Aplikasi

13 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android 2020

Ketika sedang tersambung ke jaringan internet menggunakan handphone, terkadang suka terjadi kendala pada sinyal jaringan operator.

Hal ini bisa jadi karena memang penyebaran sinyal yang masih kurang merata, sehingga di beberapa tempat, handphone kita sulit untuk mendapatkan sinyal jaringan, sehingga kegiatan kita menjadi terganggu.

Lemahnya sinyal jaringan membuat kita sulit untuk berkomunikasi, terutama jika bidang pekerjaan kita yang banyak turun di lapangan.

Bayangkan jika kita sedang membutuhkan respon yang cepat atau menunggu kabar dari klien, tetapi handphone kita tidak mendapatkan sinyal jaringan. Bukan tidak mungkin kesempatan emas yang tadinya bisa kita raih malah menjadi terlewatkan. 

Beruntungnya dengan kemajuan teknologi sekarang, banyak aplikasi yang tersedia di App Store dan Play Store untuk membantu memperkuat penerimaan sinyal jaringan di handphone kita.

Aplikasi ini tidak terpaku pada satu jaringan operator saja, sehingga aplikasi ini bisa digunakan oleh pelanggan operator jaringan seluler manapun.

Beberapa aplikasi juga bahkan mendukung untuk dapat memperkuat sinyal dari jaringan wifi, karena meskipun jaringan wifi lebih stabil dibandingkan jaringan data seluler, ada beberapa titik yang sulit dijangkau oleh sinyal entah karena jarak yang terlalu jauh atau terhalang tembok atau bangunan lainnya. 

1.Connection Stabilizer Booster – Android

Apabila anda kesulitan mendapatkan sinyal jaringan pada handphone anda, coba gunakan aplikasi Connection Stabilizer Booster ini.

Dengan banyak fitur yang tersedia, aplikasi ini membantu anda untuk mendapatkan konektivitas internet yang stabil dan konsisten.

Fitur ‘Active Keep Alive’ dalam aplikasi ini membantu untuk menjaga kestabilan jaringan anda termasuk aliran lalu lintas jaringan antara perangkat dengan penyedia jaringan internet anda. 

Aplikasi ini juga mengoptimalkan parameter TCP/IP jika dibutuhkan, sehingga memprioritaskan perangkat anda untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Jika perangkat anda sering kehilangan sinyal sehingga anda tidak mendapatkan pesan dan email penting sampai mengulang koneksi internet, aplikasi ini memiliki fitur ‘Active Reconnect’ yang menyambungkan jaringan internet anda secara otomatis, sehingga anda akan mendapatkan berita dan email terbaru tanpa hambatan. 

2.Network Signal Refresher Network Booster – Android

Sebagai sebuah aplikasi penguat sinyal, Network Signal Refresher – Network Booster ini memiliki fitur yang unggul dipadukan dengan tampilan yang mudah digunakan.

App ini meningkatkan sinyal yang ditangkap oleh handphone kita dan tetap menyambungkannya dengan sinyal yang paling optimal. Hal ini menolong kita sebagai pengguna untuk tetap terkoneksi dengan data seluler kita dan memperlancar kegiatan yang sedang dilakukan. 

Dengan menggunakan Network Signal Refresher – Network Booster ini, anda dapat mengatur kapan waktu penyambungan jaringan perlu dilakukan dengan ‘Automatic Signal Reset’ dan ‘Smart Reset’ yang menyambungkan bila jaringan atau sinyal terganggu atau ‘Automatic Reset’ yang menyambungkan ulang secara otomatis setiap 24 jam. 

3.Internet Booster & Optimizer – Android

Aplikasi yang dikembangkan oleh BoostingTools ini membantu handphone anda untuk memprioritaskan browser anda dalam sistem Android dengan pengoptimalan sistem dalam handphone anda.

Optimasi ini yang memaksimalkan jaringan seluler yang disediakan oleh penyedia jaringan internet anda. 

Meskipun pengoptimalan sistem ini bisa dilakukan secara manual, aplikasi Internet Booster & Optimizer ini mempermudah anda dalam proses pengaturannya.

Optimasi jaringan dilakukan dengan cara membersihkan memori RAM, cache handphone, dan Flush DNS.. Aplikasi ini berfungsi pada jaringan yang tersambung di handphone anda, baik data seluler ataupun jaringan wifi. 

4.Signal Guard Pro – Android

Signal Guard Pro memiliki fungsi untuk memonitor kualitas sinyal dan kondisi operasional dari handphone anda.

Hal ini berguna karena  terkadang handphone kita suka kehilangan sinyal secara mendadak ketika kita masuk dalam suatu area, dengan menggunakan aplikasi ini kita diberikan notifikasi baik dengan suara, mode getar, atau lampu led ketika terjadi kelainan atau gangguan dalam jaringan.

Kemudian secara otomatis mengembalikan sinyal jaringan dalam enam detik. 

Dengan menggunakan apps ini, anda dapat menentukan jaringan 2G, 3G, atau 4G mana yang tersambung dengan perangkat.

Selain itu aplikasi ini secara otomatis akan berpindah pada menara sinyal terdekat, untuk memastikan koneksi tetap optimal dan terjaga.

Selain jaringan data seluler, koneksi melalui WiFi juga dapat dioptimalkan dengan melihat channel frekuensi yang paling optimal untuk disambungkan.

Fitur ‘Power Saving’ juga memastikan agar kinerja baterai dalam handphone anda tetap terjaga.

5.4G LTE Signal Booster Network – Android

Aplikasi ini membantu optimasi kualitas sinyal jaringan pada handphone anda, dengan mengatur manajemen penggunaan sinyal yang dimonitor dengan melakukan ping ke server.

Ping pada server yang dilakukan oleh aplikasi ini bukan bertujuan untuk mempercepat koneksi download anda, melainkan membantu untuk memonitor dan menstabilkan koneksi internet.

Aplikasi 4G LTE Signal Booster Network ini cocok digunakan untuk anda yang suka bermain game atau bagi anda yang memiliki pekerjaan dengan kebutuhan koneksi internet sepanjang hari.

6.WiFi Connect Easy Internet Connection Everywhere – Android

Dengan menggunakan aplikasi ini handphone anda akan tersambung secara otomatis dengan jaringan WiFi yang tersedia.

Aplikasi ini juga membantu anda untuk mengisi data yang dibutuhkan secara otomatis dalam jaringan WiFi yang tersedia.

Fitur ini membantu jika anda sering menghubungkan perangkat dengan jaringan WiFi yang membutuhkan penggunanya untuk memasukkan id dan password. 

Pengguna aplikasi ini bisa  mengatur tampilan nama dari perangkat kita dalam koneksi yang sedang tersambung.

Selain itu aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk menganalisa DNS, Overlapping, dan Latency dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga bisa melihat seberapa kuat jaringan wifi yang tersedia agar anda bisa memilih jaringan mana yang memiliki sinyal paling kuat. 

7.Speedtest & Video Coverage Maps – Android

Aplikasi besutan dari OpenSignal ini dapat digunakan secara gratis dengan berbagai fitur yang dapat mengukur secara akurat tentang koneksi data seluler anda.

Kegiatan yang dapat diukur mulai dari kecepatan jaringan (download, upload) dengan data seluler atau WiFi, rincian speedtest yang dilakukan berupa daftar atau peta, statistik ketersediaan jaringan (durasi tersambungnya dalam jaringan 2G, 3G, 4G), statistik kecepatan semua jaringan, dan peta ketersediaan data yang dikumpulkan dari data para pengguna. 

Fitur  – fitur yang tersedia dapat membantu anda untuk dapat pengalaman yang lebih baik ketika tersambung dengan koneksi internet.

Dengan mengetahui kecepatan dan stabilitas jaringan yang tersedia pada beberapa tempat, anda dapat menyusun jadwal dengan mudah jika anda butuh menggunakan koneksi untuk kebutuhan pekerjaan.

Statistik ketersediaan jaringan juga dapat membantu anda untuk mengetahui bagaimana performa penyedia layanan internet anda, karena fitur ini memperlihatkan seberapa panjang durasi jaringan yang tersambung dalam 2G, 3G, dan 4G, sehingga bisa membantu anda untuk mengevaluasi performa jaringan apakah sudah sesuai dengan biaya yang sudah anda keluarkan

8.WiFI Overview 360 – Android

WiFi Overview 360 ini bagaikan sebuah aplikasi swiss army knife untuk jaringan WiFi.

Fitur dalam aplikasi ini sangat beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya sehingga menyerupai pisau lipat yang bisa digunakan pada berbagai situasi dan keadaan.

Selain menunjukan jaringan WiFi yang tersedia dan mengoptimalkan jaringan yang tersambung, app ini juga memperlihatkan informasi jaringan secara lengkap mulai nama jaringan WiFi(SSID), kekuatan sinyal, jumlah channel, status enkripsi, dan lain sebagainya. 

Pengguna aplikasi ini juga dapat melihat jaringan WiFi yang tersedia dan jumlah perangkat yang tersambung di dalamnya.

Karena kecepatan internet pada handphone yang kita gunakan terpengaruh oleh seberapa banyak jumlah perangkat yang tersambung dalam sebuah jaringan, fitur ‘Channel Checker’ dan ‘Channel Radar’ akan membantu anda untuk melihat jaringan mana yang memiliki sambungan paling sedikit hingga bisa menjadikan sambungan internet kita menjadi lebih optimal. 

Meskipun dalam versi gratis aplikasi ini sudah memiliki banyak fitur, dengan menggunakan versi pro dari aplikasi ini, anda akan mendapatkan akses untuk lebih banyak fitur seperti, mengubah prioritas WiFi secara manual, widget berukuran 1×1 dan 4×1 untuk di layar handphone anda, dan fitur ‘WiFi Detector’ untuk memberitahukan anda mengenai ketersediaan jaringan WiFi dengan koneksi terbaik.

9.SuperWifi Signal Booster Speed Test & Manager – Android

SuperWiFi merupakan sebuah aplikasi yang membantu anda untuk menunjang jaringan internet dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menganalisa jaringan WiFi yang sedang tersambung.

Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk memblokir perangkat yang tidak diinginkan ketika akan tersambung dengan jaringan WiFi anda. 

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini adalah ‘Who Use My WiFi’ untuk mengetahui siapa saja yang tersambung dalam jaringan internet milik anda dengan melihat IP, MAC, dan daftar vendor.

‘Internet Speed Test’, ‘WiFi Analyzer’, dan ‘WiFi Signal Strength Meter’ membantu anda untuk melihat kecepatan jaringan internet dan kondisi sinyal jaringan WiFi yang tersedia.

Dengan fitur ‘Router Settings’ dan ‘Router Password’ yang berguna untuk melakukan pengaturan router dan password melalui aplikasi ini. 

10.WiFi Analyzer – Android

Tidak terpaku jaringan WiFi publik ataupun WiFi di rumah, WiFi Analyzer bisa meningkatkan performa sambungan WiFi anda.

Ketika tersambung dengan koneksi WiFi di rumah, aplikasi ini dapat digunakan untuk mencari channel mana yang paling optimal untuk menghindari terjadinya tumpang tindih jaringan dengan koneksi lainnya sehingga dapat memberikan sinyal yang lebih baik. 

Ketika anda terhubung dengan jaringan koneksi publik yang memiliki beberapa pilihan koneksi WiFi, anda dapat melakukan evaluasi terhadap jaringan mana yang paling optimal.

‘WiFi Analyzer’ memungkinkan anda untuk melihat bagaimana kekuatan sinyal WiFi dalam bentuk grafik sehingga pengguna dapat memilih jaringan dengan koneksi yang paling optimal. 

11.WiFi Doctor – Android

WiFi Doctor merupakan sebuah aplikasi gratis yang dapat didownload dari Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat dengan mudah melakukan analisa dan mengatur koneksi WiFi yang tersambung pada handphone anda.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah, karena tim dari Esso Apps sebagai developer merancang aplikasi ini untuk dapat dioperasikan dengan cukup menekan satu tombol saja.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti ‘Network Scanner’, ‘Traffic Monitor’, ‘WiFi Optimizer’, dan ‘Widget’ yang dapat diakses tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu.

WiFi Doctor juga memperlihatkan informasi lengkap dari koneksi seperti IP, MAC, Signal, Link Speed, Device Vendor, Real IP, ISP, dan DNS.

12.WiFi Master – Android, iOS

Pengguna aplikasi ini dapat dengan mudah tersambung dalam koneksi WiFi Hotspot dengan satu kali klik, dengan cepat dan aman.

Aplikasi ini membantu anda menghemat data dengan cara menyambungkan handphone anda dengan WiFi Hotspot gratis yang tersedia.

WiFi Master juga mementingkan keamanan anda dengan tetap mengenkripsi data anda sehingga melindungi privasi, termasuk password yang ada di dalam handphone anda. 

Aplikasi ini sudah memiliki komunitas pengguna yang besar, dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, Linksure Network selaku developer aplikasi ini berusaha untuk membangun sebuah platform terpercaya bagi semua orang untuk menikmati internet.

WiFi Master dapat diakses dalam 19 bahasa pada lebih dari 200 negara, bahasa yang tersedia mulai dari Inggris, Thailand, Bahasa Indonesia, Simplified Chinese, Traditional Chinese (HK, Taiwan), Jepang, Korea, Arab, Italia, Perancis, dan banyak bahasa lainnya. 

13.WiFi Booster & Analyzer – Android

Aplikasi ini berguna bagi anda yang harus mengetahui tentang berbagai data yang tersedia dalam jaringan WiFi di sekeliling anda, selain tentu saja fitur WiFi Booster yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan koneksi internet anda.

Informasi yang bisa didapat dengan menggunakan aplikasi ini adalah semua jaringan wireless yang tersedia berikut informasi tambahan dari masing – masing jaringan, mulai dari SSID Jaringan, kekuatan sinyal, keamanan jaringan, MAC dari Access Point, frekuensi jaringan, channel, dan lain sebagainya. 

Ketika anda memilih jaringan, WiFi Booster akan menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai jaringan tersebut, mulai dari kekuatan sinyal dalam persentase ataupun ukuran decibel-milliwatt (dBm) dan juga ‘Signal Chart’ yang memungkinkan anda untuk dapat membandingkan beberapa jaringan secara langsung.

Chart ini juga bisa menampilkan beberapa jaringan yang anda pilih saja, termasuk fitur untuk zoom in dan zoom out agar dapat melihat chart dengan lebih seksama.

Dengan menggunakan fitur ‘Boost’ dalam aplikasi ini handphone anda dapat mendapatkan internet yang lebih optimal, respon yang lebih baik dari server, dan sinyal WiFi yang lebih stabil.

WiFi booster ini akan lebih efisien apabila anda tersambung lebih lama dalam sebuah jaringan. Hal ini karena aplikasi ini terus memperbaiki hubungan antara handphone dan access point. 

Dengan aplikasi ini diharapkan permasalahan koneksi internet anda menjadi lebih baik dan mendukung kegiatan anda sehari – hari.

Perlu diingat, bahwa aplikasi yang dibahas merupakan sebuah aplikasi untuk membantu optimasi dari koneksi jaringan dan informasi yang terkait dalam jaringan tersebut, bukan sebagai aplikasi yang dapat menambahkan kecepatan internet anda melebihi kecepatan dari penyedia layanan internet anda atau untuk mencuri password dari sambungan WiFi pribadi.

Perbedaan Sinyal dan Jaringan

Sinyal adalah sebuah tanda penerimaan, seperti yang biasa muncul pada layar handphone kita berupa bar – bar dengan keterangan ‘4G’ ‘HSDPA’ atau ‘3G’.

Tanda ini menunjukkan seberapa kuat sinyal yang kita terima, biasanya semakin dekat posisi kita dengan router akan semakin kuat sinyal yang kita terima.

Penggunaan sinyal lebih umum pada sebuah jaringan tanpa kabel. 

Sedangkan Jaringan merupakan sebuah saluran untuk mengirimkan dan menerima data, jaringan sendiri bisa dibagikan dengan atau tanpa sambungan kabel.

Jaringan inilah yang mengatur seberapa besar data yang diterima dan dikirimkan oleh perangkat kita, sehingga terkadang kita suka mendapatkan lambang sinyal yang penuh, namun koneksi internet kita sedikit terhambat atau sebaliknya.

Hal ini karena kita berada di posisi yang dekat dengan pengirim sinyal, namun jaringan internet yang terhubung sedang mengalami kendala. 

Setelah mengetahui sedikit perbedaan antara kedua istilah tersebut, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa didownload untuk membantu memperkuat sinyal di handphone anda. 

Kesimpulan

Beda smartphone, memerlukan beda aplikasi, mimin sendiri telah menggunakan no 5 dan sangat ampuh untuk memperkuat signal smartphone anda.

Categories