Uncategorized

Inilah yang Perlu Banget Kamu Tahu Mengenai Smartphone Moto G8 dari Motorola

Motorola akhirnya mengisi celah aneh dalam jajaran Moto G8 – yaitu, Moto G8 yang ‘sebenarnya’. G8 Power dan G8 Plus telah keluar selama beberapa bulan sekarang, di depan model G8 standar, tetapi jangkauannya sekarang lengkap.

Moto G8 tampak sangat ‘mengerikan’ seperti berbagai render yang bocor yang telah kita lihat selama beberapa bulan terakhir, dengan kamera self-punch di layar utama, dan sejumlah lensa di bagian belakang ponsel. Memang, Motorola ingin memposisikan G8 sebagai pilihan yang bagus untuk fotografer di kelas menengah.

Ketersediaan Moto G8

Saat ini, Moto G8 baru tersedia di Brasil, dengan ekspansi lebih lanjut ke pasar global lainnya yang diharapkan akan segera terjadi. Motorola pun belum memberikan kerangka waktu yang tepat untuk peluncuran di Inggris atau AS, tapi kami memperkirakan kalau ponsel anyar ini akan datang ke seluruh dunia dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.

Seri Moto G dipandang oleh banyak orang sebagai perangkat hebat dan terjangkau dengan sedikit kompromi.

Rancangan Ponsel

  • 161.27 x 75.8 x 8.95mm
  • 188.3g
  • IPX2 tahan percikan

Seperti yang Anda harapkan, Moto G8 terlihat sangat mirip dengan ponsel lain dalam keluarga, dan memiliki lebih dari kemiripan yang mencolok dengan Moto G8 Plus. Tetapi ada beberapa perbedaan. 

Moto G8 menampilkan bagian depan dan belakang yang mengkilap dengan pola bergaris-garis di bagian belakang, mirip dengan G8 Power , bahkan menampilkan tampilan yang mirip dengan sistem kamera berbentuk pil yang menonjol dan logo Moto. 

Di bawah 9mm, ini adalah perangkat yang relatif tipis, dan beratnya kurang dari versi Power juga. Terlebih lagi, itu harus bertahan dari percikan air di tengah hujan dengan resistensi percikan IPX2-nya. 

Melihat sekelilingnya, Anda akan melihat pilihan tombol dan port yang sudah biasa, termasuk input 3,5mm di tepi atas untuk mencolokkan headphone kabel Anda. 

Bagian tepinya dibulatkan untuk memberikan rasa yang lebih ergonomis di tangan, dan bagian bawah fitur port Tipe-C dan grille speaker tunggal untuk mengeluarkan audio dari pengeras suara tunggal. 

Satu hal lain yang perlu diperhatikan tentang ponsel ini adalah – tidak seperti perangkat G8 lainnya – ia memiliki kamera pelubang di sudut kiri atas, daripada menampilkan gaya tetesan embun.

Kami tidak akan mengujinya terendam air karena sepertinya ia tidak cukup tahan air untuk berenang, atau berakhir secara tidak sengaja di mesin cuci di saku belakang jeans favorit Anda. Jangan Sampai deh!

Tampilan

  • Layar HD + resolusi 6,4 inci
  • Rasio 19,5: 9
  • 720 x 1560
  • Rasio layar terhadap tubuh 87%

Dengan resolusi HD +, layar LCD di bagian depan tidak akan bersaing dengan flagships, tetapi sekali lagi, layar seringkali merupakan area yang kita lihat sedikit dikompromikan dalam handset berbiaya lebih rendah. Secara khusus, fitur resolusi 720 x 1560. 

Meskipun mungkin kurang dalam ketajaman dibandingkan dengan perangkat high-end, itu lebih dari sekedar make up dalam ukuran. Ini akan lebih dari cukup jika telepon Anda menggunakan kebiasaan sebagian besar terdiri dari browsing media sosial dan mengikuti berita. 

Ini adalah panel 6,4 inci yang hampir mencapai 90 persen dari luas permukaan yang tersedia di bagian depan ponsel. Ini juga cukup lebar, dengan rasio 19,5: 9, membuatnya ideal untuk memutar horisontal dan menikmati film dan acara TV.

Hardware

  • Prosesor Snapdragon 665
  • RAM 4GB + penyimpanan 64GB
  • Dukungan microSD yang dapat diperluas
  • Baterai 4.000 mAh
  • Pengisi daya 10W

Mesin Moto G8 menjaga hal-hal berdetak adalah prosesor Snapdragon 665, salah satu prosesor mid-range Qualcomm. Dengan perangkat lunak Moto yang relatif ringan, ini tentunya sudah cukup untuk menjaga ponsel berjalan relatif lancar. 

Tidak disebutkan 5G di mana pun, dan kami tidak terkejut. Kami belum melihat peluncuran perangkat 5G di bagian pasar entry level ini, dan kemungkinan tidak akan ada untuk sementara waktu. 

Prosesor Snapdragon ini dipasangkan dengan RAM 4GB, dan bergabung dengan penyimpanan internal 64GB. Jika sepertinya terlalu sedikit untuk menyimpan semua musik atau foto offline Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa ponsel ini juga mendukung kartu MicroSD, dan dapat diperluas hingga 512GB lebih lanjut. 

Sedangkan untuk baterainya, itu adalah sel 4.000 mAh yang menurut Moto dapat memberi Anda 40 jam penggunaan sebelum harus dicolokkan untuk mengisi ulang. Jika akurat, itu sangat epik, dan tidak diragukan lagi ada banyak hubungannya dengan memiliki tampilan resolusi yang relatif rendah serta optimisasi perangkat lunak lain yang dibuat di Android 10.

Moto menyebut charger 10W-nya sebagai ‘charger cepat’ tetapi, sebenarnya, itu tidak akan semudah itu. Setidaknya tidak dibandingkan dengan opsi pengisian cepat 20W-60W lainnya yang telah kami lihat dari sejumlah besar produsen lain.

Kamera

  • Kamera utama 16MP dengan laser auto fokus
  • Sensor makro 2MP
  • 8MP kamera ultra lebar
  • Kamera selfie 8MP

Mengalihkan perhatian kita ke kamera, dan tampaknya ada cukup di sini untuk menjaga ponsel tetap kompetitif dalam kategori anggaran. Kamera utama memiliki sensor 16 megapiksel dan bergabung dengan sistem autofokus laser untuk membuat fokus otomatis lebih cepat.

Ada dua sensor lain di bagian belakang, tetapi hanya satu yang benar-benar berguna: kamera 8-megapiksel ultra-lebar. Ini akan memungkinkan Anda untuk beralih antara tampilan biasa atau jauh dari pemandangan atau subjek Anda. Sensor ketiga adalah sensor makro, yang dirancang untuk membantu fokus pada objek dari dekat, yang menurut Moto akan membuat Anda 5x lebih dekat dengan subjek Anda daripada yang Anda bisa tanpanya. 

Adapun kamera selfie di dewdrop notch di bagian depan, itu kamera standar 8-megapiksel yang lumayan standar. Apakah sudah tertarik dengan ponsel keren ini?

Categories