Aplikasi

Cara Menggunakan Whatsapp Web (Wa Web), Bisa Untuk Menyadap

Bisa dibilang hampir seluruh pengguna smartphone merupakan pengguna aplikasi WhatsApp.

Aplikasi ini memberikan sebuah kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat, fitur yang tersedia juga tidak hanya terbatas pada chatting tapi juga ketersediaan layanan telepon suara dan video.

Meskipun banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp, kebanyakan pengguna aplikasi ini menggunakan WhatsApp untuk saling berkirim pesan teks, karena sifatnya yang lebih tenang dan dapat dilakukan di mana saja, tidak seperti telepon yang sulit dilakukan jika kondisi kurang mendukung. 

Menggunakan pesan teks juga membantu agar kita bisa melihat informasi yang memang dibutuhkan seperti jadwal dan lokasi meeting, poin – poin penting yang perlu diperhatikan, dan hal lainnya yang membutuhkan perhatian khusus.

Hal ini penting apabila anda menggunakan WhatsApp lebih dari sekedar aplikasi untuk berbincang dengan teman dan menggunakannya untuk keperluan bekerja.

Agar penggunaan WhatsApp lebih efektif dalam membantu produktivitas pekerjaan, akan lebih efisien apabila pengguna dapat mengakses aplikasi ini melalui desktop komputer bagaikan aplikasi pendukung pekerjaan lainnya. 

Menggunakan WhatsApp di komputer bukan hal yang sulit, terdapat dua cara yang mudah untuk dilakukan sesuai dengan pilihan anda, pertama akses WhatsApp via web dari browser internet atau kedua dengan menginstall aplikasi WhatsApp Desktop pada perangkat komputer. 

Akses WhatsApp Web (Wa Web) Via Internet Browser

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp pada komputer adalah menggunakan aplikasi web yang tersedia dalam browser dengan cara sebagai berikut;

  1. Buka internet browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox pada komputer anda.
  2. Ketik web.whatsapp.com pada kolom untuk memasukkan alamat website atau klik link ini.
  3. Anda akan mendapatkan tampilan berupa QR Code pada halaman website tersebut.
  4. Buka aplikasi WhatsApp pada handphone anda.
  5. Buka ‘Menu’ pada Android (ikon dengan gambar titik tiga pada sisi kanan atas layar) atau ‘Settings’ pada iOS (ikon dengan gambar gerigi pada sisi kanan bawah layar).
  6. Pilih opsi WhatsApp Web/Desktop, kemudian kamera anda akan terbuka.
  7. Arahkan kamera tersebut pada QR Code yang ditampilkan pada layar komputer.
  8. Setelah QR Code berhasil diproses dan loading selesai, anda akan dibawa ke halaman chat anda.
  9. Dalam halaman ini anda dapat mengakses chat yang sedang dilakukan di handphone dan juga memulai chat baru.
  10. WhatsApp Web anda sudah dapat digunakan seperti pada handphone

Selain dapat digunakan pada komputer, karena akses WhatsApp yang dilakukan pada metode ini menggunakan internet browser cara ini juga dapat diaplikasikan pada penggunaan komputer tablet, pastikan bahwa browser anda bisa menampilkan Desktop Site bukan Mobile Site.

Jangan lupa untuk log out ketika selesai menggunakan Whatsapp Web. Ini juga bisa digunakan untuk menyadap temen, istri, pacar atau teman.

Caranya klik 3 titik dan klik Logout.

Akses WhatsApp Web Dengan Menggunakan Aplikasi Desktop

Selain melakukan akses via internet browser, pengguna WhatsApp juga dapat melakukan instalasi aplikasi ini pada perangkat yang digunakan.

Namun pastikan bahwa processor komputer anda bukan ARM dan tidak menggunakan LINUX. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan perangkat berbasis Windows 8 (64bit dan 32bit) dan macOS X 10.9 ke atas.

Jika anda memiliki perangkat dengan ketentuan diatas, silahkan lihat cara berikut untuk menginstall dan menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop;

  1. Download Aplikasi melalui alamat web whatsapp.com/download.
  2. Pilih file instalasi yang sesuai dengan perangkat komputer anda.
  3. ikuti langkah – langkah yang ditampilkan untuk menjalankan proses instalasi WhatsApp Desktop. 
    1. MAC – setelah download, unzip aplikasi dan pindahkan ke ‘Applications’. Pengguna mac juga dapat langsung mencari aplikasi ini via App Store.
    2. Windows – klik file .exe yang di download dan ikuti proses selanjutnya.
  4. Setelah proses instalasi aplikasi sudah selesai, buka aplikasi WhatsApp Desktop tersebut untuk menampilkan QR Code yang akan memberikan akses penggunaan whatsapp pada komputer.
  5. Setelah aplikasi desktop menampilkan QR Code, buka aplikasi WhatsApp pada handphone anda.
  6. Pilih ‘Menu’ pada Android (ikon dengan gambar titik tiga pada sisi kanan atas layar) atau ‘Settings’ pada iOS (ikon dengan gambar gerigi pada sisi kanan bawah layar).
  7. Pilih WhatsApp Web/Desktop, setelahnya kamera anda akan terbuka
  8. Arahkan kamera anda pada QR Code yang ditampilkan pada layar komputer.
  9. Setelah QR Code tersebut selesai diproses, anda akan dibawa pada halaman yang berisikan chat anda yang sedang aktif di handphone. 
  10. Dalam halaman ini anda dapat melanjutkan kembali chat yang sedang anda gunakan atau memulai chat baru.
  11. WhatsApp Desktop sudah siap untuk digunakan. 

Itulah dua cara yang bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp anda dengan menggunakan komputer.

Namun agar penggunaan WhatsApp pada komputer berjalan dengan lancar, anda harus sudah memiliki akun WhatsApp terlebih dahulu.

Pastikan bahwa seluruh perangkat yang berhubungan dengan aplikasi WhatsApp yang ingin digunakan tersambung dengan internet, jadi selain komputer anda, handphone dengan nomor WhatsApp yang aktif juga harus memiliki koneksi internet. 

Perlu diingat juga, ketika menggunakan WhatsApp pada komputer akun kita tidak otomatis terputus ketika kita menutup browser atau aplikasi.

Hal ini bukan masalah jika kita menggunakan perangkat komputer sendiri, namun apabila anda menggunakan perangkat komputer umum atau milik kantor, pastikan untuk melakukan ‘Log Out’ setelah penggunaan aplikasi dengan cara menekan tombol ‘Menu’ dengan ikon bergambar titik tiga pada bagian atas daftar chat dan pilih opsi ‘Log Out’.

Categories