Games Tech Hack

8 Game yang Menghasilkan Uang Dan Pulsa (Sudah Terbukti)

Zaman sekarang game tidak hanya digunakan untuk seru-seruan bersama teman atau sekadar pelepas penat. Kalau mau, kamu bisa saja mendapatkan penghasilan lewat game.

Cara mendapatkan penghasilan lewat game bisa kamu lakukan melalui beberapa cara, yaitu dengan cara menukarkan mata uang game menjadi mata uang asli, melakukan Real Money Trading, atau mengikuti kompetisi berhadiah yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. 

Disini, saya akan mengajarkan cara mendapatkan uang dari game-game tersebut secara terperinci. Simak.

Dari ketiga cara tersebut, mana yang paling menguntungkan? Nah, mari kita bahas caranya satu-persatu.

8 Game Penghasil Uang Hingga Miliaran Rupiah (Bukan Tipu)

  1. Market Glory
  2. Dungeon & Treasure
  3. PoinWeb
  4. Entropia
  5. Dota
  6. MLBB
  7. CS:GO
  8. Tekken 7

Menukarkan mata uang game menjadi mata uang asli

Ada beberapa game yang memberikan fitur kepada pemainnya untuk menukarkan mata uang di dalam game menjadi mata uang asli. Ada yang mengumpulkan koin dari beberapa mini game, ada juga yang mengumpulkan resource pada game-game berjenis simulasi. Nantinya resource tersebut bisa ditukarkan menjadi mata uang asli. Game apa saja yang mempunyai fitur tersebut?

1.Market Glory

Game pertama yang menghasilkan uang adalah Market Glory. Kalau kamu sudah terbiasa memainkan game populer seperti Clash of Clans, Dota 2, Ragnarok (baik yang versi PC atau mobile), dan PUBG, mungkin agak kagok saat memainkan Market Glory. Game ini murni simulasi dan hampir seperti bukan game. Bahkan meski kamu doyan main game simulasi macam Sim City atau Harvest Moon pasti juga agak bingung waktu awal-awal memainkan game ini.

Di Market Glory, kamu ditugaskan untuk mengembangkan sebuah kota dari nol. Pengembangan itu mencakup bidang ekonomi, sosial, politik, sampai militer. Kamu nanti akan menjadi warga negara tertentu dan diharuskan untuk beraktivitas layaknya warga negara pada kehidupan nyata. Tenang saja, kamu bisa memilih untuk menjadi warga negara Indonesia, kok. Nantinya di game ini kamu bisa bertarung, bekerja, memasak, berjualan bahan-bahan, membayar pajak, bahkan sampai bisa ikut pemilu untuk memilih wakil rakyat. 

Nggak cukup sampai di situ, kalau kamu bosan menjadi rakyat jelata, kamu bisa mencoba untuk mencalonkan diri sebagai menteri atau bahkan presiden. Hanya saja kamu harus pastikan punya dukungan yang kuat. Sebagai petinggi suatu negara, kamu bisa menentukan kebijakan seperti besaran pajak, nilai konversi Rupiah ke Euro atau pembagian bonus.

Nantinya, kamu bisa menghasilkan uang dari aktivitas-aktivitas yang sudah kamu lakukan atau mengajak orang untuk bermain game Market Glory menggunakan link referral milikmu. Penghasilan yang sudah kamu dapat bisa kamu tukarkan dengan mata uang Euro, lho. Tapi nilai konversinya bergantung kebijakan presiden masing-masing negara, ya.

Sebelum memutuskan untuk memainkan game ini, yang kamu butuhkan pada saat bermain Market Glory adalah ketekunan, kesabaran, dan ketelitian. Kamu nggak akan mungkin bisa menghasilkan uang dalam waktu singkat, butuh proses berminggu-minggu sampai berbulan-bulan supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Selain itu, kebijakan presiden sangat mempengaruhi stabilitas ekonomimu. Bisa saja presiden baru yang terpilih menaikkan pajak sampai melebihi penghasilan hanya demi memperkaya dirinya sendiri. Kalau terjadi hal seperti itu, ada dua pilihan yang bisa kamu pilih. Bersabar menunggu pemilihan presiden berikutnya atau pensiun dari game. Banyak banget pemain Market Glory yang memutuskan pensiun karena kecewa dengan kebijakan pemimpinnya, meski mereka sudah berbulan-bulan memainkan game itu.

2.Dungeon & Treasures

Berbeda dengan Market Glory yang bisa dibilang memiliki genre simulasi, genre game Dungeon & Treasures ini bisa dibilang lebih mengarah ke adventure RPG dan bisa menghasilkan uang cukup banyak.

Pada game ini, kamu sebagai pemain akan menjelajahi dungeon, mengumpulkan berbagai resource seperti potion dan gold dari dalam dungeon, dan mengalahkan monster yang bersemayam di dalam dungeon. 

Hanya saja dalam satu hari kamu hanya bisa memasuki 1 dungeon baru. Tapi tenang saja, dungeon yang pernah kamu masuki dapat kamu datangi lagi kapan pun yang kamu mau, kok. Nah, sebelum mulai menjelajah dungeon, pastikan kamu telah membaca petunjuk first step setelah kamu berhasil membuat akun dan login ke dalam game. 

Guide tersebut akan memintamu untuk membeli 1 potion dan membeli senjata sebelum berangkat menjelajahi dungeon. Tapi karena kamu diberi gold awal yang lumayan banyak, pakai gold tersebut untuk membeli pedang, dagger, helm, armor, jubah, sarung tangan, dan potion. Jangan membeli peralatan apa pun yang berbau magic karena kamu baru bisa menggunakan magic pada level 10.

Setelah membeli senjata dan armor, jangan lupa untuk memasang semua peralatan yang telah kamu beli. Sedangkan untuk item seperti potion akan otomatis terpasang setelah kamu membelinya. Pada saat membeli senjata maupun armor, perhatikan bonus statusnya baik-baik. Kalau bisa sih kamu hitung dulu total item yang kamu inginkan sebelum memutuskan untuk membeli. Daripada nanti kekurangan gold dan ada beberapa item yang nggak terbeli, kan?

Apabila semua perlengkapanmu sudah siap, sekarang pergi ke Tavern dan masuk ke dalam dungeon. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam dungeon kamu akan menemukan monster dan beberapa item seperti kunci peti, kunci pintu, potion, atau gold. 

Selain menjelajah dungeon, kamu juga bisa berdoa di Temple untuk mendapatkan bonus seperti tambahan gold, mengikuti mini games Bow & Balloons, mini games Bow & Castles, dan mini game balap kuda. Dari event-event tersebut, kamu juga bisa mendapatkan hadiah berupa gold.

Terus bagaimana cara menghasilkan uang dari game ini?

Kalau kamu memperhatikan di bagian atas, kamu bakal menemukan tulisan time, end day, dan end adventure. Nah, setelah memasuki masa end adventure, semua gold yang kamu miliki akan ditukar menjadi DT$. DT$ ini nanti bisa kamu tukar ke mata uang Euro. Setiap 100 ribu gold akan menjadi 1 DT$, dan setiap DT$1 akan mendapatkan €0.70. Kalau dikonversi menjadi Rupiah kurang lebih sekitar Rp10 ribuan.

Perjuangan mendapatkan uang memang tidak mudah dan instan. Butuh kesabaran dan ketelatenan pada saat memainkan game ini. Tapi selama kamu menikmati game tersebut, nggak ada salahnya, kan?

3.PoinWeb

Yang ketiga ini merupakan kumpulan mini game yang bisa kamu mainkan di web browser. Nah, game penghasil uang- PoinWeb ini kamu bisa mendapatkan poin dengan memainkan mini game atau melakukan aktivitas lainnya.

Kamu nantinya dapat menukarkan poin yang kamu miliki menjadi voucher (voucher yang tersedia ada Alfamart, Carrefour, Google Play, Gramedia, Indomaret, iTunes, KFC, Lotteria, MAP, dan MOGPlay), pulsa (Axis dan Indosat Ooredoo), pulsa listrik PLN, atau uang yang ditransfer ke bank pilihanmu (ada BCA, BNI, BRI, dan Mandiri).

Sampai dengan saat ini, baru ada 4 mini game yang bisa kamu mainkan, Ninja Unyu, Samurai Bargain, Pejuang Cinta, dan Rambut Palsu. Game pertama, yaitu Ninja Unyu, kamu ditugaskan untuk mencari si ninja pada halaman website WebPoin.

Kamu harus membuka setiap halaman, mulai dari Profil, Cara Kerja, Bantuan, atau halaman WebPoin yang lain dan klik si ninja tersebut apabila berhasil menemukannya. Mini game ini cukup mudah sih, terlebih karakter ninjanya juga menonjol jadi nggak akan bikin terlewat.

Game yang kedua ada Samurai Bargain. Pada game ini kamu hanya perlu menggunakan tombol Enter sebagai kontrol dalam game. Kamu diharuskan untuk mengambil barang-barang yang ada dan menghindari wanita yang memegang troli belanja. Tekan Enter untuk berpindah lajur, dan apabila kamu menabrak wanita tersebut maka langsung otomatis game over.

Pada game ketiga, yaitu Pejuang Cinta, kamu ditugaskan untuk menjatuhkan bom dari pesawat yang kamu kendarai ke arah tank atau pesawat yang lewat dari arah yang berlawanan. Kamu hanya perlu menekan Enter untuk menjatuhkan bom tersebut. Terdengar mudah, ya? Selama kamu bisa menentukan timing yang pas untuk menjatuhkan bom tersebut sih memang mudah, tapi nyatanya nggak semudah itu. Soalnya musuh kita nantinya akan berjalan semakin cepat sehingga bisa membuat bom kita miss dan tidak mengenai mereka.

Untuk game yang terakhir, yaitu Rambut Palsu, kamu ditugaskan untuk melempar wig ke arah kakek-kakek. Untuk melemparnya juga kamu hanya perlu menekan tombol Enter saja. Tapi dari ketiga game sebelumnya, game ini yang paling membingungkan. Soalnya meski wig yang kita lempar sudah mengenai si kakek kadang nggak bikin poin kita bertambah. 

Di website WebPoin ini, kamu nggak hanya bisa mengumpulkan koin dari bermain game, kamu juga bisa menyelesaikan kuesioner, quiz, atau cashback pembelian di merchant yang telah bekerja sama dengan WebPoin seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, Gramedia, Domino’s Pizza, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mendapatkan penghasilan lewat Real Money Trading

Nah, cara kedua ini sekilas bisa dibilang mirip dengan cara pertama, namun bukan mata uang yang ditukarkan menjadi uang asli, melainkan beberapa item atau akun yang ada di dalam game. Jadi bisa dibilang kalau Real Money Trading atau biasa disingkat dengan RMT adalah transaksi jual beli item atau akun di dalam game online dengan menggunakan uang asli. 

Contohnya sendiri bisa bermacam-macam, entah itu jual beli akun, gold, atau rare item. Praktik transaksi RMT ini sendiri bisa kamu temui di game online seperti Dota 2, Clash of Clan, Ragnarok M: Eternal Love, Dragon Nest, atau game-game online lainnya.

Hanya saja, mendapatkan penghasilan melalui cara ini sangat tidak direkomendasikan. Karena hampir semua perusahaan atau developer memiliki kebijakan yang melarang Real Money Trading dalam game mereka. Kalau sampai ketahuan, akun yang kamu mainkan bisa saja terkena banned selama beberapa hari bahkan bisa sampai selamanya.

Tentunya nggak ingin kan kerja kerasmu selama beberapa hari berujung banned yang membuatmu harus bikin akun baru dan mengulang semuanya dari nol, kan? Oleh karena itu, kalau memang ingin mendapatkan penghasilan melalui Real Money Trading, kamu bisa mencari game yang memperbolehkan pemainnya untuk melakukan hal ini. 

Emang ada game yang seperti itu? Ada, kok. Nama gamenya adalah Entropia Universe.

4.Entropia Universe

Berbeda dengan developer lain yang melarang praktik Real Money Trading pada game mereka, MindArk selaku developer dari Entropia Universe memperbolehkan hal ini. Game yang dirilis pada tahun 2003 ini mengimplementasikan Real Cash Economy di dalam gamenya. Game ini bisa menghasilkan uang juta-an rupiah dengan gampang.

Maksudnya adalah kamu sebagai pemain bisa membeli mata uang in-game yang diberi nama Project Entropia Dollar (PED) dan dapat menukarkan PED tersebut menjadi mata uang asli. Nantinya PED yang kamu miliki bisa ditukarkan kembali ke mata uang US Dollar ($) dengan perbandingan 10:1. Dimana setiap 10 PED bernilai sebesar $1.

Jadi kamu bisa membeli barang yang ada di Entropia dengan mata uang asli, seperti game online pada umumnya, dan kamu juga bisa menjual item yang kamu miliki untuk ditukarkan dengan mata uang asli. Kamu nggak perlu khawatir bakal menyalahi Terms of Service atau terkena banned akun, karena MindArk sendiri tidak mempermasalahkan hal ini.

Lantas seperti apa gameplay dari game ini?

Sama seperti game MMORPG pada umumnya, pada awal permainan kamu dapat mengubah tampilan karaktermu, mulai dari bentuk wajah, bentuk badan, gaya dan warna rambut, sampai warna kulit. Setelah itu kamu akan memasuki tahap tutorial yang akan memberikan panduan dasar mengenai apa yang bisa dilakukan di dalam game, mulai dari hunting, mining, berkendara menjelajahi dunia open world, sampai jual beli barang.

Untuk mendapatkan PED atau mata uang in-game, kamu dapat berburu monster (hunting), menambang material (mining), jual beli item (trading), buka jasa barber shop, atau membuat senjata dan armor untuk dijual (crafting).

Masing-masing aktivitas mempunyai tingkat kesulitannya masing-masing. Untuk kegiatan mining, kamu harus dengan jeli mengamati item apa yang sedang langka, bagaimana cara mendapatkan item tersebut, dan mencari tahu informasi soal lokasi mining yang profitable.

Apabila kamu memilih untuk fokus menjadi hunter, kamu harus bisa berburu secara efektif karena peluru yang kamu gunakan untuk membunuh monster hanya bisa kamu dapatkan dengan PED atau convert shrapnel.

Jadi kamu nggak bisa farming sesuka hati seperti di game MMORPG lainnya karena harus mempertimbangkan aspek ekonomi supaya hasil perburuan tersebut tidak membuatmu merugi.

Apabila kamu ingin menjadi crafter, kamu harus mampu mengakomodasi keinginan klien dan menghasilkan item yang berkualitas. Selain itu kamu juga harus memanfaatkan kreativitasmu untuk menghasilkan barang dengan nilai jual tinggi namun jarang dimiliki oleh kompetitor.

Nah, untuk job yang terakhir, yaitu trader, kamu harus benar-benar memiliki otak bisnis. Kamu harus tahu kapan timing yang tepat untuk membeli atau menjual item kalau tidak ingin rugi. Terlebih harga di auction sangat-sangat fluktuatif.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk mendapatkan PED, yaitu dengan membunuh pemain lain alias player versus player (PVP) dan menjual item drop yang kamu dapatkan dari mereka.

Hanya saja kamu harus membunuh pemain tersebut di area PVP yang lootable alias area dimana bisa membunuh pemain lain dan bisa mengambil barang dari pemain yang mati. Soalnya ada beberapa tempat dimana kamu nggak bisa membunuh pemain atau bisa membunuh pemain tapi nggak bisa mengambil item drop dari mereka.

Menariknya lagi, tampilan dari game ini jauh lebih baik kalau dibandingkan dengan game-game yang sudah disebutkan sebelumnya. Entropia Universe mengusung Cry Engine 2 yang setara dengan grafis dari game Crysis. Nggak bakal bikin bosen, deh.

Kalau kamu tertarik untuk memainkan game ini, ada satu yang harus kamu ketahui. Game ini tergolong game hardcore dimana grinding saja nggak cukup untuk menghasilkan PED yang melimpah, terlebih kalau kamu termasuk free player yang nggak mau keluar duit untuk bermain game.

Untuk free player sebenarnya bisa saja grinding mengumpulkan PED, tapi progresnya terbilang cukup lama. Apalagi kalau kamu nggak bijak dalam mengelola keuanganmu. Bisa-bisa kamu malah kehabisan sumber daya dan mati kutu. Namun, free player juga bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Makanya banyak yang bilang kalau tujuanmu main game ini untuk mencari uang, jangan malu-malu menahan hasrat untuk topup alias keluar modal. Soalnya banyak juga pemain yang terpaksa pensiun lebih awal karena selain pengelolaan sumber daya yang berantakan, banyak yang nggak sabaran dan pengen hasil yang instan. Oleh karena itu, mending atur mindsetmu untuk have fun saat main Entropia Universe. Kalaupun nanti PEDmu sudah bisa diredeem, berarti itu bonus untukmu. 

Mengikuti kompetisi game berhadiah (Miliaran Rupiah)

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari game adalah dengan mengikuti kompetisi game berhadiah atau yang sekarang disebut dengan kompetisi e-sport. E-sport saat ini tengah menuai popularitas di Indonesia. Terbukti banyak sekolah dan universitas yang membuka jurusan khusus e-sport. Hal ini bisa dimaklumi mengingat penghasilan yang bisa didapatkan oleh profesi pro gamer cukup menggiurkan. Terlebih untuk kompetisi e-sport yang dilombakan tingkat nasional atau global.

Game-game yang dilombakan pada ajang e-sport pun sebenarnya beragam, mulai dari game multiplayer online battle arena (MOBA), first person shooter (FPS), trading card game (TCG), sampai game olahraga.

Dari sekian banyak game-game yang dilombakan, game apa saja yang masih tetap menarik untuk dimainkan dan memiliki banyak kompetisi yang dapat dimenangkan?

5.Defense of the Ancient (Dota) 2

Berawal dari mod yang dibuat oleh komunitas pemain Warcraft III: Reign of Chaos dengan expansion pack The Frozen Throne, Dota langsung menjelma sebagai salah satu game favorit di seluruh dunia.

Game yang mendulang kesuksesan di ranah global ini dibuatkan sekuelnya oleh Valve Corporation dan mengalami peningkatan, baik dari sisi grafis, hero, maupun skill hero. 

Game ini sudah membuat para pemainnya kaya raya. Iya, anda tidak salah dengar. Bahkan, sangat kaya bak sultan. Gimana tidak? Hadiah utama dari kompetisi The Internasional jutaan dollar. Disamping itu, pemain juga bisa menghasilkan uang dari streaming

Salah satu daya tarik dari game ini adalah kamu bisa memilih berbagai macam hero yang ada dan menyesuaikannya dengan gaya main, peran, atau strategi tim. Ada 9 peran yang bisa kamu temui pada game ini, yaitu Carry, Nuker, Initiator, Disabler, Durable/Tanker, Escape, Support, Pusher, dan Jungler. Nah, kalau kamu berkeinginan untuk menjadi pro gamer, kamu harus mengetahui fungsi masing-masing peran dengan baik supaya bisa menempatkan dirimu di dalam tim secara efektif.

Carry

Carry merupakan hero yang mempunyai peran di late game. Mereka biasanya lemah di awal namun dengan build up yang tepat bisa menjadi faktor penentu di akhir permainan, terlebih saat terjadi team fight. Untuk tipe carry sendiri ada dua, yaitu hard carry (murni carry tanpa peran yang lain) atau semi carry (bisa berperan sebagai carry namun berpotensi memilih peran lain yang tidak kalah penting). Contoh dari hero carry adalah Phantom Assassin, Shadow Fiend, dan Bloodseeker.

Nuker

Nuker memiliki damage yang tinggi dengan cooldown yang relatif singkat. Biasanya nuker kuat di awal namun seiring berjalannya waktu damage mereka bisa disalip oleh carry. Contoh dari hero nuker adalah Lina, Lion, dan Razor.

Initiator

Initiators adalah hero yang bertugas untuk memulai team fight. Mereka biasanya memiliki skill atau efek area yang kuat yang bisa mempengaruhi positioning dari tim lawan. Hero seperti ini biasanya memiliki skill dengan cooldown yang lama, jadi penggunaan skill harus dipertimbangkan dengan matang. Contoh dari hero initiator adalah Magnus, Tidehunter, dan Faceless Void.

Disabler

Hero ini bertugas untuk memberikan efek negatif pada hero lawan supaya mereka tidak dapat menggunakan skillnya, entah itu stun, silence, atau hex. Contoh dari hero disabler adalah Shadow Shaman, Lion, dan Sand King.

Durable/Tanker

Durable mempunyai skill yang memungkinkan mereka dapat bertahan lama saat terjadi team fight. Durable biasanya memiliki HP yang tinggi, HP regeneration, healing, magic resistance, atau status resistance. Contoh dari hero durable adalah Tiny, Wraith King, dan Dragon Knight.

Escape

Hero escape biasanya mempunyai damage yang tinggi namun HP yang rendah sehingga mereka mempunyai skill yang membuat mereka bisa kabur dari team fight dengan cepat untuk menghindari kematian. Contoh dari hero Escape adalah Puck, Weaver, dan Riki.

Support

Support adalah hero yang bertugas untuk membuat kawan mereka tetap hidup dan memberikan kesempatan untuk melakukan last hit atau mengambil gold. Biasanya support dipasangkan dengan hero carry di safe lane supaya hero carry tersebut cepat jadi. Contoh dari hero support adalah Io, Treant Protector, dan Oracle.

Pusher

Pusher mempunyai skill untuk menghancurkan tower atau barrack musuh dengan cepat dan mengontrol map. Apabila pusher dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dia dapat meghambat farming dari hero carry karena harus fokus bertahan. Contoh dari hero pusher adalah Chaos Knight, Death Prophet, dan Broodmother.

Jungler

Perang terakhir yang ada di Dota 2 adalah jungler. Mereka dapat farming neutral creep yang ada di dalam jungle secara efektif pada early game. Dengan meninggalkan lane, mereka dapat memberi kesempatan pada hero lain untuk mendapatkan gold dan exp lebih di lane tersebut. Contoh dari hero jungler adalah Chen, Enchantress, dan Nature’s Prophet.

Dari 9 peran tersebut, nggak jarang satu hero memiliki banyak peran. Oleh karena itu, dengan puluhan hero, ratusan item, dan berbagai peran yang ada, kombinasi yang dihasilkan sangat beragam. Hal ini yang membuat Dota 2 begitu digemari karena bisa memberikan sesuatu yang baru. Bahkan underdog yang nggak diunggulkan macam OG di kompetisi The International 2018 bisa menjadi juara.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin serius menjadikan pro gamer sebagai pekerjaan, kamu harus terus mengasah skill dan melatih kerja sama tim. Kompetisi Dota 2 di Indonesia juga bisa dibilang cukup banyak, kok. Siapa tahu kamu adalah salah satu juara The International pertama dari Indonesia di masa mendatang? 

Terlebih kalau ngomongin soal The International, yang disebut sebagai kompetisi e-sport dengan total hadiah tertinggi di dunia, kamu nggak perlu khawatir lagi tentang duit. Tahun ini aja OG, sebagai juara The International 9 berhasil membawa pulang Rp221 M plus bonus Rp42 M dari total Rp486 M.

6.Mobile Legend

Popularitas Mobile Legend di Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa semua keranjingan game MOBA besutan Moonton ini.

Gameplay dari Mobile Legend sebenarnya mirip dengan Dota 2, hanya saja perbedaannya terletak di hero, peran hero, item, dan skin yang dipakai. Kalau di Dota 2 ada 9 peran yang bisa dipilih, Mobile Legend memiliki 6 peran yang bisa kamu mainkan. Keenam peran tersebut adalah Tank, Assassin, Fighter, Marksman, Mage, dan Support.

Tidak perlu dijelaskan lagi, menghasilkan uang dari sini harus lewat Youtube (streaming). Hadiah dari kompetisi Mobile Legend sangat kecil hanya jutaan rupiah dan itu harus dibagi beberapa orang.

Jangan dianggap remeh, JessNoLimit bisa membeli mobil mewah dan rumah hanya dengan streaming MLBB. DylandPros juga salah satu Youtuber terkenal yang memainkan MLBB.

Tank

Peran tank pada Mobile Legend seperti gabungan dari hero durable dan initiator pada Dota 2. Mereka memiliki HP dan defense yang cukup tinggi, berperan sebagai tameng dan menerima damage dari lawan supaya hero lain aman dari serangan lawan, dan menginisiasi team fight. Contoh hero tank adalah Tigreal, Franco, dan Gatotkaca.

Assassin

Hero assassin biasanya memiliki burst damage yang sangat tinggi namun memiliki durability yang cukup rendah sehingga mudah terbunuh apabila tidak mampu memposisikan diri dengan tepat. Tugas assassin biasanya membunuh damage dealer musuh sebelum nantinya bakal merepotkan timnya. Contoh hero assassin adalah Fanny, Helcurt, dan Hanzo.

Fighter

Peran fighter bisa dibilang merupakan gabungan dari tank dan assassin, damagenya lebih tinggi dari tanker dan durabilitynya juga nggak serendah assassin. Fighter bisa menjadi semi tank atau semi damage dealer tergantung komposisi lineup tim. Contoh hero fighter adalah Freya, Badang, dan Argus.

Marksman

Peran marksman dalam tim seperti gabungan antara carry dan pusher pada Dota 2. Marksman biasa disebut sebagai carry atau Attack Damage Carry (ADC) karena damage mereka terbilang cukup tinggi meski mobility dan durability tidak terlalu baik. Selain itu, karena memiliki damage basic attack yang cukup tinggi dan bisa menyerang dari jarak jauh, mereka bisa menghancurkan turret dengan cepat dan aman. Contoh hero marksman adalah Miya, Layla, dan Bruno.

Mage

Peran dan kemampuan dari mage di Mobile Legend mirip-mirip nuker di Dota 2. Mereka mempunyai magic damage yang tinggi dan skill crowd control yang baik namun cooldownnya cukup lama. Karena mereka cukup rapuh, jadi mage membutuhkan perlindungan dari teman setimnya supaya tidak mati terlebih dahulu. Contoh hero mage adalah Alice, Kaguya, dan Aurora.

Support

Support pada Mobile Legend merupakan gabungan dari support dan disabler pada Dota 2. Selain bisa memberikan heal atau shield kepada kawan, mereka juga bisa melakukan stun atau slow kepada lawan. Sama seperti di Dota 2, hero support di game ini biasanya babysitting hero carry supaya bisa jadi lebih cepat. Contoh hero support adalah Rafaela, Estes, dan Angela.

Kamu bisa memilih peran yang paling dikuasai dengan cara menyelaraskan gaya mainmu dengan peran masing-masing hero. Setelah itu, kamu tinggal menemukan tim yang tepat dan terus upgrade skill supaya bisa menjadi pro gamer Mobile Legend. Lagipula turnamen Mobile Legend di Indonesia saat ini juga sudah cukup banyak. Sehingga kamu bisa menggunakan turnamen tersebut sebagai ajang promosi dan upgrade skill. Selain itu game ini juga masuk sebagai salah satu game yang dilombakan pada ajang SEA Games. Jadi kamu bisa mendapatkan penghasilan lewat game sembari mengharumkan nama bangsa.

7.Counter Strike: Global Offensive

Setelah dari game MOBA, saatnya kita beralih ke game FPS. Salah satu game FPS yang cukup populer di Indonesia adalah Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). Gameplay CS:GO terbilang easy to learn but hard to master, dimana artinya adalah cukup mudah untuk dipelajari namun sulit untuk dikuasai. 

Pada game ini kamu akan dibagi menjadi dua tim, yaitu tim Terrorist dan Counter Terrorist (CT). Ada dua mode pada game ini, yaitu bomb mission dan hostage mission.

Pada bom mission, terrorist diharuskan untuk menanam bom di tempat yang sudah ditentukan dan CT bertugas mencegah atau menjinakkan bom yang ditanam oleh terrorist.

Pada mode hostage mission, CT bertugas untuk menyelamatkan hostage dari sekapan terrorist dan terrorist harus menjaga hostage supaya tidak diselamatkan oleh CT.

Sama seperti game-game multiplayer lainnya yang mengedepankan kerjasama tim, di CS:GO juga ada beberapa peran yang bisa kamu pilih, yaitu Entry Fragger, Refragger/Playmaker, Strategy Caller, Lurker, dan AWPer. Sebelum memutuskan kamu ingin mengambil peran yang mana, coba pelajari dulu penjelasan berikut.

Menghasilkan uang di game ini harus dengan streaming dan kompetisi. Namun, streaming lebih banyak menghasilkan uang. Terlebih lagi, tidak banyak orang memasuki niche FPS streaming di Youtube. Artinya, anda bisa mendapatkan penonton dan menghasilkan uang lebih mudah dari game-game lainnya.

Entry Fragger

Entry fragger bertugas untuk melakukan first kill saat game baru berjalan. Untuk menjadi seorang entry fragger, kamu harus memiliki aim yang akurat, penempatan crosshair dan recoil control yang baik, dan menjadi pemain paling agresif dalam tim.

Refragger/Playmaker

Tugas dari refraggers adalah sebagai orang kedua yang memasuki area pertempuran dan melakukan backup kepada entry fragger. Refragger bisa berperan sebagai pemberi assist atau finisher kedua apabila entry fragger tidak mampu menembak lawan atau tertembak terlebih dahulu.

Strategy Caller/Strat

Strat merupakan otak dari tim dan biasanya ditunjuk menjadi kapten karena mampu membaca situasi dan mengatur strategi dengan baik sesuai dengan kondisi pertempuran yang ada. Apabila kamu sudah lama memainkan game ini, paham kapan harus bertindak dan apa yang harus dilakukan, mampu menempatkan posisi dengan baik, dan memberi komando secara jelas, mungkin bisa mencoba posisi ini. 

Ibaratnya kalau di game MOBA, strategy caller adalah seorang support yang mendukung carry (entry fragger) dan semi carry (refragger). Soalnya yang dilakukan strategy caller pada saat pertempuran biasanya entry flashing, melindungi sisi belakang tim, dan menangani informasi krusial secara cepat dan tepat.

Lurker

Tugas dari seorang lurker adalah mengumpulkan informasi terkait keberadaan musuh dan meneruskannya kepada tim, jadi bisa dibilang mirip dengan scout. Lurker biasanya bergerak sendiri dan mencari tempat bersembunyi untuk memantau situasi di sudut-sudut bangunan. Meski bertugas untuk memantau, nggak jarang lurker melancarkan penyergapan kepada anggota tim lawan sehingga mereka menjadi panik dan situasi bisa berpihak kepada tim.

AWPer

Peran dari awper adalah untuk memenangkan pertempuran jarak jauh. Dibekali dengan senjata one hit kill, awper harus mempunyai refleks yang baik dan mampu menembak musuh tanpa miss. Karena ruang lingkup dari awper cukup sempit, maka kamu harus pintar-pintar mengatur posisi supaya dapat menembak musuh dengan memanfaatkan celah sekecil apapun.

Kalau sudah bisa menentukan peran yang tepat untukmu dan masing-masing anggota tim, kamu tinggal mematangkan kerjasama dan koordinasi. Flow kerjasama yang paling basic adalah lurker memantau dan memberi informasi kepada strategy caller, strategy caller mengarahkan refragger dan entry fragger sambil menjaga bagian belakang, dan awper bertugas untuk menghabisi musuh dari jarak jauh yang berpotensi membahayakan tim.

Kalau kamu ingin menyeriusi CS:GO sebagai ajang untuk mendapatkan penghasilan, jangan setengah-setengah. Soalnya meski hadiah kompetisi CS:GO di Indonesia tidak sebanyak Dota 2 atau Mobile Legend, peminat dari game ini tetap banyak sehingga kompetisi CS:GO masih bisa dengan mudah kamu temui.

8.Tekken 7

Kalau kamu bukan tipe orang yang bisa bekerja sama atau kesulitan mencari teman untuk diajak bekerja sama, mungkin bisa mempertimbangkan mengambil karir pro gamer di game fighting Tekken 7. Game yang dikembangkan oleh Bandai Namco Entertainment ini game Tekken pertama yang dibuat dengan menggunakan Unreal Engine sehingga grafisnya bakal lebih mantap lagi. 

Gameplay dari Tekken 7 tetap menekankan pertarungan 1v1 dengan mengkombinasikan berbagai kombinasi pukulan dan tendangan supaya bisa mengalahkan musuh. Kalau dibandingkan dengan versi sebelumnya, Tekken 7 mengalami beberapa perubahan seperti penambahan arena, kostume, item, dan karakter. Total karakter yang dapat dimainkan pada game ini ada sekitar 49 karakter dengan skill yang berbeda-beda. 

Nah, kalau 3 game sebelumnya, yaitu Dota 2, Mobile Legend, dan CS:GO, menekankan kerjasama dan koordinasi, game ini murni mengandalkan reflek dan keterampilan dalam memencet berbagai tombol. Selain itu kamu juga harus menghafalkan tombol-tombol kombinasi untuk mengeluarkan skill tertentu. Soal kesulitan sih sama saja dengan game-game yang lain, karena yang menentukan hasil akhir juga ujung-ujungnya skill masing-masing pemainnya.

Nah, dari 3 cara mendapatkan penghasilan lewat game di atas, mana yang menguntungkan? 

Pertanyaan ini cukup sulit dijawab, sih. Soalnya masing-masing cara membutuhkan keahlian, kerja keras, dan kesabaran. Pertanyaan ini mungkin bisa disesuaikan dengan kepribadianmu. Coba jawab pertanyaan di bawah ini ya.

Apakah kamu suka berkompetisi dan tahan dengan suasana tegang saat bermain game? Kalau iya, pilihlah cara ketiga, yaitu dengan mengikuti kompetisi berhadiah.

Apakah kamu rela keluar modal untuk mendapatkan hasil yang lebih besar? Kalau iya, coba main Entropia Universe. Soalnya di Entropia Universe kamu juga bisa mendapatkan passive income dari properti yang kamu miliki, jadi meski kamu hanya berdiam diri tetap bisa mendapatkan duit. Hanya saja modal awalnya terbilang cukup lumayan dan untuk free player prosesnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi kamu harus mampu menahan diri supaya tidak cepat bosan.

Apakah kamu tidak mau mengeluarkan uang untuk bermain game? Kalau iya, berarti satu-satunya pilihanmu adalah memainkan game-game seperti Market Glory, Dungeon & Treasures, atau PoinWeb.

Nah, sekarang sudah tahu jawabannya, kan?

Categories