Tech Hack

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2020

Terlalu sering menggunakan sebuah aplikasi dapat berakhir pada kejenuhan. Tidak terkecuali untuk aplikasi populer bernama Instagram yang konon disebut sebagai salah satu aplikasi adiktif. Terlebih lagi jika konten yang disuguhkan tidak lagi relevan atau cocok dengan anda. Ataupun teman anda yang terlalu banyak mengunggah belasan foto dalam sehari dan banjiran dari instagram stories yang tidak berkesudahan. Apakah hal diatas terasa familiar? Kita semua pernah merasakan itu. 

Tidak perlu khawatir, karena anda dapat selalu rehat sejenak dengan melakukan detox sosial media dengan cara menonaktifkan akun untuk sementara waktu. Gerakan ini membuat anda tidak terlalu menyesal ketimbang benar-benar harus menghapusnya secara permanen, mengingat konten yang pernah anda unggah sebelumnya, akan sangat sayang sekali bukan? Lagipula aplikasi ini tidak terlalu buruk jika digunakan dalam konteks yang tepat, seperti menyebarkan pesan positif, menghibur maupun menginspirasi yang lain. 

Seperti yang dapat anda baca dari pusat bantuan untuk mengelola akun anda di Instagram, Jika anda menonaktifkan secara sementara akun anda, profil, foto, komentar dan likes anda akan disembunyikan sampai anda memutuskan untuk mengaktifkan ulang akun, dengan cara masuk kembali. 

Caranya sebenarnya tidaklah sulit dan sangat sederhana. Berikut adalah panduan detil untuk menonaktifkan akun instagram anda. 

  1. Masuk ke instagram.com, perlu dicatat ini hanya bisa dilakukan lewat browser seluler atau komputer dan tidak dapat diakses melalui aplikasi Instagram. 
  2. Log in dengan akun anda seperti biasa.
  3. Pilih halaman “Profil” Instagram, kemudian pilih “Edit Profile”
  4. Scroll ke halaman bawah, klik pilihan “Nonaktifkan Sementara Akun Saya” ataupun “Temporarily Disable My Account”.
  5. Pilih opsi dari menu pilihan di samping “Mengapa anda menonaktifkan akun?” 
  6. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram anda. 
  7. Kemudian klik “Temporarily Disable Account”. 
  8. Dengan demikian Instagtam akan menonaktifkan akun anda secara sementara.

Apa yang terjadi dengan Pengikut (Followers) dan Following (Mengikuti) anda ketika akun sedang di nonaktifkan sementara waktu? Semua orang tidak dapat melihat akun anda lagi tentunya, aktifitas anda di Instagram tidak akan ada yang bisa melihatnya lagi dan anda tidak bisa melihat up-date dari akun yang anda ikuti. (Kecuali jika anda dengan sengaja mengingat handle Instagram teman anda dan mencarinya lewat akun instagram baru lagi atau sebagai visitor) Follower anda juga tidak bisa meng-unfollow anda. 

Jika anda memutuskan untuk mengaktivasi akun instagram anda dengan segera karena terlalu rindu, terpaksa anda perlu menunggu 24 jam. Proses aktivasi kembali ternyata ada jangka waktunya. Jadi jika anda baru beberapa jam mematikan akun Instagram anda, proses aktivasi dalam waktu hanya 5 jam kemudian sudah pasti akan ditolak.  

Lalu jika ternyata anda sudah menunggu 1 X 24 jam untuk mengaktifkan kembali akun anda, dan tiba-tiba memutuskan untuk menonaktifkannya kembali, meskipun ini jarang terjadi, tapi kita tidak akan pernah tahu, maka anda perlu menunggu dalam waktu 1 minggu. Pihak Instagram hanya memberikan jangka waktu satu kali dalam seminggu untuk menonaktifkan akun.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu untuk mengaktivasikan kembali akun ternyata ada deadlinenya! Informasi yang kami lansir dari pricebook.co.id, jika akun anda tidak diaktifkan kembali dalam kurun waktu 90 hari, maka data anda akan hilang. Jadi meskipun mengkatifkan akun anda lagi, anda seperti log in pada sebuah akun baru! Ini tidak terdengar menyenangkan, kecuali jika anda menginginkan itu. 

Bagaimana cara menghapus akun secara permanen?

Jadi ternyata katakan – anda benar-benar memutuskan menghapus akun anda untuk selamanya, maka berikut adalah langkah dan penjelasannya. Ketika anda menghapus akun anda, profil, foto, video, komentar, likes dan pengikut anda akan ikut terhapus secara permanen. Setelah akun anda sukses terhapus, anda tidak dapat mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama atau menambahkan nama pengguna tersebut ke akun lainnya. Selain itu, pihak Instagram juga tidak dapat mengaktifkan ulang akun yang sudah dihapus secara permanen. 

Cara untuk menghapus akun anda secara permanen:

  1. Buka halaman Menghapus Akun Anda. Jika Anda belum masuk ke Instagram di web, Anda akan diminta untuk masuk terlebih dahulu. Anda tidak dapat menghapus akun dari dalam aplikasi Instagram.
  2. Pilih opsi dari menu buka-bawah di samping Mengapa Anda menghapus akun Anda? dan masukkan kembali kata sandi Anda. Opsi untuk menghapus akun Anda secara permanen hanya akan muncul setelah Anda memilih sebuah alasan dari menu tersebut.
  3. Klik atau ketuk Hapus akun saya secara permanen.

Jika Anda ingin menghapus akun yang berbeda, klik nama pengguna di sudut kanan atas halaman Hapus Akun Anda, klik icon setting di samping nama pengguna dan pilih Keluar. Kembali masuk sebagai akun yang ingin Anda hapus dan ikuti petunjuk di atas.

Karena alasan keamanan, pihak Instagram iga tidak dapat melakukan penghapusan akun untuk pengguna. Jadi anda harus masuk ke akun anda dan menghapusnya sendiri. 

Jadi demikian adalah cara menonaktifkan akun Instagram anda untuk sementara waktu maupun secara permanen yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Sebelum anda memutuskan untuk melakukan hal tersebut, kami berfikir tidak ada salahnya untuk memikirkan ulang hal apa yang sebenarnya membuat anda mengambil langkah tersebut, jika anda ingin menonaktifkan hanya karenatidak senang melihat update dari 1 teman anda ataupun akun akun politikus yang terlalu memusingkan, apakah tidak lebih baik bila anda meng-unfollow akun spesifik itu saja dan dapat kembali menggunakan aplikasi Instagram dengan leluarsa kembali? Namun terlepas dari apakah alasan itu, kami berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Categories