Aplikasi

Merasa Pengeluaranmu Sudah Mulai Boros? 5 Aplikasi Ini Dapat Membantu Mengatur Keuanganmu

Kalau kita cermati, uang seakan sudah menjadi seperti oksigen bagi kebanyakan orang. Banyak orang merasa kalau mereka nggak bakal bisa hidup ketika mereka nggak punya uang.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apa kamu termasuk orang yang panik ketika menjelang akhir bulan melihat dompet dan rekening ATM dan isinya sudah mulai menipis?

Biasanya hal itu membuat kamu bertanya-tanya kenapa masih pertengahan bulan tapi duit sudah menipis, atau kalau nggak kaget karena duit tiba-tiba sudah habis dan sampai harus mengingat-ingat kemarin dibelanjakan untuk apa saja.

Kalau sudah mengalami hal tersebut, baru deh kamu mulai berkeinginan untuk memperbaikinya supaya pengelolaan keuanganmu bisa lebih baik lagi. Minimal nggak bikin panik lagi setiap akhir bulan.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat pengeluaran. Mulai dari tidak melakukan pengeluaran yang bukan prioritas dan tidak dibutuhkan, menahan diri pada saat melihat diskon ketika sedang berbelanja, baik online maupun offline, sampai menabung dengan cara yang tidak umum.

Misalnya, kamu berjanji pada diri sendiri bahwa setiap hari bakal memasukkan uang 5000 rupiah setiap hari selama setahun ke dalam wadah dan tidak akan membukanya sebelum satu tahun. Apa kamu pernah melakukan hal seperti itu? 

Namun, diantara cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ada cara lain yang lebih mudah untuk dilakukan, lho. Yaitu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.

Apa hubungannya mencatat alur keuangan dengan membuat kita menjadi hemat dan tidak boros? Mencatat alur keuangan membuatmu dapat memantau seluruh detail setiap transaksimu.

Kamu dapat melihat pada bagian mana kamu boros terhadap pengeluaranmu, menentukan apakah pengeluaran tersebut memang kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan.

Setelah kamu merasa bahwa itu hanya keinginan, bukan kebutuhan, kamu dapat menekan pengeluaran tersebut di lain waktu.

Tapi melakukan pencatatan keuangan itu kan ribet. Apakah ada cara untuk melakukan hal tersebut dengan mudah? Tenang saja, berterimakasihlah kepada perkembangan teknologi.

Kalau dulu mencatat keuangan butuh buku dan alat tulis, sekarang teknologi digital dengan berbasis aplikasi smartphone sudah berkembang menjajaki semua segi kehidupan manusia, termasuk pengelolaan keuangan.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi pengelola keuangan terbaik :

1.Money Lover

Hemat adalah tentang bagaimana kita mengeluarkan sesuatu dalam batas wajar atau tidak melebihi batas. Jika dalam konteks arus keuangan, hemat adalah bagaimana kamu bisa merencanakan anggaranmu sebaik mungkin agar tidak melampui batas yang sudah kamu tentukan.

Rencana anggaran bisa digunakan sebagai referensimu untuk perkiraan pasti tentang pemasukanmu dan pengeluaranmu pada waktu yang akan datang. 

Semisal kamu sudah memperkirakan rencana anggaran pengeluaranmu dalam satu bulan yaitu satu juta rupiah, itu sudah termasuk biaya pasti seperti sewa kos, cicil motor, dan bensin.

Pastinya kamu akan menyisihkan uang yang kamu miliki untuk anggaran pengeluaran tersebut. Jika dalam satu bulan pengeluaranmu melebihi batas rencana anggaranmu, maka kamu bisa melihatnya apakah memang pengeluaran lebih tersebut untuk hal yang memang genting atau malah untuk hal yang tidak berguna. 

Nah, hal tidak berguna itulah yang seharusnya bisa kamu hindari. Kadang ada kalanya kamu tidak sadar kalau ternyata kamu mengeluarkan uang untuk hal yang seharusnya bisa dihindari karena sesuatu yang bersifat impulsif, misal diskon atau promo cashback.

Maka dari itu, kamu butuh reminder untuk hal tersebut. Kalau kamu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu dan mengingatkanmu untuk selalu berhemat, Money Lover bisa melakukan hal tersebut. 

Fitur pengingat dalam aplikasi ini akan berjalan jika kamu sudah merencanakan anggaran kamu untuk yang akan datang dalam aplikasi ini.

Jadi jika kamu sudah mencapai batas pengeluaran yang sudah kamu atur sebelumnya, kamu akan mendapatkan notifikasi yang bisa mengingatkanmu agar kamu bisa menahan diri dari pengeluaran tidak terencana yang tidak seharusnya dikeluarkan.

Aplikasi ini juga bisa mengklasifikasikan pengeluaran dan pemasukanmu berdasarkan kategori yang sudah kamu tentukan sendiri. Kamu bisa melihat kategori apa yang memiliki pengeluaran paling besar. Dalam sub menu, kamu bisa melihat history catatan keuanganmu di periode waktu sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa menganalisis langsung pengeluaranmu sendiri. Aplikasi ini juga menyediakan analisa dalam bentuk trendline. Jadi, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana keuanganmu dalam tren grafik, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut pada aplikasi ini.

Nggak hanya soal pencatatan keuangan, kalau kamu membutuhkan pengelolaan tentang hutang piutang, Money Lover juga memiliki fitur tersebut di dalam aplikasinya.

Dimana kamu bisa mencatat semua hutangmu kepada orang lain atau sebaliknya. Semua fitur dalam Money Lover dikemas dalam bentuk user friendly atau istilahnya bisa digunakan untuk pemula sekalipun. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan berbagai mata uang, termasuk rupiah, lho.

2.Money Manager Expenses & Budget

Money Manager makes managing personal finances as easy as pie!” merupakan penggalan kalimat ketika kamu membuka detail aplikasi untuk aplikasi ini. Tidak tanggung-tanggung, mereka menawarkan kemudahan dalam mengelola keuangan yang memiliki tampilan dan menu yang dikemas secara user friendly.

Inti dari aplikasi ini tidak ribet dan memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap memiliki nilai fungsionalitas yang tinggi. Fitur berupa laporan keuangan, detail pengeluaran, detail analisa arus keuangan sampai dengan sinkronisasi pada komputer juga bisa kamu temui dalam aplikasi ini.

Dalam segi laporan keuangan, aplikasi ini memudahkanmu untuk melihat laporan maupun aktivitas keuangan dalam periode harian, mingguan, atau bulanan. Semua itu ada dalam satu tampilan menu.

Aplikasi ini juga menyediakan tampilan berupa kalender jika kalian ingin melihat secara langsung aktivitas harianmu selama satu bulan dalam satu tangkapan layar. Sesuatu yang sangat efisien, kan. 

Yang tidak kalah menarik, mereka juga memberikan fitur berupa upload foto. Jadi jika kamu ingin menyimpan foto seperti struk belanja atau foto belanjaan, kamu bisa upload di detail pengeluaran harian. Tidak hanya menambahkan foto, tapi kamu juga bisa menghapus dan menyimpannya melalui fitur bookmark jika kalian merasa pengeluaran seperti itu perlu di akses di kemudian hari.

Misalnya, pada suatu hari kamu membeli mobil dengan harga sekian ratus juta. Beberapa bulan berikutnya kamu ingin menjual kembali mobil tersebut dengan referensi harga kamu beli sebelumnya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur bookmark yang dapat mengarahkan kamu ke detail transaksi ketika kamu membeli mobil tersebut. Cukup menarik, bukan?

Berbeda dengan Money Lover yang menampilkan grafik trendline, aplikasi ini mempunyai cara tersendiri dalam memudahkan user untuk melihat grafik analisa. Money Manager menawarkan grafik analisa berupa diagram pie.

Nantinya Money Manager akan mengklasifikasikan grafik diagram tersebut menjadi diagram pie pemasukan dan pengeluaran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa melihat detail pengeluaranmu berdasar periode yang kamu inginkan, misal harian, mingguan ataupun bulanan.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Money Manager adalah sinkronisasi data antar perangkat, misalnya smartphone dengan PC atau tablet dengan laptop.

Fitur sinkronisasi bernama PC Manager ini memungkinkanmu untuk mengolah keuangan dengan aplikasi yang bisa diakses melalui komputer, tentunya dengan tingkat transaksi yang lebih detail lagi. Hanya saja, fitur ini termasuk fitur berbayar, bukan fitur untuk versi gratis. 

Bicara soal keamanan, Money Manager menawarkan fitur pemberian passcode agar pengelolaan keuanganmu bisa terhindar dari tangan-tangan jahil. Tidak lupa juga ada fitur backup dan export data yang bisa kamu simpan menjadi file excel. 

Jadi bagaimana? Apakah aplikasi ini sudah sesuai dengan seleramu? Kalau sesuai dengan seleramu, langsung download saja aplikasi Money Manager ini di Google Play. 

3.Finansialku

Setelah membahas aplikasi pencatatan keuangan yang dikembangkan oleh orang asing, saatnya kita beralih ke aplikasi dalam negeri. Aplikasi pengelolaan keuangan harian ini mempunyai banyak fitur bermanfaat untukmu selain pencatatan dan laporan transaksi harian.

Kamu juga bisa menyusun rencana anggaran bulanan, sehingga pengeluaran yang bersifat pasti di bulan-bulan berikutnya akan otomatis tercatat di dalam aplikasi. Hal ini bakal memudahkanmu untuk mengetahui berapa banyak yang harus disisihkan untuk bulan berikutnya. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Finansialku, kamu juga bisa menganalisis sisa pemasukan di tiap periode juga.

Selain bisa digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk jangka panjang. Misalnya, kamu mempunyai target untuk membeli satu unit apartemen dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

Melalui Finansialku, kamu bisa menyematkan target itu pada aplikasi ini lengkap beserta perkiraan target uang yang harus terkumpul, pencatatan tabungan yang kamu khususkan untuk rencana pembelian apartemen, hingga tampilnya hasil persentase tabunganmu untuk target tersebut. 

Aplikasi ini juga cukup edukatif lho. Kamu bakal menemukan artikel-artikel bermanfaat dengan topik seputar keuangan. Isi artikel juga mudah dipahami, kok.

Fitur lain yang bisa kamu temukan pada aplikasi ini adalah kamu bisa berkonsultasi langsung dengan ahli perencana keuangan profesional yang sudah bersertifikat khusus.

Sayangnya, untuk bisa menikmati fitur tersebut, kamu harus membayar biaya tambahan lagi. Berapa besaran biayanya? Untuk biaya yang ditetapkan nantinya tergantung dengan kompleksitas masalahmu. 

Oh iya, aplikasi finansialku juga punya focus group discussion sendiri loh dalam platform Telegram untuk semua pengguna aplikasi finansialku, jadi kalau kamu ada pertanyaan seputar aplikasi tersebut bisa kamu tanyakan di grup chat tersebut.

Bagi kamu yang tertarik dengan investasi, aplikasi Finansialku juga menawarkan fitur perhitungan dan pengelolaan investasimu dalam satu aplikasi. 

Bagaimana? Apakah kamu merasa tertarik dengan aplikasi ini? Aplikasi dapat diunduh melalui smartphone android di Google Play .

4.Catatan Keuangan

Jika kamu ingin aplikasi dengan tingkat yang lebih sederhana dan ringan, inilah jawabannya! Aplikasi Catatan Keuangan yang dibuat oleh SukronMoh ini merupakan aplikasi besutan anak bangsa yang menawarkan keringanan dalam hal usage storage dan tampilan yang sangat simple.

Meski simple, jangan judge book by its cover, ya. Memang tidak selengkap ketiga aplikasi yang telah diulas sebelumnya, sih. Meski demikian, aplikasi Catatan Keuangan ini memiliki tampilan sederhana, pemakaian yang sangat ringan, dan fitur-fitur pada aplikasi ini juga cukup worth untuk dicoba. 

Selain memiliki fitur kontrol pemasukan dan pengeluaran yang terbilang mudah dan bisa dikategorikan sendiri, kamu juga bisa menyusun anggaran dan laporan seperti tiga aplikasi sebelumnya.

Laporan yang kamu dapatkan cukup rinci dan bisa melihat data keuangan dari  bulan-bulan sebelumnya berdasarkan kategori. Contohnya, kamu ingin melihat laporan pengeluaran pada bulan tertentu dengan kategori makanan, maka laporan pengeluaran pada kategori makanan pada bulan yang kamu pilih bakal muncul semua.

Setelah itu, laporan tersebut bisa disimpan dalam bentuk excel untuk memudahkan kamu  jika nantinya ingin mengakses laporan keuangan tersebut lewat komputer. Nggak cukup sampai disitu, laporan pada aplikasi ini juga  dilengkapi dengan grafik trendline dan pie, lho.

Jangan lupakan juga fitur keamanan, aplikasi ini sudah memiliki fitur berupa backup dan load database dimana kamu akan merasa aman jika nanti terjadi kendala dalam aplikasinya.

Sungguh pilihan menarik bagi kamu yang membutuhkan aplikasi pengelolaan keuangan yang tidak membebani kinerja memori smartphonemu. Dan satu lagi, fitur yang ditawarkan pada semua aplikasi ini adalah gratis tidak ada fitur berbayar seperti aplikasi lain.

Akan tetapi resiko aplikasi yang seluruhnya gratis adalah pasti ada banner iklan yang ada dalam aplikasi tersebut, tapi hal ini nggak menyurutkan niatmu untuk memasangnya di smartphonemu, kan? 

5.Teman Bisnis

Tidak hanya aplikasi pengelolaan keuangan pribadi, bagi kamu yang mempunyai usaha atau bisnis tertentu dan sulit mengatur alur keuangan bisnismu, kamu bisa mencoba aplikasi ini.

Kamu pasti tahu kan kalau dalam berbisnis semuanya harus serba transparan. Jadi, apapun pemasukan atau pengeluaran  yang terjadi pada bisnis harus tercatat dengan jelas. 

Tujuan dari transparasi alur transaksi yang jelas ini bertujuan agar bisa kita tahu berapa omset bersih dari bisnis yang kita jalankan. Kalaupun bisnismu rugi, kamu perlu tahu secara spesifik pada sisi mana yang terlalu banyak mengeluarkan pengeluaran.

Maka dari itu, kamu butuh  aplikasi yang dapat membantumu untuk mencatat semua alur transaksi yang sudah kamu lakukan. Dan semua kebutuhan itu ada dalam aplikasi bernama Teman Bisnis.

Teman Bisnis menyediakan fitur dimana kamu bisa mengatur dengan rapi semua stok produkmu. Tidak hanya jumlah stok, kamu juga bisa memberi harga untuk tiap stok itu agar nantinya bisa terhubung dengan alur keuangan bisnismu.

Apabila nantinya ada produkmu yang terjual, maka pemasukanmu akan otomatis bertambah dan jumlah stokmu akan otomatis berkurang di dalam aplikasi.

Jika kamu dapat mengatur stok dengan baik, maka kamu dapat mengatur bisnimu dengan baik pula karena bisa meminimalisir overspend pada stok barang tertentu.

Teman Bisnis juga membuat kita bisa memantau laba atau rugi usaha kita dalam analisis harian. Seperti aplikasi pencatat keuangan pribadi lainnya, kamu juga bisa mengkategorikan sendiri pemasukan atau pengeluaranmu.

Contohnya, kamu bisa mengelompokkan pengeluaranmu menjadi pengeluaran iklan, pembelian bahan baku, gaji karyawan, atau pengeluaran lainnya.

Aplikasi Teman Bisnis juga mempunyai fitur terkait dengan utang piutang, seperti persentase grafik dimana kamu bisa tahu apakah partner bisnismu sudah melunasi hutangnya atau masih ada sisa berapa persen, lengkap dengan jatuh temponya.

Untuk fitur laporan keuangannya juga tersedia secara lengkap dalam fitur Arus Kas. Kamu bisa memilih ingin melihat laporan harian atau bulanan. Setelah itu Arus Kas akan menampilkan grafik trendline untuk  memantau naik turunnya omsetmu dalam satu periode tertentu. Setelah kamu mengatur laporan arus kas bisnis yang kamu inginkan, kamu bisa mengunduhnya dalam format Excel dan PDF.

Fitur lain yang menarik yaitu adanya menu khusus yang berisi artikel-artikel bermanfaat tentang bisnis dan keuangan, sehingga kamu juga bisa sekaligus upgrade pengetahuan.

Satu lagi, Teman Bisnis juga menjamin tidak adanya adware atau iklan yang biasanya terdapat dalam aplikasi gratis yang lain. Bagaimana, menarik bukan?

Kelima aplikasi diatas nampaknya sudah memenuhi beberapa aspek, mulai dari fungsi, kelengkapan fitur, hingga tampilan user interface yang user friendly. Nah, selanjutnya tinggal menentukan aplikasi mana yang paling nyaman kamu gunakan.

Apakah kamu sudah mempunyai referensi aplikasi mana yang akan kamu coba pertama kali? Sekian dulu pembahasan artikel kali ini, pastinya sangat bermanfaat kan untuk segala kebutuhan pengelolaan keuanganmu, baik itu aplikasi pengelolaan pribadi sampai pengelolaan bisnis pribadimu. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Categories