Aplikasi

8 Aplikasi Mencari Jodoh, Apakah Baik Mencari Jodoh Online?

Bagi mereka yang sedang single dan ingin mencari pasangan hidup, terdapat banyak alternatif untuk mewujudkan aspirasi tersebut.

Sering kali kita dikenalkan, dijodohkan, bertemu dengan kolega kerja, hingga reuni kembali bersama teman bangku sekolah dan kuliah, jika semua pilihan diatas sudah pernah dilalui seorang individu dan ia masih belum bertemu dengan yang sesuai atau cocok, maka kali ini kami akan memperkenalkan Aplikasi online untuk mencari jodoh.

Apa itu Aplikasi Mencari Jodoh?

Dating app download growth slumps to 5.3% in 2019

Aplikasi pencari jodoh online berbasis teknologi, ia adalah sistem yang memungkinkan individu untuk mencari dan memperkenalkan diri mereka sendiri kepada koneksi personal baru melalui internet, tujuan utamanya tentu untuk membangun hubungan pribadi, romantik, hingga berkeluarga.

Diunduh ke ponsel, mereka menampilkan algoritma berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin pengguna dan mitra yang diinginkan, dan jarak yang ditempuh pengguna untuk bertemu satu sama lain.

Banyak aplikasi pencari jodoh mengakses atau mengambil informasi dari platform media sosial seperti Facebook untuk memperdalam studi terhadap sebuah individu agar bisa mencarikan pasangan yang prospektif.

Aplikasi pencari jodoh seperti ini bergantung dengan Wi-Fi atau data dan menggunakan informasi geo-sosial real-time untuk memperbarui profil pengguna, yang membuatnya berbeda dari situs kencan online yang lebih tradisional yang menyirkulasi ulang input informasi asli ke dalam profil pengguna untuk menghasilkan kecocokan.

Aplikasi-aplikasi ini membuat pengalaman kencan menjadi mobile dan selalu berubah.

Daftar Aplikasi Pencari Jodoh

Setelah mempelajari seluk beluk dari dunia aplikasi mencari jodoh, berikut kami berikan daftar aplikasi kencan online yang bisa Anda unduh dengan gratis.

  1. Tinder

Aplikasi kencan online yang satu ini memang cukup populer di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri ia juga sudah mendapatkan nama dan digunakan oleh anak muda untuk mencari pasangan hidup. Fitur yang ditawarkan oleh Tinder sangat banyak.

Fitur utama yang membedakan Tinder dengan aplikasi pencari jodoh lainnya merupakan fitur Match. Dengan Match, Anda akan diberi rekomendasi jodoh berdasarkan ketertarikan Anda.

Peruntungan setiap pengguna adalah berbeda, bisa jadi Anda merupakan salah satu dari banyak user lain yang akan menemukan jodoh Anda sesuai kriteria dan preferensi masing-masing.

 

  1. Tantan

Tantan cukup terkenal dikalangan para remaja, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga bisa menggunakannya. Disini dikatakan sudah banyak yang bertemu sahabat chatting hingga hubungan pasangan yang lebih serius.

Sistem pertemanan mereka juga mudah, Anda hanya perlu match dengan orang pilihan Anda. Jika sudah match, Anda dapat melanjutkan perkenalan lebih lanjut dengan chatting-an. Namun jika Anda tidak match dengan orang yang sudah dipilih, maka obrolan tidak bisa dilakukan sama sekali.

Tantan mempunyai fitur menarik dengan nama Break the Ice. Pada fitur ini, mereka akan memberikan 10 pertanyaan kepada Anda dan kepada pasangan match Anda. kemudian kalian bisa saling mengenal lebih dalam melalui jawaban dari 10 pertanyaan tersebut.

 

  1. Lovely

Aplikasi cari jodoh online gratis, Lovely siap membantu siapapun untuk menemukan pasangan sejati mereka. Pengguna aplikasi PINK diberikan kebebasan untuk memilih pasangan yang sekiranya cocok untuk Anda. Lovely mempunyai fitur khusus yang bisa membuat user anynomous.

Aplikasi bebas biaya ini menjauhkan Anda dari kerepotan melakukan pembayaran, segera temukan jodoh secara online.

 

  1. OkCupid

Mulai berkencan melalui aplikasi online, kenapa tidak? Sebelum dapat benar-benar menggunakan aplikasi ini, Anda nantinya akan diminta menjawab beberapa pertanyaan, seperti pandangan hidup, etika hubungan dan opini pribadi. Kemudian tambahkan foto Anda agar bisa dilihat oleh calon pasangan Anda.

OkCupid mempunyai fitur pengirim pesan, jadi Anda bisa terkoneksi dengan seseorang yang baru hanya dengan sekejap saja. OkCupid bisa didownload gratis di Google Play Store, namun perangkat Android Anda harus menggunakan OS Android 4.0 keatas. Untuk Anda yang ingin mendownload OkCupid di iPhone, iPad, atau iPod, pastikan perangkat Anda sudah menggunakan iOS 7.1 keatas.

 

  1. Happn

Aplikasi pencari jodoh yang ini menjamin keamanan para penggunanya dengan maksimal. Pada aplikasi mereka, Happn mirip dengan media sosial yang mempunyai timeline dan bisa memuat berbagai konten. Nanti Anda juga bisa mencari pasangan berdasarkan usia.

  1. eHarmony

Aplikasi ini mempunyai klaim tinggi yang menyatakan mereka sudah membantu 1 juta orang untuk menikah. Ini adalah salah satu situs dan aplikasi pencarian jodoh yang cukup terkenal dan terpercaya sehingga Anda bisa saja menemukan pasangan yang Anda inginkan.

Pada awal mendaftar, Anda akan mengisi angket dan profil pribadi. Setelah mengunggah foto, Anda akan menerima calon kandidat pasangan secara harian. Jika Anda merasa cocok dengan seseorang, maka pesan bisa dikirimkan untuk mengenal mereka lebih lanjut.

Aplikasi ini tergolong aman jadi jangan khawatir tentang mencari jodoh online jika mengandalkan eHarmony. Namun pastikan Anda berusia diatas 18 tahun agar bisa mengakses situs ini dan mengunduhnya secara gratis via Google Play Store dan App Store.

 

  1. Jaumo

Jaumo memungkinkan siapa saja untuk menemukan pasangan hidup berdasarkan kriteria yang mereka inginkan.

Disini, pencarian jodoh terbaik akan dilakukan dengan chatting. Setelah sudah sering chatting, maka Anda bisa memulai flirting. Jika Anda merasa nyaman dengan lawan bicara Anda, maka bisa mengatur jadwal untuk bertemu di dunia riil.

 

  1. MICO Chat

Sekilas, aplikasi ini terlihat serupa dengan Tinder, Anda bisa memilih orang yang ingin Anda ajak Chat. Sebelum memulai percakapan, Anda harus match dengan orang tersebut. Ini berarti, Anda harus memilih dia, dan ia juga harus memilih Anda (mutual). Jika sudah match, barulah Anda bisa chat dengan dia.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur menarik yakni play together. Disini, Anda bisa bermain Bersama dengan pengguna MICO Chat lainnya. Jadi, bertemu dengan orang baru sangat mudah disini. Kemudian, siapapun bisa melakukan live streaming pada MICO Chat ini.

Generasi Berbeda dan Pandangan Mereka terhadap Aplikasi Pencari Jodoh

Swipe Your Heart Away: Dating in the Digital Age — The Lexington Line

Perusahaan servis pencari jodoh online mempunyai visi untuk menjadi wadah yang mempertemukan seorang individu dengan individu lainnya. Namun kata ‘bertemu’ membawa interpretasi yang berbeda untuk berbagai demografik.

Dilansir dari situs surveymonkey, lebih dari setengah remaja (18-24 tahun) melihat situs maupun aplikasi pencari jodoh sebagai platform kasual (tidak serius) untuk berhubungan pribadi. Sedangkan mereka yang sudah berumur lebih mungkin melihatnya sebagai tujuan untuk membantu mengembangkan hubungan pendek atau panjang.

Perspektif yang berbeda ini merefleksikan popularitas dari platform servis pencari jodoh yang biasa dipilih masing-masing penggunanya:

  • 75% remaja muda (berusia 18-24 tahun) menggunakan Tinder, sebuah aplikasi yang dikenal untuk berhubungan intim (masih dikutip dari situs surveymonkey) Bumble, aplikasi kencan yang memberi perempuan satu-satunya kekuatan untuk memulai percakapan dahulu, berada di urutan kedua (31%).
  • Orang dewasa berusia antara 25-34 tahun mulai beralih ke Match.com (36%) – situs kencan terkenal untuk menciptakan hubungan jangka panjang yang serius.
  • 58% orang dewasa yang lebih tua dan berumur (45-54 tahun) merangkul Match.com, dari dua kali lipat persen lebih daripada mereka yang menggunakan Tinder.

Situs kencan tergolong populer untuk kalangan spesifik dan mereka yang mempunyai tujuan tertentu. Tetapi apakah itu berarti semua orang menyukai mereka?

Kebanyakan Orang Cenderung Tidak Suka Servis Online Mencari Jodoh

Why swipe dating is a complete illusion - PattiKnows | Patti Stanger

Menurut sebuah sumber, Kurang lebih sekitar 56 persen orang dewasa melihat aplikasi servis pencari jodoh dengan citra yang sangat buruk, ketidak-beruntungan penggunanya bertahan di seluruh kelompok umur dan jenis kelamin.

Misalnya, 59% wanita dan 55% pria memiliki pendapat yang agak atau sangat negatif tentang situs dan aplikasi kencan. Tidak mudah untuk mendiagnosis akar penyebab sentimen seperti ini. Tapi di sini ada dua penjelasan yang mungkin:

  1. Risiko Berbahaya

Risiko yang melekat ketika Anda mencari pasangan secara online. Kemampuan untuk mengevaluasi karakter secara online adalah sulit.

Anda jadi melewatkan hal-hal seperti bahasa tubuh, nada suara, dan kualitas lain yang dapat membantu membimbing naluri serta intuisi Anda untuk melindungi diri sendiri. Tidak semua layanan kencan menyaring pelanggar seks, dan penipu yang menggunakannya untuk mencuri ratusan juta dolar setahun.

Bahkan ketika orang di ujung sana juga tertarik untuk berkencan, mereka dapat dengan mudah salah-menggambarkan (membual) tentang diri mereka sendiri.

Sebuah survei yang dilakukan oleh pembuat perangkat lunak keamanan Symantec menemukan bahwa berbohong tentang segala hal mulai dari usia, tinggi, status hubungan, dan pendapatan adalah hal yang sangat umum (ini jelas tidak benar dan berbahaya).

  1. Pelanggaran Privasi dan Informasi Pribadi

Ketidak-percayaan dalam perlindungan informasi pribadi Anda. Survei kami hanya menemukan 6% orang yang sangat atau sangat yakin bahwa layanan ini melakukan apa saja untuk melindungi informasi pelanggan mereka.

Ini menghasilkan hanya 5% dari orang yang merasa sangat atau sangat nyaman dalam memberikan informasi pribadi mereka. Dengan peristiwa seperti skandal data di sebuah situs SNS atau marketplace yang terkenal, pesimisme seputar penggunaan informasi pribadi di antara bisnis kencan online akan meningkat.

Mereka yang Sudah Pernah Menggunakan Servis Online Dating Cenderung Menyukainya

10 Best Lesbian Dating Apps of 2020 That You'll Actually Love ...

Sisi positif lain adalah, mereka yang sudah pernah menggunakan servis aplikasi maupun situs online dating pada tahap tertentu, melihat bisnis ini dengan cara yang lebih menguntungkan — terutama jika memungkinkan mereka untuk bertemu dengan pasangan.

  • 58% menilai mereka sebagai agak atau sangat positif (78% untuk orang yang telah bertemu pasangannya secara online)
  • 48% setidaknya agak yakin bahwa mereka melakukan segala yang mereka bisa untuk melindungi informasi pelanggan mereka (58% untuk orang-orang yang telah bertemu pasangan mereka secara online)
  • 50% setidaknya agak nyaman memberikan informasi pribadi mereka kepada mereka (58% untuk orang yang telah bertemu pasangannya secara online)

Karena situs dan aplikasi kencan terus memperoleh pengguna baru, mereka mungkin dapat meningkatkan reputasi mereka dari waktu ke waktu. 

Tips Keamanan Menggunakan Aplikasi Mencari Jodoh

Salah satu tantangan terbesar dengan aplikasi mencari jodoh (atau komunitas online apapun) adalah mengenai keamanan dan privasi.

Servis aplikasi mencari jodoh berupaya untuk memonitor aktifitas mencurigakan dan akan menghapus akun pengguna jika ditemukan bersalah, digunakan untuk penipuan atau hal berbahaya, namun mereka tidak dapat menangkap semua orang, meskipun poin terpenting adalah keamanan saat menggunakan aplikasi pencari jodoh.

Beberapa saran umum diberikan oleh semua layanan kencan online tentang keamanan. Kiat-kiat ini adalah sebagai berikut:

  • Jangan gunakan nama asli Anda di profil
  • Jangan pernah mengirim uang atau hadiah
  • Atur pertemuan apa pun di tempat umum yang ramai
  • Sebisa mungkin tidak dijemput, ini berarti Anda berangkat dan pulang sendiri dari tempat kesepakatan bertemu

Sementara keselamatan dan keamanan menjadi perhatian, gunakan akal sehat yang sama yang akan Anda gunakan ketika sedang berurusan dengan orang-orang dalam situasi apa pun dan jangan biarkan hal itu menjadi penghalang untuk bertemu orang lain.

Sudah menjadi lebih umum bagi orang untuk menggunakan alat online untuk memeriksa hubungan lama juga, sehingga semua situs online memiliki cara untuk memblokir pengguna tertentu, fitur ini memang mirip dengan situs sosial media.

 

Aplikasi Mencari Jodoh dengan Citra Tidak Manusiawi

Dilansir dari situs verywellmind, Asosiasi Psychological Science mengatakan bahwa sudah banyak orang yang memperlakukan kencan online seperti sedang ‘berbelanja’. Mereka swipe dari foto ke foto untuk melihat pasangan dan seringkali menolak seseorang lebih cepat daripada seharusnya jika mereka pertama kali bertemu orang itu secara langsung (fisik). Akibatnya, para peneliti memperingatkan bahwa kencan online dapat membuat Anda menjadi terlalu pemilih dan menghakimi.

Secara Statistik, Hubungan Online tidak Bertahan Lama

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University, hubungan yang dimulai secara online hampir 30% lebih mungkin rusak daripada hubungan yang dimulai melalui teman bersama atau di mana pasangan bertemu tatap muka terlebih dahulu. Dan untuk pasangan yang bertemu online dan kemudian menikah, peluang hubungan itu semakin suram, dengan pasangan online tiga kali lebih mungkin bercerai.

Beberapa Orang Benar-Benar Menemukan Cinta via Online

Online Dating Vector Illustration - Download Free Vectors, Clipart ...

Menurut Laporan Industri Kencan Online Statistic Brain, 20% hubungan berkomitmen dimulai secara online. Terlebih lagi, mereka mengatakan bahwa 17% pasangan yang menikah pada tahun lalu bertemu di situs web kencan.

Sementara itu, Pew Research Center melaporkan bahwa dua pertiga dari data online telah keluar dengan seseorang yang cocok dengan mereka. Tetapi, mereka juga menemukan bahwa sepertiga orang yang telah menggunakan kencan online tidak pernah benar-benar pergi berkencan. Jadi, peluang bertemu seseorang online meningkat.

Memilih Aplikasi Terbaik untuk Anda

 Saat sedang memilih aplikasi kencan online terbaik untuk Anda, membaca ulasan dan membandingkan aplikasi bisa membingungkan, terutama ketika fitur dan opsi tidak hanya sangat bervariasi tetapi juga terus berubah dan berkembang seiring developer mengubah dan meningkatkan aplikasi.

Dan dengan lebih dari 7.500 aplikasi kencan di seluruh dunia, pasti ada banyak pilihan. Tapi, itu tidak harus berlebihan. Ikuti beberapa langkah sederhana ini untuk membantu Anda menemukan aplikasi terbaik untuk Anda.

Lihat Fitur Pelaporan dan Pemblokiran

Mari kita hadapi suatu fakta, dalam dunia kencan online, Anda akan bertemu beberapa orang aneh di sepanjang jalan – orang-orang yang menakutkan Anda atau memang beracun. Ketika ini terjadi, Anda ingin dapat melaporkan perilaku mereka serta memblokir mereka dari menghubungi Anda.

Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui sebelum memasuki dunia aplikasi pencari jodoh tentang bagaimana aplikasi menyediakan fitur-fitur ini. Dan, jika karena alasan tertentu, tidak ada fitur pelaporan atau pemblokiran, maka beralihlah ke aplikasi berikutnya.

Terima Semua Risiko atau Manfaat

Set of dating people. men and women holding teddy bear | Free Vector

Sebenarnya pada akhirnya, mencari jodoh online menyerupai berpacaran seperti di dunia nyata. Terkadang tidak selalu berjalan sesuai rencana dan kehendak penggunanya, ini juga seperti kencan offline, karena kita juga bisa bertemu dengan kekecewaan.

Ketika semua berakhir tidak seperti yang Anda inginkan dan rencanakan, ini manusiawi dan bisa saja terjadi, namun ini berarti juga bisa sebaliknya, tidak ada yang pernah tahu karena jalan setiap orang adalah berbeda dan unik.

Secara keseluruhan, dilansir dari situs kaspersky, 55 persen pengguna aplikasi mencari jodoh online pernah mengalami berbagai ancaman – bervariasi dari insiden keamanan IT yang membuat pengguna bertemu dengan orang yang salah (tidak seperti yang pernah mereka klaim) atau ditolak oleh pasangan potensial mereka.

Intisari

Dilansir dari situs Kaspersky, jika Anda memang ingin menggunakan aplikasi pencari jodoh, maka bawa diri Anda dengan bijaksana dan aman. Jaman ini, kebanyakan masyarakat sangat sibuk, mereka kekurangan waktu dan kebanyakan dari kita mengandalkan perangkat digital untuk membantu mengatur jadwal atas kehidupan yang sibuk, juga untuk berinteraksi dengan orang lain. Perangkat digital bertindak sebagai jendela ke dunia luar, termasuk hubungan.

Ini lebih menjadi masalah karena menyangkut kencan online. Bentuk hubungan baru yang mencolok ini sepenuhnya tergantung pada platform digital atau perangkat pintar kita. Orang-orang, karena kencan online, benar-benar membawa kencan mereka Bersama mereka di saku mereka.

Meskipun ini dilengkapi dengan sejumlah besar kenyamanan, ia juga dilengkapi dengan risiko sendiri. Seperti dalam segala bentuk kencan, bertemu dengan orang asing tidak selalu jelas dan ini juga kekurangan kencan online. Kencan online, tentu saja, membutuhkan pertukaran tingkat informasi tertentu yang, jika ditempatkan di tangan yang salah, dapat disalah-gunakan.

Tidak perlu dikatakan, penelitian kami telah menemukan bahwa orang-orang yang mengambil bagian dalam kencan online, cenderung berbagi informasi sensitif dengan orang-orang yang mereka tidak kenal, atau baru saja bertemu.

Terlebih lagi, mereka membagikan data ini dengan cepat. Mereka juga berisiko tinggi mengalami masalah terkait keamanan IT seperti data mereka bocor atau terekspos dalam beberapa cara.

Namun, mereka tidak berbuat banyak untuk melindungi diri mereka sendiri, dengan hanya satu-di-tiga menempatkan langkah-langkah keamanan dasar di tempat seperti menggunakan kata sandi yang kuat atau menahan diri untuk berbagi informasi terbatas tentang diri mereka secara online.

Batas antara kencan online dan dunia nyata dapat dengan mudah dikaburkan. Informasi tentang alamat rumah, setelah dibagikan, dapat dengan cepat mengakibatkan orang asing muncul di depan pintu, informasi pribadi dan foto sensitif dapat dengan mudah berubah menjadi peluang pemerasan atau menempatkan akun yang diretas di tangan para penjahat cyber.

Jauh dari menyarankan orang untuk mengurangi aktivitas kencan online mereka, kami hanya ingin menyarankan daters online untuk berhati-hati, sama seperti mereka di dunia fisik.

Jika Anda memilih untuk berkencan online, berhati-hatilah untuk tidak mengklik tautan yang tidak dikenal yang bisa berbahaya, dan mencoba untuk menghindari menggunakan hotspot Wi-Fi yang tidak aman di mana data dapat disadap oleh penjahat cyber.

Selain itu, gunakan perlindungan dalam bentuk solusi keamanan dan kata sandi yang kuat dan sulit ditebak, memahami berapa banyak data yang Anda berikan dan, yang terpenting, menjaga data yang paling Anda sukai. Di situlah Kaspersky Lab dapat membantu.

Komentar

Usai sudah pembahasan kami mengenai aplikasi pencari jodoh online. Seperti biasa, semoga bermanfaat dan salam hangat dari kami. Semoga Anda bisa mendapatkan jodoh yang sesuai dan hidup yang bahagia.

Categories