yang berbasis windows atau mac. Aplikasi komputer memiliki pilihan fitur yang lebih banyak dan mendetail, namun kebanyakan dari aplikasi yang tersedia merupakan aplikasi berbayar atau berlangganan. Melakukan edit di komputer juga sangat membantu terutama ketika kita harus mengerjakan proyek dengan durasi yang panjang.

Baca Juga:20 Game Petualang Offline Terbaik Di HP Android 2020

Dibawa ini adalah software untuk mengedit video di PC.

1.Adobe Premiere Pro CC – Mac dan Windows – Berbayar dengan free trial

Bagi pengguna komputer windows, Adobe Premiere Pro CC bisa dibilang sebagai aplikasi edit video terbaik. Hal ini tidak membingungkan mengingat Adobe merupakan raksasa dalam dunia kreatif digital. Adobe Premiere mendukung berbagai sumber media mulai dari media handphone, digital camera, hingga VR. dukungan multi-cam yang dimiliki juga sangat intuitif dan responsif. 

Aplikasi ini cocok apabila digunakan oleh pengguna yang bekerja dengan tim yang memiliki jenis laptop atau komputer yang berbeda. Selain formatnya yang sudah menjadi standar industri dengan fungsi yang sangat baik, aplikasi ini juga menyediakan beberapa aplikasi dukungan untuk membantu produktivitas dalam mengedit video.

2.Final Cut Pro X – Mac – Berbayar dengan free trial

Aplikasi ini merupakan pilihan utama bagi para pengguna apple. Seperti produk apple pada umumnya harga yang dipasang untuk aplikasi ini cukup tinggi, namun apabila sebagai pengguna serius yang memang bekerja dalam bidang video, investasi ini cukup berguna. Karena aplikasi ini dirancang untuk sistem operasi mac, penggunaan aplikasi ini menjadi sangat efisien karena optimisasi antara software dan hardware, termasuk dengan perangkat apple lainnya.

Fitur yang tersedia di Final Cut Pro sangat mencukupi untuk melakukan proyek video durasi panjang dan rumit. Grouping tools dan pilihan efek yang tersedia menjadi dua contoh fitur favorit untuk aplikasi ini. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah karena tampilan yang khas rancangan apple, terutama jika pengguna menggunakan beberapa kamera untuk mengambil video, pemilihan frame yang tepat akan terasa mudah. 

3.Adobe Premiere Elements – Mac dan Windows – Berbayar dengan free trial

Adobe Premiere Elements merupakan pilihan yang cocok bagi pemula yang mau mengedit video. Aplikasi ini tidak sekompleks Adobe Premiere Pro, sehingga menjadi lebih mudah untuk digunakan. Dengan fitur seperti face detection, efek audio, motion tracking, dan smart toning, aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat untuk pemula atau profesional. 

Premiere Elements dilengkapi dengan berbagai fitur standar seperti transisi video, chroma-keying, opacity, dan sebagainya. Perpustakaan media yang teratur dilengkapi juga dengan pencarian cerdas untuk membantu pencarian data yang sudah selesai ataupun yang masih dalam pengerjaan.

Baca Juga: Inilah 28 Game Offline Android Dari Berbagai Genre yang Seru Abis

4.Corel VideoStudio Ultimate – Windows – berbayar dengan free trial

Bagi pemula yang ingin belajar proses edit video, Corel VideoStudio Ultimate dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan harga yang cukup terjangkau, aplikasi ini mendukung banyak fitur dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. 

Beberapa fitur yang tersedia cukup menjanjikan untuk menghasilkan video yang baik. Mulai dari multi-cam editing, video 360 derajat, dukungan resolusi 4K, hingga perpustakaan musik dan efek yang besar. Pengguna VideoStudio Ultimate akan terbiasa seiring dengan waktu penggunaannya. Meskipun fitur yang ada cukup menarik bahkan untuk editor video berpengalaman, namun apabila ingin lebih serius mendalam dunia edit video, pengguna disarankan menggunakan opsi berbayar lainnya.

5.DaVinci Resolve – Mac, Windows, dan Linux – Gratis

DaVinci Resolve merupakan sebuah aplikasi edit video yang cocok digunakan untuk proses color correction dan audio pasca produksi. Dengan menggunakan fitur facial recognition dan tracking, aplikasi ini dapat dengan mudah menyesuaikan warna kulit, mata, dan bibir dalam video. Untuk bidang audio, DaVinci dengan menggunakan FairLight dapat mendukung hingga 1000 channel audio untuk diolah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Banyak yang menggunakan film ini untuk beberapa proyek besar seperti film atau serial TV. hal ini karena DaVinci Resolve dapat digunakan bersamaan oleh beberapa pengguna, sehingga membantu proses pengerjaan proyek yang memiliki tim dengan kapasitas besar. 

Baca Juga:Top 10 Aplikasi Email Terbaik Android 2020

6.VSDC – Windows – Gratis

Aplikasi edit video ini cocok untuk pengguna yang ingin membuat video dasar dan slide presentasi. VSDC merupakan pilihan yang tepat jika ingin menambahkan tulisan, bagan, dan grafik lainnya pada sebuah video. Fitur yang dimiliki antara lain color correction dan blurring, yang bisa dikombinasikan dengan mask tool, fitur ini berguna apabila ada sepotong informasi yang tidak ingin ditunjukkan pada sebuah frame video. Selain itu fitur stabiliser dari aplikasi ini mampu menghilangkan efek goyang dari media yang diambil menggunakan GoPro atau Drone.

Aplikasi ini juga mendukung banyak format untuk media yang dihasilkan termasuk AVI dan MPG. Apabila pengguna tidak yakin format yang tepat, VSDC memiliki pilihan untuk menghasilkan media sesuai dengan format dari alat pemutarnya. VSDC juga menyediakan fitur DVD-Burner untuk menyimpan media dalam format DVD

7.HitFilm Express – Mac dan WIndows – Gratis 

HitFilm Express merupakan sebuah aplikasi yang mampu menghasilkan film, video klip, hingga efek 3D. Semua kemampuan ini dapat digunakan cukup dengan mendownload dan menginstall aplikasi ini secara gratis, meskipun proses tersebut dapat memakan waktu yang cukup panjang. Selain itu pastikan perangkat komputer yang anda gunakan memiliki kemampuan yang cukup untuk menginstall aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan dalam membuat sebuah film dengan kualitas produksi seperti profesional. Namun ada beberapa kesempatan dimana pengguna dapat diuntungkan dengan membeli beberapa tambahan dalam aplikasi. Yang membuat aplikasi ini unik adalah pengguna dapat membeli tambahan sesuai kebutuhan dengan biaya terjangkau, sehingga tidak perlu melakukan pembelian secara lengkap hanya untuk dapat menggunakan satu fitur spesifik.  

Baca Juga:17 Aplikasi Download Lagu Gratis Di HP Android Dan IOS

8.Apple iMovie – Mac – Gratis

Bagi pengguna komputer produksi apple, aplikasi iMovie yang sudah ada pada semua seri macbook bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengedit video. Mengingat aplikasi ini sudah terpasang di komputer anda tanpa memerlukan biaya tambahan, hasil edit dari aplikasi ini cukup baik. 

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini juga cukup lengkap dan mudah digunakan. Dengan memiliki tampilan yang simpel, iMovie menjadi cukup mudah digunakan. Konsistensi warna yang diberikan juga stabil sehingga menghasilkan hasil akhir konsisten. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur untuk mengatur audio dalam proyek video yang dikerjakan.

Karena dirancang untuk menjadi aplikasi yang simpel, ada beberapa fungsi yang dihilangkan sehingga pengerjaan menjadi kurang fleksibel. iMovie juga terbatas hanya dengan dua video tracks, tanpa memiliki kemampuan multicam atau motion tracking. 

Aplikasi yang cocok untuk melakukan proses editing video akan sangat bergantung dengan tujuan dan hasil akhir yang diinginkan oleh pengguna. Beberapa nama aplikasi diatas diharapkan dapat membantu untuk menentukan aplikasi mana yang cocok dengan proyek yang sedang dikerjakan.

Baca Juga:13 Game Perang Offline Dan Online Terbaik Untuk Android Dan IOS (Seru Bangets)

Aplikasi atau software apakah yang anda gunakan unyuk meng-edit video anda?

Categories