Aplikasi

15 Emulator Android Terbaik Dan Ringan Di PC Dan Laptop 2020

Android adalah sebuah sistem operasi dari google yang bersifat terbuka sehingga dapat digunakan oleh siapapun dalam berbagai perangkat handphone atau tablet.

Dengan karakteristiknya yang terbuka, android juga lebih bersahabat bagi para developer yang ingin memasukkan aplikasi ke dalam Google Play Store, hal ini juga yang membuat sistem operasi ini digunakan oleh banyak produsen handphone.

Untuk menanggulangi hal ini para developer menggunakan emulator android dalam mengembangkan aplikasi yang sedang dikerjakan. 

Dengan menggunakan emulator, baik para developer atau pengguna biasa, dapat menggunakan komputer atau laptop yang dimiliki untuk menjalankan sistem operasi android.

Emulator ini bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang tersedia di google play store termasuk berbagai games yang ada.

Hal ini menjadi daya tarik bagi pengguna umum, karena banyaknya aplikasi dan games dengan membutuhkan spesifikasi tinggi, yang membutuhkan handphone dengan harga cukup mahal.

Sehingga lebih baik menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi lumayan untuk dapat mengakses aplikasi tersebut.

Beberapa pengguna, terutama gamer juga menggunakan emulator ini untuk dapat bermain game handphone dengan menggunakan mouse dan keyboard untuk bisa bermain dengan lebih nyaman.
Berikut ini adalah beberapa emulator android yang tersedia di pasaran;

1.Android Studio’s Emulator – Windows, Mac

Android Studio merupakan emulator yang disediakan oleh pihak Google selaku pengembang android untuk mendukung para developer dalam mengembangkan aplikasi dan games berbasis sistem operasi android.

Dengan menggunakan emulator ini pihak developer dapat menjalankan uji coba terhadap aplikasi dan game yang sedang dikerjakan untuk memastikan dapat berjalan lancar pada berbagai perangkat handphone yang tersedia. 

Sebagai emulator yang ditujukan kepada pihak developer, pengaturan di awal sedikit rumit dan memakan waktu sehingga tidak terlalu cocok untuk digunakan bagi pengguna umum.

Sebagai emulator resmi dari Google, aplikasi ini akan rutin mendapatkan update apabila ada pembaruan sistem operasi. Hal ini yang menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi emulator android terbaik bagi para developer.


2.ARChon – Windows, Mac

ARChon berbeda dengan emulator lainnya karena emulator android ini beroperasi sebagai extension dari Google Chrome, sehingga memberikan kemampuan bagi Google Chrome anda untuk dapat menjalankan android. Setelah mendapatkan sistem operasi android yang berjalan dalam Google Chrome, untuk menambahkan aplikasi anda dapat mencari file APK yang diinginkan agar bisa dibuka via ARChon. 

Karena ARChon bertindak sebagai tambahan dari Google Chrome, anda dapat menggunakannya selama perangkat komputer yang anda gunakan memiliki akses Google Chrome.

Emulator android ini cocok bagi anda yang membutuhkan akses untuk aplikasi ringan dan tidak cocok untuk digunakan bermain game yang cukup berat karena sifatnya yang hanya sebagai tambahan dari Google Chrome. 


3.Bliss – Windows, Mac

Bliss merupakan sebuah emulator yang lain daripada yang lain karena dapat dijalankan sebagai Virtual Machine pada PC. Selain itu anda juga bisa mengakses emulator android dengan menggunakan Bliss yang diinstall dalam USB.

Dengan dua mode pemakaian ini, anda bisa memilih mana yang cocok dengan gaya pemakaian anda. Penggunaan via VM yang dapat diinstall dengan mudah, atau via USB yang meskipun sedikit lebih rumit namun dapat membuat komputer anda menjalankan android sejak saat komputer anda dinyalakan. 

Meskipun Bliss merupakan sebuah emulator yang unik, namun pastikan spesifikasi dari komputer anda sudah mencukupi persyaratan dasarnya untuk memastikan bahwa sistem android anda dapat berjalan dengan baik.

Meskipun proses instalasi yang cukup rumit, namun emulator ini sudah mendukung sistem android dengan versi terbaru, sehingga kerumitan via instalasi dapat terbayarkan dengan hasil yang sepadan.

Bliss juga memiliki dukungan Dual Boot, sehingga jika anda ingin kembali mengakses aplikasi via Windows, anda cukup mengalihkan sistem operasinya kembali ke Windows. 

4.Bluestacks – Windows, Mac

Bluestack merupakan emulator android yang paling banyak digunakan, juga salah satu emulator android terfavorit. Selain dapat digunakan pada mac dan windows, emulator ini merupakan salah satu yang paling stabil dan mendapatkan update secara reguler.

Bluestack dikembangkan dengan menargetkan mobile gamer, sehingga pada update terbaru di Bluestacks 4, mereka berusaha untuk mengembangkan emulator yang lebih ringan. 

Bluestacks menyediakan grafik yang luar biasa dengan dukungan key mapping dan berbagai pengaturan terhadap game yang sudah diinstall sehingga mempermudah bagi gamer yang ingin bermain mobile game dengan menggunakan komputer.

Dengan emulator ini pengguna juga dapat menggunakan multi account dan multi-windows untuk memaksimalkan produktivitas. Pengguna bluestacks juga bisa mendapatkan hadiah yang diundi secara acak untuk bisa ditukarkan dengan uang atau barang dalam game. 

5.Droid4X – Windows, Mac

Droid4X merupakan salah satu emulator android yang pertama kali tersedia untuk publik. Dengan desain yang sederhana emulator ini cocok untuk digunakan oleh semua orang.

Emulator ini dapat menjalankan beberapa game simpel yang ringan dan menjalankan beberapa aplikasi produktivitas dengan fitur multitasking untuk menunjang pekerjaan penggunanya. 

Meskipun Droid4X masih dapat didownload dan digunakan, harap ingat bahwa aplikasi ini sedang dalam tahap ‘development’ sehingga mungkin akan sedikit berat dan kurang stabil. Emulator android ini tersedia untuk sistem operasi windows dan mac.

6.Genymotion – Windows, Mac

Emulator android ini didesain bagi developer aplikasi. Dengan menggunakan Genymotion para developer dapat melakukan uji coba aplikasi pada berbagai variasi handphone tanpa perlu memiliki perangkat spesifik.

Emulator ini dapat diatur untuk menyerupai berbagai perangkat dalam berbagai versi android, misalnya anda ingin menjalankan Google Pixel dengan Android Nougat atau Samsung Galaxy S9 dengan Android Oreo, pengguna juga dapat dengan mudah berpindah dari satu jenis perangkat ke jenis lainnya. 

Meskipun kurang bersahabat bagi pengguna biasa, Genymotion tetap menyediakan jasa emulator dengan gratis bagi anda yang ingin memiliki akses sistem operasi android dengan menggunakan komputer.

Kelebihan dari emulator ini adalah ketersediaannya via ‘cloud’, sehingga pengguna dengan spesifikasi komputer yang kurang tinggi dapat tetap mengakses genymotion.

7.KoPlayer – Windows, Mac

KoPlayer merupakan emulator android yang terhitung baru, dengan berfokus pada penggunaan gaming. Setelah berhasil terbang di bawah radar, sekarang KoPlayer menjadi emulator yang cukup digemari.

Pengguna akan mendapatkan fitur untuk melakukan key mapping ke dalam keyboard komputer untuk membuatnya menyerupai kontroler game. Layar permainan juga dapat direkam untuk kemudian diupload ke berbagai media online. 

Proses instalasi dari emulator ini terbilang cukup mudah dan dapat bekerja dengan baik. Emulator ini bergerak sebagai Virtual Machine dalam sistem komputer pengguna selayaknya emulator android pada umumnya.

Selain untuk bermain game, emulator yang dapat didownload dengan gratis ini juga cocok untuk digunakan dalam hal produktivitas.

8.Memuplay – Windows

Memuplay merupakan salah satu emulator android baru yang sedang naik daun terutama dikalangan pemain game. Salah satu fitur andalannya adalah Memuplay memiliki dukungan bagi chipset AMD dan Intel.

Emulator android ini mendukung versi android mulai dari JellyBean, KitKat, dan Lollipop. Emulator ini juga dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan untuk bermain game atau melakukan uji coba aplikasi.

Fitur ini menjadikan Memuplay cocok untuk meningkatkan produktivitas kerja dari pengguna. Meskipun terhitung emulator baru, Memuplay sudah dapat bersaing secara performa dan kecepatan dengan emulator yang sudah tersedia seperti Bluestacks dan NOX. 

9.Nox – Windows, Mac

Sebagai emulator android yang sudah cukup lama, Nox memfokuskan emulatornya kepada para pemain game. Dengan fitur gaming seperti key-mapping, dukungan controller, hingga kemampuan untuk menambahkan gesture control pada tombol keyboard.

Fitur – fitur tersebut yang menjadikan Nox sebagai emulator android yang banyak digunakan di dunia. Emulator ini dapat didownload dengan gratis dan masih terus dikembangkan untuk dapat mengikuti perkembangan android. 

Nox merupakan emulator android yang memiliki dukungan yang teroptimasi dengan prosesor AMD atau intel sehingga dapat dengan mudah menjalankan berbagai game yang membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi. Nox juga memiliki kompatibilitas yang sangat fleksibel dan banyak tutorial untuk memainkan game – game yang tersedia.

10.PrimeOS – Windows, Mac

PrimeOS sebenarnya sulit untuk dikategorikan sebagai emulator android, karena untuk bisa mengaksesnya pengguna perlu langsung menginstall PrimeOS sebagai partisi pada komputer dan langsung menjalankan sistem operasi android ketika perangkat komputer dinyalakan.

Kelebihan dari PrimeOS adalah pengalaman bermain game yang tidak dapat ditawarkan oleh emulator android lainnya, selain juga kemampuan untuk menunjang produktivitas pengguna yang tidak terfokus pada game.

Selain dukungan Gaming Center yang menarik perhatian para gamer, fitur deteksi mouse dan keyboard yang tersedia juga menjadi daya tarik bagi pengguna umum.

Sebagai sebuah produk baru yang dikembangkan oleh developer asal India, PrimeOS masih terus mengalami peningkatan kinerja.

Penggunanya saat ini sudah dapat melakukan multitasking seperti menonton video, bermain game, atau melakukan pekerjaan berbasis office yang ringan.

Penggunaan PrimeOS bisa dibilang serupa dengan ChromeOS namun berbasis sistem operasi android. 

11.Remix OS Player – Windows, Mac

Remix OS Player terbilang sebagai pemain baru pada bidang emulator android untuk komputer, namun kemampuan multitasking pada emulator ini tidak kalah dibandingkan dengan emulator lain.

Dengan proses instalasi yang cukup mudah dan tampilan yang sederhana, pengguna tidak akan kebingungan saat menggunakan Remix OS.

Emulator ini tidak hanya dapat digunakan untuk produktivitas, namun bisa juga digunakan untuk bermain game terutama dengan tersedianya toolbar yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Remix OS juga memiliki dukungan untuk menyambungkan joystick, keyboard, dan mouse untuk mendukung kegiatan bermain dari pengguna. 

12.Xamarin – Windows, Mac

Xamarin merupakan sebuah emulator android yang ditujukan untuk para developer, dengan pilihan gratis untuk penggunaan personal atau berbayar untuk kebutuhan perusahaan.

Kinerja dari emulator ini serupa dengan Android Studio, namun Xamarin memiliki kemampuan untuk digabungkan dengan Microsoft Visual Studio untuk mengerjakan proyek yang lebih besar.

Karena proses instalasi yang lumayan rumit, emulator ini lebih direkomendasikan bagi developer yang memang membutuhkan fitur lebih, seperti emulator built-in untuk uji coba aplikasi dan game sebelum diluncurkan.

Meskipun bukan emulator dengan performa terbaik, namun para pengguna emulator ini dapat memiliki kemampuan untuk melakukan setting sesuai dengan alur kerja yang diinginkan. 

13.Windroye – Windows

Windroye merupakan sebuah emulator android yang sangat ringan untuk dijalankan, sehingga anda dapat melakukan instalasi pada komputer dengan spesifikasi yang biasa saja.

Emulator ini akan berjalan seperti aplikasi standar pada komputer anda, karena memang Windroye dikembangkan selayaknya kernel windows pada umumnya. 

Emulator android ini tersedia untuk sistem operasi WIndows 7, 8, dan 10 dan memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem operasi Android Pie 9.0.

Untuk para gamer, emulator ini mendukung driver GPU Nvidia dan AMD sehingga grafik yang dihasilkan tidak mengecewakan, ditambah dengan touch button yang terintegrasi dengan keyboard sehingga semua kombinasi pencetan pada game dapat disesuaikan sesuai kenyamanan pengguna. 

14.PhoenixOS – Windows, Mac

Phoenix OS bisa disebut sebagai saingan langsung dari RemixOS, karena waktu peluncuran dengan jarak yang dekat dan proses penggunaannya dimana, pengguna dapat mencolokkan USB untuk bisa mengakses sistem operasi android langsung saat menyalakan perangkat komputernya.

Emulator ini juga mendukung Dual Boot, sehingga pengguna dapat dengan mudah berpindah sistem operasi sesuai dengan kebutuhan pemakaian. 

Ketika menggunakan Phoenix OS untuk bermain game, bukan saja kita dapat melakukan keymapping sesuai dengan keinginan kita, namun dengan Game Assistant 3.0 – Octopus Keymapping Engine, pengguna dapat menggunakan mouse dan keyboard untuk bermain game android selayaknya game komputer. Beberapa game juga memiliki tambahan spesial berkat dukungan fitur octopus tersebut.

15.LDPlayer – Windows, Mac

LDPlayer merupakan sebuah emulator android bagi komputer untuk membantu pengguna bermain game android dengan mudah di komputer.

Memiliki kompatibilitas yang besar, terutama untuk menjalankan mobile game dengan grafik tinggi dan juga akses untuk mendownload berbagai aplikasi dari Google PlayStore untuk mendukung produktivitas pengguna. 

Dengan menggunakan desain multi fungsi dan pengaturan yang mudah dipahami, LDPlayer menjadi salah satu pilihan bagi anda yang membutuhkan emulator android untuk menunjang kinerja pekerjaan anda agar menjadi lebih efektif dan efisien.

LDPlayer juga merupakan sebuah emulator yang tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi untuk dapat dijalankan, sehingga menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi banyak orang.

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan emulator yang tersedia dan dapat digunakan untuk mengakses sistem operasi android dengan menggunakan komputer. Apabila anda sedang belajar untuk menjadi seorang developer aplikasi ataupun hanya ingin bermain game berbasis android dengan menggunakan komputer, anda dapat mencari emulator android yang sesuai dengan selera anda. 

Categories