Aplikasi

13+Aplikasi Kamera Terbaik Android 2020

Kamera merupakan salah satu fitur yang paling dicari pada sebuah handphone, maka dari itu berbagai produsen berlomba – lomba untuk menggunakan teknologi tercanggih untuk digunakan pada perangkatnya, mulai dari penggunaan 3 lensa hingga sensor kamera yang menyerupai kamera profesional, semua untuk dapat menghasilkan hasil foto yang hampir sempurna.

Berkembangnya kamera pada handphone ini juga menyebabkan semakin banyak orang yang lebih mengenal fotografi dan ingin mencobanya. 

Selain dengan hardware kamera pada handphone yang semakin berkembang, dukungan software juga memiliki peran untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Produsen handphone sudah menyediakan teknologi dan fitur yang beragam, namun terkadang ada beberapa fitur yang kurang memuaskan. Untuk mengatasinya banyak pengguna yang mencari aplikasi kamera dengan fitur yang lebih mendukung kebutuhan mereka.

Aplikasi ini juga bisa digunakan bagi mereka dengan perangkat dengan spesifikasi biasa namun ingin menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus.

Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android

1.Camera 51 – Android

Camera51 merupakan aplikasi kamera dengan teknologi deteksi objek yang canggih dan dapat memberikan rekomendasi pengaturan terbaik untuk objek tersebut.

Aplikasi ini menyediakan ‘gridlines’ sebagai panduan bagi pengguna dalam penempatan objek foto agar sesuai dengan prinsip fotografi.

Untuk membantu pengguna pemula, Camera51 memiliki fitur ‘Aim Box’ yang mengarahkan pengguna memposisikan handphone untuk mengambil gambar yang optimal.

Camera51 memiliki teknologi yang dapat mengidentifikasi objek untuk menjadi fokus dari foto dan memberikan petunjuk untuk mendapatkan komposisi foto terbaik.

Dengan teknologi ‘Peripheral Object Alert’ aplikasi ini dapat memberikan peringatan apabila ada objek yang mungkin mengganggu dalam komposisi foto.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat memilih hingga tiga objek secara manual untuk menjadi fokus foto dengan mudah, cukup sentuh objek yang diinginkan pada layar kemudian objek tersebut akan terfokus berikut dengan pengaturan eksposurnya. 

Baca Juga:Cara Menyimpan/Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi 2020

2.Picai Smart AI Camera – Android, iOS

Picai Smart AI Camera dapat memberikan rekomendasi filter untuk membuat foto anda tampak lebih profesional.

Dengan teknologi AI yang dimiliki, aplikasi ini akan memilih filter terbaik sesuai dengan objek foto yang diambil.

Dengan teknologi ‘Deep Learning AI’, semua filter yang direkomendasikan dalam aplikasi ini akan optimal bagi hasil foto anda, apapun benda yang menjadi objek foto.

Mulai dari filter untuk menjadikan selfie lebih indah, hingga filter untuk menjadikan foto makanan anda lebih menggiurkan.

Adanya fitur ‘split-screen filter selection’ membuat proses pemilihan filter menjadi lebih mudah.

Memiliki lebih dari 100 filter dan teknologi terbaru, Picai akan membantu pengguna untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Selain memiliki teknologi AI yang canggih, Picai Smart Camera juga memiliki fitur esensial lainnya mulai dari timer, tampilan full-screen, dan mode silent. 

Baca Juga:Cara Download Video dari Facebook untuk Android dan PC

3.Camera FV-5 – Android

Camera FV-5 adalah sebuah aplikasi yang memberikan handphone anda kontrol seperti kamera DSLR, cocok bagi pengguna yang ingin belajar fotografi atau fotografer profesional yang ingin fitur lebih.

Hasil foto dari aplikasi ini dapat diproses selayaknya file yang diambil menggunakan DSLR untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, dengan support format JPEG, true 16-bit RAW in DNG, dan PNG.

Pengguna juga bisa mengakses EXIF dan XMP untuk melihat dukungan metadata yang tersedia. Mereka juga bisa mengakses EXIF dan XMP untuk melihat dukungan metadata yang tersedia. 

Camera FV-5 ini memiliki parameter fotografi yang dapat disesuaikan, mulai dari ‘exposure’, ‘ISO’, ‘Light Metering’, ‘Focus’, ‘White Balance’, dan lainnya.

Tampilan yang muncul juga menyerupai kamera DSLR, lengkap dengan ‘exposure time’, ‘aperture’, dan pengaturan bracketing(mulai dari 3 hingga 7 frame).

Dengan adanya ‘Built-in Intervalometer’ pengguna dapat membuat timelapse dengan cukup mudah.

Fotografi pada waktu malam hari juga menjadi lebih menyenangkan dengan fitur ‘Long Exposure’ yang bisa menangkap light trails dengan eksposur hingga 30 detik. 

Baca Juga:Top 10 Aplikasi Email Terbaik Android 2020

4.Camera MX – Android

Dengan jumlah download lebih dari 20 juta, aplikasi ini merupakan alternatif favorit dari aplikasi kamera bawaan.

Camera MX, memberikan para pengguna android akses untuk kontrol kamera profesional dengan penggunaan yang mudah.

Dengan kualitas yang tidak kalah dari kamera DSLR, aplikasi ini mendukung resolusi dan rasio yang disediakan oleh perangkat anda.

Fitur ‘auto-focus’, ‘auto optimization’, dan ‘HDR’ yang tersedia untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa bahkan pada kondisi kurang cahaya.

Hasil foto JPEG yang diambil menggunakan aplikasi ini juga dapat disesuaikan kualitasnya dengan keinginan pengguna. 

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk pengambilan foto, ketika pengguna mengambil video semua filter dan efek yang tersedia bisa digunakan dan muncul secara langsung.

Proses merekam video juga menjadi lebih mudah karena anda bisa memotong video yang diambil secara real-time. Aplikasi ini juga memiliki fitur ‘time lapse’ untuk menciptakan video ‘fast-motion’. 

Selain mendukung kamera belakang, semua fitur yang ada di aplikasi ini juga dapat digunakan pada kamera depan. Pengaturan flash juga bisa disesuaikan untuk membantu pencahayaan anda ketika mengambil gambar.

Apabila anda membutuhkan informasi lokasi, aplikasi ini memiliki pengaturan GPS yang dapat menampilkan lokasi anda dalam EXIF Metadata yang tersedia.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Android Dan IOS 2020

5.Open Camera – Android

Open Camera merupakan sebuah aplikasi kamera yang membuat handphone anda bagaikan kamera profesional.

Ketika menggunakan aplikasi ini anda akan mendapatkan fitur ‘Auto Stabilize’ sehingga foto yang diambil akan sejajar dengan sempurna.

Dalam Open Camera anda juga dapat melakukan pengaturan ‘White Balance’, ‘ISO’, ‘Exposure’, ‘Face Detection’, dan lain sebagainya, termasuk ‘focus modes’ dan ‘scene mode’ seperti pada kamera DSLR. 

Cara pengambilan gambar dalam aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menekan tombol seperti biasa pengguna juga dapat menggunakan timer atau ‘auto-repeat mode’, anda juga bisa mengatur aplikasi ini untuk mengambil gambar dengan menggunakan kode suara, seperti bersiul, atau menggunakan kata kunci, seperti ‘Cheese’.

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan pada tampilan aplikasi dan volume kamera. 

Ketika mengambil gambar dengan aplikasi ini, anda dapat mengunci orientasi layar agar tidak berubah ketika perangkat anda bergeser.

Open Camera memiliki dukungan untuk pengambilan gambar HDR dan panorama dengan ‘Noise Reduction’ dan optimasi ‘Dynamic Range’ untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

6.Candy Camera – Android, iOS

Bagi anda yang suka menggunakan kamera depan untuk melakukan selfie, Candy Camera sangat cocok untuk anda.

Dengan jumlah pengguna diatas 5 juta orang, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dan filter yang dapat membuat hasil foto anda menjadi lebih cantik. Filter yang tersedia dalam aplikasi ini dirancang khusus untuk selfie dan akan membuat kulit anda terlihat luar biasa.

Filter ini bisa dilihat secara langsung sebelum anda mengambil foto sehingga anda bisa mencari filter yang paling sesuai dengan kulit anda.

Anda juga bisa memilih berbagai efek yang bisa mempercantik selfie anda, mulai dari ‘slimming’, ‘whitening’, ‘concealer’, ‘lipstick’, ‘mascara’, dan berbagai fitur editing lainnya. 

Percantik lagi foto yang anda ambil dengan menggunakan berbagai stiker yang disediakan oleh Candy Camera. Dengan update yang berkala, anda akan selalu menemukan stiker yang cocok dengan segala suasana dan kegiatan.

Fitur ‘Collage’ pada aplikasi ini membuat anda merasa sedang mengambil foto dengan menggunakan photobox, karena anda dapat memilih berbagai gaya dan susunan sesuai dengan selera anda.

Sehingga anda akan terbawa pada keseruan masa lalu tanpa perlu menunggu lama untuk giliran anda masuk photobox. Cukup buka aplikasi untuk memilih foto dan desain yang diinginkan dengan nyaman. 

7.Cymera – Android, iOS

Cymera adalah salah satu aplikasi kamera bagi anda yang suka mengambil selfie. Hasil foto anda dapat dipercantik dengan menggunakan filter dan stiker, disusun menjadi sebuah kolase, diedit menggunakan ‘Pro Photo Editor’, dan berbagai fitur lainnya.

Anda juga bisa menambahkan kata – kata atau frame foto digital yang sesuai dengan kreatifitas anda, sehingga selain mengedit foto menjadi lebih indah anda juga dapat membuat meme lucu yang bisa dibagikan.

Anda dapat memilih antara fitur ‘Beauty Camera’ yang dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mengedit kulit anda, memberikan efek ‘slim’ atau ‘reshape’ pada wajah, menghilangkan kerutan, jerawat, dan kantung mata atau fitur ‘Sweet Camera’ yang memiliki banyak efek selfie termasuk pilihan makeup yang dapat dipilih.

Filter dan efek yang tersedia pada aplikasi ini juga cukup lengkap, mulai dari ‘vintage’, ‘pastel colors’, ‘film-effect’, ‘black & white’, ‘lens flare’, dan lain sebagainya, pengguna juga dapat menciptakan filter atau efek sendiri sesuai keinginan. 

Bagi anda yang menyukai fotografi anda bisa menggunakan berbagai pilihan lensa yang disediakan, mulai dari ‘Fish-Eye’, ‘Lomo’, ‘Divided Lens’, dan masih banyak lagi.

Fitur ‘anti-shake’ pada aplikasi ini juga membantu anda untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Pengguna aplikasi ini juga bisa menyusun kolase dari hasil foto dengan pengaturan yang diinginkan dan ukuran yang bisa disesuaikan untuk dibagikan pada media sosial pilihan. 

8.Camera ZOOM FX – Android

Ubah handphone anda menjadi sebuah kamera DSLR dengan menggunakan Camera ZOOM FX, dengan menggunakan aplikasi ini anda akan dapat mengatur ‘ISO’, ‘Focus Distance’, ‘Exposure’, dan ‘Shutter Speed’ ketika mengambil gambar dengan handphone anda.

Pada perangkat yang mendukung, anda bahkan bisa mengambil gambar dengan format RAW sehingga anda dapat mengedit file tersebut secara profesional dengan menggunakan lightroom. 

Dalam penggunaan aplikasi ini, anda dapat mengatur urutan tombol pada tampilan di layar untuk disesuaikan dengan kenyamanan penggunaan.

Anda juga dapat menggunakan tombol pada handphone anda untuk disesuaikan, misalnya mengubah tombol volume menjadi pengaturan zoom.

Mode shooting yang tersedia juga cukup lengkap dari ‘Timer’, ‘HDR’, hingga ‘Timelapse’. Anda dapat mengkombinasikan beberapa mode ini untuk mempermudah pengambilan foto, misalnya mengkombinasikan mode ‘Stable’ dan ‘Timelapse’ untuk mendapatkan hasil yang jernih.

9.Z Camera – Android, iOS

Z Camera merupakan sebuah aplikasi kamera yang memiliki fitur ‘Live-Filter’, ‘Photo Editor’, ‘Sticker’, dan berbagai fitur lainnya.

Salah satu fitur yang diandalkan adalah ketersediaan ratusan filter yang dapat dipilih, termasuk ‘Real-Time Aging’ yang bisa menampilkan foto anda di masa depan.

Anda juga bisa menggunakan fitur ‘Face Swap’ ketika sedang bersantai dengan teman atau keluarga.

Dengan menggunakan fitur ‘Beauty Selfie’ anda dapat mengatur foto anda sesuai dengan keinginan, mulai dari menghaluskan kulit hingga menambahkan efek make up seperti ‘Lipstick’, ‘Blush’, ‘Mascara’, dan lain sebagainya. 

Photo Editor yang tersedia pada aplikasi ini juga menyenangkan untuk digunakan. Anda akan dapat menyesuaikan warna rambut, warna kulit, hingga tipe mata dengan mudah.

Ditambah lagi dengan aplikasi ini selain kemampuan untuk mengatur efek blur pada latar belakang, anda juga dapat menyesuaikan ‘Brightness’, ‘Contrast’, ‘Saturation’, ‘Vignette’, dan ‘Tone’ foto pilihan anda. Anda juga bisa menambahkan teks dan coretan untuk membuat hasil foto lebih personal. 

10.A Better Camera – Android

A Better Camera (ABC) adalah aplikasi kamera multifungsi yang bisa digunakan pada kondisi apa saja.

Dengan fitur lengkap untuk perangkat android anda, mulai dari ‘HDR’ yang memberikan detail warna yang lebih terang dan kaya.

‘Panorama’ yang bisa mengambil foto hingga 360 derajat, ‘Multishot’ untuk foto grup, ‘Sequence Shot’ dan bisa juga digunakan untuk menghilangkan objek yang mengganggu hasil akhir foto.

Pengambilan foto pada malam hari juga terbantu dengan adanya ‘Night Mode’. 

ABC memberikan kontrol manual bagi pengguna untuk bisa menyesuaikan ‘ISO’, ‘White Balance’, ‘Exposure’, dan ‘Focus’.

Aplikasi ini juga bisa mengambil gambar dengan format RAW yang memiliki informasi tambahan yang berguna pada proses editing.

Pengambilan video juga menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini dengan dukungan ‘Focus Lock’, Exposure Lock’, dan ‘White Balance Lock’, sehingga anda dapat berkreasi dengan lebih baik lagi. 

11.Camera 360 – Android, iOS

Camera 360  merupakan sebuah aplikasi yang mendapatkan penghargaan Best App of 2016 di Google Play, dengan jumlah pengguna melebihi 800 juta aplikasi beauty camera ini memiliki komunitas global yang cukup besar.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur editing profesional, termasuk stiker, filter, dan efek yang dapat digunakan untuk mengedit foto yang diambil ataupun yang tersedia dalam gallery. 

Pengguna Camera 360 akan dapat mengakses berbagai stiker 3D untuk membuat hasil foto menjadi lebih lucu dan kreatif. Terdapat juga fitur ‘Challenge’ dimana pengguna akan diberikan beberapa tantangan yang simpel agar tidak merasa bosan.

Fitur ‘beauty camera’ pada aplikasi ini juga memiliki efek yang dapat dilihat secara langsung, seperti memperbesar mata, memutihkan gigi, dan lain sebagainya.

Hasil foto ini juga dapat diberikan filter yang dapat dipilih dari koleksi yang memiliki lebih dari 100 filter. Mulai dari ‘Mirror’, ‘Double Exposure’, ‘HDR’, ‘Film’, dan masih banyak lagi.

12.B612 – Android, iOS

B612 merupakan aplikasi yang memiliki lebih dari 1500 stiker yang dapat digunakan untuk membuat hasil foto anda menjadi lebih personal.

Dengan teknologi facial recognition pengguna aplikasi ini dapat mengubah wajah menjadi abstrak atau berubah menjadi binatang yang lucu.

Anda juga dapat menggunakan filter analog untuk membuat hasil foto yang lebih artistik.

Aplikasi ini juga memiliki fitur ‘Beauty Effects’ secara langsung sehingga anda dapat melihat perubahan secara langsung,cukup menggeser slider yang tersedia untuk mencari filter yang sesuai dengan wajah dan anda dapat langsung mendapatkan hasil foto sesuai keinginan.

Anda juga dapat menggunakan filter yang tersedia untuk berbagai foto mulai dari makanan, produk, hingga pemandangan.

Ketika anda menemukan filter yang anda sukai, anda dapat menyimpannya pada folder favorit untuk mempermudah pencarian ketika akan menggunakannya. 

Anda dapat mengekspresikan kreativitas anda dengan membuat video yang disertai dengan musik favorit anda.

Musik yang dipilih dapat diberikan berbagai efek dan kecepatan playback agar hasil kreasi anda menjadi lebih dinamis.

Bagi pengguna B612 dengan perangkat yang mendukung AR, anda dapat menggunakan AR Stickers dalam proses editing foto atau video anda. 

13.Google Camera – Android

Perangkat Google Pixel dikenal dengan kualitas kameranya yang luar biasa, sekarang para pengguna android lain dapat mencoba kualitas kamera serupa dengan menggunakan Google Camera.

Aplikasi ini memiliki software dan fitur yang mirip dengan aplikasi kamera bawaan pada Google Pixel.

Dalam aplikasi ini pengguna akan dapat mengambil foto HDR+ sehingga hasil foto yang dihasilkan menjadi lebih baik meskipun kurang cahaya atau dalam kondisi backlight.

‘Night Shift’ pada aplikasi ini juga mempermudah pengambilan gambar pada malam hari tanpa perlu menggunakan lampu flash.

Fitur ‘Color Selection’ pada aplikasi ini dapat membuat foto anda lebih artistik dengan mengubah gambar menjadi hitam putih kecuali satu objek yang anda pilih, sehingga objek tersebut akan lebih mencolok. 

Bukan hanya untuk fotografi, aplikasi ini juga dapat mendukung produktivitas anda.

‘Google Lens Suggestions’ akan membantu anda untuk mengakses data dari gambar yang ditangkap kamera, mulai dari informasi pada QR Code hingga pada kartu nama, fitur ini akan menganalisa dan memberikan sugesti pilihan untuk dilakukan, seperti menelpon nomor atau mengirim email berdasarkan informasi kontak yang tertera.

Fitur Playground juga memberikan anda dengan perangkat yang mendukung AR untuk bisa bermain dengan berbagai efek dan stiker AR yang tersedia.

Pilihan aplikasi kamera yang tersedia sangat beragam, mulai dari aplikasi yang menawarkan kontrol profesional seperti DSLR hingga aplikasi kamera untuk mengedit foto menjadi lucu dan kreatif.

Dari berbagai aplikasi kamera yang ada dalam daftar, anda dapat memilih mana aplikasi yang cocok untuk anda, sehingga anda dapat berkarya sekreatif mungkin dengan nyaman.

Categories