Aplikasi

Cara Membuat Barcode dan QR Code Dari Android 2020

Apakah Anda tahu cara membuat barcode? Kita semua familiar dengan barcode, saat sedang berbelanja di supermarket dan melakukan pembayaran, penjaga kasir akan melakukan scanning barcode produk. Sederhananya, barcode merupakan kode angka produk yang dibentuk dalam garis vertical.

Kode tersebut digunakan untuk melacak barang dalam pendataan gudang penyimpanan. Belakangan terdapat beberapa pasar swalayan moderen yang menggunakan barcode pada rak produk mereka. Tidak hanya ekskusif untuk pebisnis raksasa, sekarang siapapun dari pengusaha skala kecil dan besar bisa memanfaatkan teknologi barcode untuk usaha mereka masing-masing.

Bisnis masyarakat dalam negeri sangat beragam, dari makanan, pakaian, elektronik, jasa dan lain-lain. Semua tipe bisnis bisa menggunakan barcode, teknologi ini semakin mudah diakses sehingga siapapun bisa membuatnya sendiri, modal yang diperlukan hanyalah aplikasi pembuat barcode.

Kali ini kita akan membahas tentang teknologi barcode yang unik dan menarik ini serta akhirnya mempelajari cara membuatnya. Kemudian kita juga akan membahas perbedaan dari Barcode dan QR Code.

Barcode adalah?

Bytescout BarCode Generator: create barcodes and export them into ...

Barcode adalah kode palang, kode batang atau kode bar (barcode) yang merupakan data optik berbentuk garis atau bar yang bisa dibaca oleh mesin. Kode ini berfungsi untuk membedakan jenis-jenis produk yang berlainan. Sekarang, kita bisa menemukan barcode pada setiap produk di supermarket.

Sistem sortir dan filter produk barang pertama kali diutarakan oleh Wallace Flint dalam tesisnya pada tahun 1930an, namun penelitian dia saat itu belum bisa berbuah.

Setelah hampir 2 dekade berlalu, dua siswa dari Drexel Institute of Technology menemukan cara yang baik untuk melakukan sortir produk grosir.

Norman Joseph Woodland mengerti bahwa simbol titik dan garis dari kode Morse bisa dikembangkan menjadi hal lain – dimana sekarang hasil penelitian mereka telah berkembang menjadi barcode yang sering kita jumpai saat melihat produk retail dan non retail.

Barcode 1 dimensi biasa juga disebut dengan kode batang. Kode batang adalah kumpulan kode yang terdiri dari satu garis atau linear, karena demikian pembaca barcode hanya bisa mengumpulkan data dalam satu garis saja.

Barcode linear sering kita temukan pada tanda pengenal, serta barang pengiriman dan manajemen Gudang. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan barcode seperti ini, gunakan saja pembaca barcode untuk satu dimensi. Karena tidak semua barcode dapat dibaca oleh barcode scanner.

Untuk membaca barcode, dibutuhkan mesin pembaca barcode karena barcode sendiri merupakan informasi dalam format visual yang tercetak dan hanya bisa dibaca oleh mesin bernama barcode scanner. Beberapa nama dari barcode scanner terkenal adalah HHP, CHIPERLAB, ZEBEX dan DATALOGIC PSC (masih banyak lainnya).

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Android Dan IOS 2020

Baca Juga:15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Android Dan IOS Di 2020

Baca Juga:13 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android 2020

Cara Membuat Barcode dan QR Code via Website dan Aplikasi

Kami juga akan membahas latar belakang, definisi dari kedua barcode dan QR code, mari kita tekuni cara membuat barcode atau QR code pada pembahasan berikut. Agar bisa mengerti cara membuat barcode, Anda akan memerlukan alat atau media yang bisa mengubah simbol yang biasa kita baca (huruf atau angka) menjadi kode.

Terdapat beberapa situs dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat barcode. Anda dapat selalu mencoba beberapa aplikasi dan situs untuk menemukan yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Saat ini sudah banyak sekali situs pembuat QR Code yang bisa dengan mudah Anda manfaatkan hanya dengan melakukan copy paste link website ataupun link yang ingin dibuatkan kode QR.

Terdapat beberapa situs yang menyediakan jasa demikian dengan gratis, langkah untuk membuat kode QR juga sangat gampang, panduan (secara umum) adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Situs atau Aplikasi Code Generator

QR code generator adalah teknologi yang menyediakan jasa membuat QR code. Contoh situsnya adalah GOQR.me, Visualead, QR Stuff dan Kaywa. Semua nama-nama diatas merupakan QR code generator yang memberikan layanan membuat QR Code.

  1. Buat QR Code dan Input Tautan

Ingin membuat QR Code yang menyerupai logo brand sendiri? Pertama adalah dengan memilih tipe QR code yang ingin dibuat. Terdapat 9 jenis kode berbeda misalnya seperti website/url, teks, kontak, SMS, telepon atau lokasi. Pada kasus umum Anda akan diminta untuk memasukan link url yang ingin diuatkan kode QR-nya.

Kemudian copy paste tautan untuk link website atau url Anda. Selanjutnya Anda bisa melihat Live Preview kemudian bisa langsung diunduh. Biasanya sebelum mengunduh akan muncul beberapa pilihan untuk mengubah warna, ukuran dan lain-lain. Jika sudah sesuai maka bisa langsung segera download.

Terdapat juga beberapa opsi mengunduh QR Code seperti format PNG, JPEG, SVG atau EPS.

  1. Tes Keberhasilan QR Code

Uji coba QR code yang sudah Anda buat menggunakan Google search by Image atau menggunakan aplikasi QR code reader dan scanner. Unduh aplikasinya disini. Terkadang saat mengetes via Google search by Image bisa mengalami kegagalan. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan aplikasi QR code dari tautan yang kami berikan diatas.

Daftar Aplikasi dan Website Pembuat Barcode dan QR Code

  1. QR Code Reader and Generator / Barcode Scanner (Untuk Android)

BetterIdea Studio menawarkan aplikasi sederhana yang mudah dioperasikan. Anda bisa memindai dan juga membuat QR Code hanya dalam beberapa sentuhan. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan jejak QR code yang pernah di-scan oleh kamera HP Anda. Unduh aplikasinya disini gratis.

  1. QR Code Generator (Untuk Android)

Aplikasi ini dapat membuat QR code dari teks, url, email, nomor telepon hingga lokasi di GPS. Anda juga dapat memodifikasi hasil QR code dengan warna hingga background yang bervariasi. Minusnya adalah aplikasi ini tidak dapat memindai kode. Unduh aplikasinya disini bebas biaya.

  1. QR Code Reader – Barcode Maker (Aplikasi iOS)

Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membaca sekaligus membuat barcode. Segera maksimalkan kegunaan aplikasi ini untuk memindai QR Code baik dari kamera belakang atau depan. Beberapa jenis barcode yang bisa pengguna ciptakan adalah Code 39, Code 128, ITF-14, EAN, ISSN/ISBN hingga Aztec Code. Unduh langsung dengan gratis disini.

  1. QR Code Reader (aplikasi iOS)

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah tulisan dan angka menjadi kode. Selain mampu membaca QR Code, Anda juga dapat membaca barcode melalui aplikasi ini. Unduh aplikasinya disini gratis.

  1. QR Code Generator

Situs pembuat QR code ini sederhana, multifungsi dan mudah digunakan. Anda bisa membuat QR Code serta melakukan scan kode. Kemudian, Anda juga dapat menciptakan QR Code dari tulisan, url, kontak, nomor telepon hingga mengirimkan SMS. Kunjungi mereka disini.

  1. Barcode Generator

Ciptakan QR Code melalui situs website ini. Selain membuat barcode, Anda juga bisa mempelajri berbagai jenis barcode yang digunakan oleh instansi yang bervariasi. Seperti contoh terdapat barcode khusus untuk produk farmasi dan ada juga jenis barcode dengan nama “planet” yang sering dipakai untuk produk transportasi atau pos di AS. Kunjungi mereka disini.

  1. Barcode Graphics

Website ini bisa digunakan untuk mengetahui cara membuat barcode. Ia juga mampu mengubah tulisan menjadi kode dan Anda dapat mengatur ukuran barcode untuk menghindari hasil cetakan menggunakan tinta spesifik. Website ini hanya terbatas untuk pembuatan barcode saja. Kunjungi mereka disini.

Tipe-Tipe Barcode

Bar code, barcode, code, generator, hand, offer, shopping icon

  1. Produk Retail dengan sistem UPC

Barcode banyak dimanfaatkan oleh banyak pusat perbelanjaan karena mudah digunakan dan efektif. Saat ini barcode digunakan juga untuk produk retail dengan sistem UPC (universal price codes) pada toko swalayan.

Kemudian, barcode juga digunakan sebagai kode keperluan packaging yang menggunakan barcode ITF-14 yaitu barcode Interleaved Two-of-Five yang terdiri dari 14 angka dan berfungsi untuk menandai produk jumlah banyak dalam sebuah kardus karton.

  1. Penerbitan dengan ISBN

Barcode juga sering dimanfaatkan dalam segmen penerbitan. Saat membeli sebuah bacaan seperti buku, novel atau majalah dari toko buku, kita akan menemukan ISBN (International Standard Book Number) atau ISSN (International Standard Serial Number).

Jenis barcode ini mudah dikenali karena Anda pasti akan menemukan huruf ‘ISBN’ sebelum 13 angka produk atau tulisan ‘ISSN’ sebelum barisan delapan angka produk.

  1. Health Industry Bar dengan Barcode HIBC

Dalam keperluan farmasi, barcode berguna untuk mengidentifikasi obat-obatan. Jenis barcode disini adalah health industry bar code (HIBC) yang ditandai dengan tanda “+” pada awal kode kemudian diikuti oleh 24 karakter yang terdiri dari campuran huruf dan angka.

  1. Barcode Non-Retail

Terdapat barcode yang dipakai untuk menandai buku-buku di perpustakaan, kartu member dan memberi label barang inventaris.

Jenis barcode yang bisa digunakan untuk memberi label produk non retail adalah code 39 atau code 128. Perbedaan utama diantara mereka adalah tingkat density (kepadatan) data, dimana code 128 kepadatannya lebih tinggi daripada code 39. Sebelum mempelajari cara membuat barcode, mari kita simak penjelasan mengenai QR Code agar mempunyai pemahaman yang lebih menyeluruh tentang keduanya.

QR Code adalah?

What are QR Codes Frames and how to use them

Belakangan popularitas QR Code juga sedang tinggi, QR Code mengadopsi sistem kode yang terdiri dari kumpulan persegi yang menempel satu sama lain dan membentuk persegi yang lebih besar yakni QR Code.

Kombinasi dari matrix persegi ini adalah karakter yang lebih banyak digunakan yaitu hingga ratusan digit kode jika kita bandingkan dengan 1D barcode yang hanya memasukkan 5-20 digit. Sementara barcode hanya terdiri dari garis vertical dengan jarak tertentu, maka ia bersifat 1 dimensi (1D linear barcode). QR code (Quick response code) adalah kode yang di scan dalam 2 dimensi (2D matrix barcode) secara horizontal dan vertical.

Belakangan QR code digunakan pada banyak aspek kehidupan kita dari transaksi keuangan hingga mengirim pesan chat Bersama sahabat.

Asal Mula QR Code

Mobile Wallets, Alipay: QR Code Interoperability | PYMNTS.com

Perusahaan inventor Jepang bernama Denso Wave Incorporated pada tahun 1994 mengembangkan sistem scan berbasis 2 dimensi. Ide tersebut bermula saat masyarakat disana kesulitan dengan sistem barcode karena kasir mengalami kesulitan memindai produk melalui barcode, selain itu penduduk Jepang juga meminta perusahaan inventor untuk membuat sistem yang lebih mudah digunakan. Karena sebab tersebut Masahiro Hara dengan rekannya berjuang mengembangkan sistem QR Code. Saat ini hasil kerja keras mereka sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

Pada awal mula tercipta QR code, ia juga sering digunakan untuk melacak kendaraan bagian manufaktur. Denso Wave membuat paten untuk hak cipta mereka, namun akhirnya diputuskan eksplorasi QR code tidak dibatasi alias open-source. QR code dibuat karena bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia. Oleh karena itu, saat ini QR code dapat digunakan semua lapisan masyarakat dan menjadi kode public. Sebagai informasi menarik, bentuk pola yang terdapat di QR Code berbentuk persegi – dimana ini adalah pola yang hampir tidak pernah muncul pada dunia bisnis sehingga lebih mudah dibaca.

Fungsi dari QR code serupa dengan barcode, ia digunakan oleh beragam jenis bisnis dari logistic, retail, periklanan, industrial, packaging terkecuali farmasi yang tidak termasuk. Mengapa? Karena terdapat 3 jenis barcode khusus yang digunakan untuk melacak produk farmasi, yakni Pharma One-Track yang terlihat memang serupa dengan ITF-14, Pharmazentralnummer (PZN) dan biasa digunakan di Jerman dan Pharma Two-Track yang berisi dua tumpuk bar.

Sekarang dengan kemajuan teknologi yang pesat, kamera smartphone kita dapat melakukan scan terhadap QR code. Kegunaan dari QR code sangat banyak dari melakukan pembayaran, registrasi formulir online, menyalin tulisan, menyimpan kontak hingga mendownload file seperti dokumen dan gambar.

Jika dibandingkan dengan barcode, QR Code mengunggulinya pada kemampuan menampung data dengan kapasitas yang cenderung besar.

Perbedaan Antara Barcode dan QR Code

Secara sederhana, QR code terasa lebih moderen karena ia mampu menampung data yang lebih banyak daripada barcode, selain itu, QR Code lebih mudah dibaca menggunakan perangkat elektronik pintar seperti smart phone. Pada sisi lain, barcode lebih sering difungsikan untuk mengurutkan produk berdasarkan jenis dan nilai atau harganya.

Manfaat dan Fungsi QR Code

Enhance Event Marketing with QR Codes - QR Code Generator

  1. Tujuan Komersial

QR code bisa digunakan untuk kepentingan komersial seperti promosi produk, jasa atau lain-lain. QR code akan berperan dalam kemudahan menyimpan dan mengakses data. Misalnya, ada iklan yang dikirimkan hanya dalam bentuk QR code. Jika Anda melakukan scan terhadap kode tersebut, maka secara otomatis akan langsung diarahkan menuju halaman situs iklan yang bersangkutan.

  1. Kepentingan Publik

Di Jepang sendiri memanfaatkan QR Code untuk menampilkan kandungan nutrisi dan masa kadaluwarsa makanan. Mereka mempunyai kode QR yang dapat di scan oleh kustomer. Saat memindai kode QR pada kemasan makanan, secara otomatis kita bisa tahu kandungan yang ada pada makanan.

Hal ini digunakan oleh McDonald di Jepang. Terdapat sekitar 19 jenis roti isi atau sandwich yang dilengkapi dengan teknologi QR code. Kode tersebut nantinya akan menampilkan informasi alergi, nutrisi, kalori yang ada pada sandwich.

Selain berfungsi untuk tampilan nutrisi makanan, ia berguna untuk mencari tahu posisi bus dengan hanya QR Code. Saat menunggu bus di halte, terdapat kode QR yang bisa di-scan. Kode QR tersebut akan menunjukkan posisi bus yang sedang ditunggu.

 

Komentar

Keberadaan barcode adalah penting bagi mereka pengusaha yang mempunyai toko offline dan online. Sistem tersebut telah membantu dalam hal pendataan barang. Saat ini pun sudah banyak sekali pengusaha berskala kecil dan besar yang mempelajari cara membuat barcode sendiri. Semoga nantinya Anda bisa membuat barcode Anda sendiri. Untuk saat ini usai sudah pembahasan kami mengenai cara membuat barcode, semoga bermanfaat dan salam hangat.

Categories